Harga Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepas Terbaru 2018

Komentar

Gigi palsu via interkini.com

Gigi palsu memang sudah populer sejak dulu, namun semakin berkembangnya teknologi maka harga pasang gigi palsu bisa berubah-ubah. Mari ketahui harga pasang gigi palsu terbaru ini.

Proses pemasangan gigi palsu lepasan akrilik ini pun sebenarnya tidak akan terasa, untuk lebih lengkapnya mari simak artikel ini. Untuk harga pasang gigi palsu permanen model mahkota atau crown ini harganya juga cukup terjangkau.

Biaya pasang gigi palsu permanen saat ini bisa sangat bervariasi, tergantung di klinik mana Anda melakukannya dan bahan gigi tiruan apa yang akan Anda gunakan. Gigi palsu secara garis besar terdiri dari dua jenis, yakni permanen dan lepasan. Biaya untuk pemasangan gigi palsu tersebut bervariasi dari yang termurah hingga yang mahal. Inilah harga pasang gigi palsu permanen dan lepas.


Gigi via globalestetik.com

Gigi palsu terdiri dari gigi-gigi tiruan yang biasanya terbuat dari plastik hardwearing, tetapi bisa juga dibuat dari keramik berkualitas tinggi. Gigi yang didukung oleh bahan dasar karet berwarna akrilik. gigi gigi tiruan modern juga bisa dibuat menyerupai gigi alami dan tersedia dalam berbagai macam bentuk, ukuran dan warna. Gigi palsu akrilik juga memiliki sejumlah warna berbeda untuk membuat penampilan yang lebih alami.

Baca Juga: Masalah Gigi Geraham yang Sering Dialami Ketika Tumbuh

Gigi palsu secara garis besar terdiri dari dua jenis, yakni permanen dan lepasan. Gigi palsu permanen adalah gigi yang dipasang secara permanen dan tidak dapat dilepas pasang oleh penggunanya. Sedangkan gigi palsu lepasan berarti gigi palsu yang tentunya dapat dilepas pasang oleh penggunanya.

Harga Pasang Gigi Palsu Pemanen:

  • Implan gigi = Rp. 5.000.000 - 15.000.000 per gigi
  • Crown (model mahkota) = Rp. 1.000.000 - 3.000.000  per gigi
  • Bridge (model jembatan) Mulai dari = Rp. 1.000.000 per gigi

Implan gigi

Implan gigi(gigi tanam) adalah sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi berfungsi untuk menggantikan bagian akar gigi. Penanaman dilakukan di tulang rahang atas atau bawah, memungkinkan tersambungnya gigi pengganti dengan tulang.

Gigi tanam dapat dipergunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang lepas. Gigi yang akan ditanam memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan gigi asli. Mereka mempertahankan bentuk muka dan mengurangi ketidaknyamanan karena gigi yang lepas.

Tanam gigi tidak rentan terhadap pengeroposan tetapi hal ini bisa menyebabkan masalah gusi apabila tidak dirawat dengan baik. Seperti halnya gigi asli, gigi yg ditanam perlu dibersihkan dan dicekkan kepada dokter gigi secara rutin.

Apabila gigi dijaga dengan benar, kebanyakan bagian sekrup titanium akan bertahan seumur hidup, walaupun sarung atau alat alat yang diperlukan untuk gigi tanam perlu diganti apabila sudah lama.

Crown (Mahkota)

Dental crown merupakan sarung yang berbentuk gigi yang disarungkan ke gigi untuk mengembalikan bentuk, ukuran, dan kekuatan gigi. Gigi tiruan mahkota dapat mempertahankan fungsi gigi yang rusak. Perawatan ini dibutuhkan apabila gigi Anda telah berlubang dan struktur gigi tidak cukup untuk ditambal.

Bagian gigi anda retak atau pecah dan tidak dapat diperbaiki dengan teknik composite bonding. Atau Anda memiliki kebiasaan menggertakkan gigi dan memiliki pola diet yang buruk, erosi asam bisa memperkecil gigi di mana solusi perawatan yang memungkinkan hanyalah menyarung gigi tersebut.

Untuk gigi yang lemah atau yang memerlukan tambalan yang besar, gigi tiruan mahkota dapat melindungi gigi dari keretakan yang lebih parah. Gigi tiruan mahkota biasa digunakan untuk gigi belakang karena proses mengunyah dengan tekanan tinggi.

Bridge (Model jembatan)

Gigi tiruan jembatan menghubungkan gigi dengan gigi tetangga untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang telah lepas. Gigi tiruan ini disebut pontic dan digabungkan dengan 2 mahkota gigi tetangga.

Harga Pasang Gigi Palsu Lepas:

  • Porslen Akrilik Mulai dari = Rp. 100.000 per gigi
  • Fleksi denture / valplast Mulai dari = Rp. 750.000 per gigi
  • Frame Mulai dari = Rp. 1.000.000 per gigi

Gigi palsu porselen akrilik

Merupakan gigi palsu yang paling banyak beredar di masyarakat karena harganya yang terjangkau. Plat gigi yang digunakan relatif tebal dan memiliki cengkeram kawat untuk mengaitkan ke gigi lain yang masih tinggal.

Jenis gigi palsu ini memiliki pelat yang lebih tipis, lebih lentur,dan tidak menggunakan kawat pencengkeram. Hal ini membuat penggunanya lebih nyaman saat digunakan dibandingkan dengan bahan akrilik.

Gigi palsu frame

Gigi palsu model ini memiliki plat logam sehingga dibuat setipis mungkin apabila dibandingkan dengan gigi lepasan lainnya. Gigi palsu ini juga memiliki kawat yang mencengkeram gigi asli yang masih tinggal untuk membuat gigi palsu lepasan menjadi lebih stabil dan tidak mudah goyah.

Pasang gigi via syaifydental.com

Umumnya, pada masa awal menggunakan gigi palsu, rasanya sangat aneh dan meskipun pengguna akan terbiasa dengan gigi palsunya, secara keseluruhan kenyamanan dan dari alat ini bisa menjadi masalah. Masalah ketidaknyamanan ini bisa saja tidak menghilang, terutama karena gusi dan tulang rahang berubah bentuk dari waktu ke waktu, meningkatkan kemungkinan gigi palsu menjadi tidak pas.

Gigi palsu harus tetap cermat dalam pembersihannya untuk menjaga kesehatan gusi. Gigi palsu juga bisa sangat rapuh dan jika rusak harus diperbaiki oleh profesional. Gigi palsu cukup rapuh dan akan pecah jika jatuh, jadi cobalah untuk menangani mereka secara hati-hati. Gunakan baskom berisi air di bawahnya selama membersihkan dan gunakan handuk bersih. Semoga informasi tentang pasang gigi palsu permanen dan lepas ini bisa bermanfaat bagi Anda.
Top