Orang Kaya Mudah Sakit-Sakitan Atau Kadang Anaknya Nakal, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Komentar

Gambat ilustrasi orang kaya yang sakit-sakitan, dilansir dari freepik.com

Pernah nggak sih lihat orang kaya sakit-sakitan mulu, kalau nggak gitu anaknya terjerat narkoba dll. Bahkan hartanya sampai habis karena hal tersebut?

Lantas apa sih penyebabnya?

Sejatinya semua orang ingin menjadi kaya, namun banyak kejadian orang kaya malah sakit-sakitan. Hingga banyak orang beranggapan "lebih baik nggak kaya kalau harus penyakitan".

Pernyataan itu sebenarnya salah, yang benar adalah menjadi kaya tapi tetep sehat.

Lantas kenapa orang yang kaya lebih banyak sakit-sakitan? 

Jawannya adalah hadis ini;

Dari Muhammad bin Khalid, dari Bapaknya, dari Kakeknya, ia seorang shahabat Rasulullah Saw, ia mengunjungi salah seorang saudaranya, sebelum ia sampai, ia mendapat kabar bahwa saudaranya itu sakit, ketika ia menemuinya, ia berkata, “Saya datang menjengukmu sebagai orang yang menjenguk orang sakit dan memberi kabar gembira. Saya sampaikan kabar gembira kepadamu tentang sesuatu yang pernah saya dengar dari Rasulullah Saw, beliau bersabda, “Apabila Allah Swt telah menempatkan seseorang pada suatu tempat kemuliaan, akan tetapi amal orang itu tidak layak membuat ia berada di tempat itu, maka Allah Swt menguji hamba itu pada tubuhnya atau hartanya atau anaknya, kemudian Allah Swt buat hamba itu sabar hingga ia layak berada di tempat kemuliaan itu”.

Kenapa orang kaya lebih banyak diuji, ya mungkin saja karena amal perbuatan mereka sendiri.

Oleh karena itu, bagi anda yang merasa kaya. Sudah seharusnya memanfaatkan harta anda dijalan kebaikan yang diridoi oleh Allah SWT, serta mintalah perlindungan kepada Allah terhadap cobaan-cobaan harta yang anda miliki.

Dan bagi anda yang belum kaya, jangan pernah beranggapan takut untuk menjadi kaya. Karena jika anda kaya dan melakukan banyak amal kebaikan dijalan Allah, maka insyaAllah anda akan baik-baik saja.

BACA JUGA: Jangan Buka Aib-mu dan Aib Saudaramu. Jika Tahu Dosanya, Kalian Tak Akan Sanggup

Anjuran Islam agar kita menjadi kaya

Bagi umat Islam, seruan menjadi seseorang yang kaya tedapat dalam ayat Alquran.

Allah Swt berfirman: “Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezki kepadanya.” (QS. Al-Hijr [15]:19-20).

Pada ayat ini dijelaskan Allah memberi kemudahan bagi siapa saja umat Islam ingin memanfaatkan hasil bumi untuk mendapatkan uang. Allah telah membuka jalan bagi siapa saja yang ingin berusaha. Allah sangat menganjurkan setiap muslim untuk berusaha untuk mempertahankan hidupnya dengan cara yang halal.

Demikian, Wallahu A'lam
Top