Hukum Menggabungkan Niat Puasa Senin Kamis dan Niat Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Komentar

youtube.com

Berikut ini adalah niat puasa senin kamis yang digabungkan dengan niat puasa bayar hutang serta hukum menggabungkan qadha puasa. Berikut ini setidaknya hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, dan juga hukumnya.

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang hanya dilakukan pada hari senin dan kamis, biasanya puasa senin kamis ini dilakukan ketika kita meminta sesuatu. Namun, ada beberapa orang yang melakukan puasa sunnah senin kamis ini untuk membayar hutang puasa ramadhan mereka.

Lalu bagaimana niat puasa senin kamis yang digabungkan dengan niat puasa untuk membayar hutang, mari kita simak niat puasa senin kamis dan niat mengqadha puasa.


wajibbaca.com

Sebagian banyak diantara wanita yang membayar hutang puasa ramadhan mungkin lebih senang menjalankannya pada hari Senin atau Kamis, karena ternyata kedua puasa ini memiliki banyak sekali manfaat yang didapatkan.

Tergolong sebagai puasa sunnah yang dianjurkan bagi siapa saja yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah dan juga memohon doa agar cepat terkabul. niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, tentunya berbeda dengan niat puasa senin kamis saja atau puasa untuk kebutuhan mengganti puasa yang telah lalu.

Sebenarnya selain kaum hawa sendiri, pria juga boleh mengganti puasa mereka, dengan jenis puasa ini jika memang memiliki hutang, entah karena sakit ketika bulan ramadhan sehingga tidak bisa menjalankan ibadah tersebut ataupun yang lainnya.

menjalankan Puasa Senin Kamis disertai dengan puasa guna mengganti hutang puasa ramadhan ini sebenarnya memiliki beberapa aturan khusus. Beberapa ulama ada yang menyebutnya tidak boleh, namun sebagian diantara ulama juga memperbolehkan, bahkan menganjurkannya.


infoana.com

Berikut ini hal-hal mengenai niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, dan juga hukumnya, yaitu:

1. Hukumnya adalah sunnah bagi orang yang memiliki tanggungan.

Bagi Anda yang ingin menjalankan puasa Senin Kamis, namun masih memiliki tanggungan puasa untuk mengganti hutang yang lalu, sebenarnya sifatnya sendiri adalah sunnah, yaitu bila dikerjakan mendapatkan pahala, namun bisa ditinggalkan juga bukan masalah.

Namun karena Anda masih mempunyai tanggungan ini, alangkah baiknya niat langsung, antara puasa untuk Senin Kamis dengan puasa dalam mengganti hutang.

2. Jika ingin melakukan puasa 6 bulan Syawal, maka hukumnya adalah wajib dalam mengganti puasanya terlebih dahulu.

Puasa lainnya yang bersifat sunnah, namun memiliki banyak sekali pahala jika dikerjakan. Namun ada pengecualian bagi mereka yang memiliki hutang puasa wajib, yaitu tidak bisa mengerjakan puasa sunnah ini, sebelum melunasi hutang puasa tersebut.

3. Menggabungkan antara puasa Senin Kamis dengan puasa mengganti atau qadha. 

sifatnya adalah yang boleh langsung dalam satu niatan. Namun juga ada ulama yang berpendapat bahwa hal tersebut tidak boleh, artinya jika memang ingin mengerjakan puasa Qadha dan juga Senin Kamis maka harus melakukan dua niat sekaligus.


pustakacendekiapress.blogspot.com

Berbagai ragam pandangan terhadap niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, sebenarnya agar lebih aman, maka wajib diantara Anda untuk mengetahui niat kedua-duanya. Tergantung juga para muslim ingin menganut mazhab dari siapa, karena berbeda pandangan maka akan berbeda pula pola yang akan dianut.

Kesimpulannya bahwa tidak dibenarkan niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, karena kita harus mendahulukan untuk mengqadha puasa terlebih dahulu dan nantinya pahala puasa sunnah semoga saja juga diperoleh.

Jadi yang dibolehkan adalah niat puasa membayar hutang yang bertepatan pada hari senin dan kamis, sehingga walaupun berniat untuk mengqadha namun puasa sunnah senin dan kamis juga ikut terbawa. Karena derajat puasa wajib bisa otomatis membawa niat puasa sunnah tapi tidak berlakuu sebaliknya.


nu.or.id

Niat Puasa Senin Kamis:

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari senin, sunah karena Allah ta’ala”

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma yaumal khomisi sunnatal lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa hari kamis, sunah Karena Allah ta’ala”

Niat Mengganti/Mengqadha Puasa:

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

Artinya : "Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala."


syariahonline-depok.com

Manfaat Puasa Senin Kamis dan Mengqadha Puasa:

1. Memberikan manfaat untuk meremajakan kulit, Anda mungkin hanya memiliki niat puasa senin kamis sekaligus membayar hutang puasa ramadhan, namun ternyata selalu mendapatkan pahala dan juga bebas dari hutang, maka ada manfaat lain yaitu peremajaan kulit.

Faktanya adalah dengan melakukan puasa secara teratur ini maka membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik, hal ini secara langsung bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati dan pertumbuhan sel-sel kulit baru atau istilah lainnya adalah peremajaan secara teratur.

2. Bermanfaat dalam mengencangkan kulit, dengan berpuasa Anda menahan lapar setidaknya selama kurang lebih 12 jam, selama masa ini maka banyak diantara lemak atau cadangan makanan dalam tubuh yang terbakar sebagai sumber energi yang tidak didapatkan dengan makan. Secara alami maka tubuh menjadi jauh lebih kencang dibandingkan dengan sebelumnya.

3. Untuk turunkan berat badan, banyak cara yang dilakukan seseorang untuk bisa dapatkan tubuh yang lebih langsing., mulai dari mengkonsumsi obat-obatan hingga berolahraga. Semuanya tentu memakan banyak uang bukan, apa salahnya mencoba cara islami dalam menyehatkan tubuh, yaitu dengan berpuasa.

Faktanya dengan menahan lapar maka berat badan kian lama akan semakin turun. Jika dilakukan secara teratur maka Anda tidak membutuhkan produk obat-obatan lagi, cukup dengan menahan lapar saja, maka tubuh akan menjadi lebih langsing.

4. Sebagai langkah detoksifikasi alami dari dalam tubuh, pola hidup yang tidak sehat berasal dari makanan atau kurangnya olahraga membuat berbagai macam racun tersimpan di dalam tubuh, hal ini membuat tubuh menjadi kian tidak sehat.

Para ilmuan membuktikan bahwa dengan melakukan Puasa Senin Kamis sebenarnya aktif membuat tubuh mengeluarkan racun dari dalam secara alami, hidup Anda tentunya akan jadi jauh lebih sehat dibandingkan dengan sebelumnya.

5. Guna mengistirahatkan organ-organ dalam tubuh, khususnya adalah organ yang berhubungan dengan pencernaan, setiap waktu saat Anda makan maka organ dalam tidak pernah berhenti juga di dalam bekerja untuk mencerna makanan yang masuk dalam tubuh tersebut.

Ingat bahwa kinerjanya juga ada batasnya, semakin sering digunakan maka akan kian rentan mengalami masalah, mungkin tidak Anda rasakan sekarang, melainkan nanti ketika sudah menginjak usia senja. Dengan berpuasa maka organ tubuh setidaknya 2 kali dalam satu minggu akan beristirahat.

6. Menurunkan resiko terkena penyakit diabetes melitus, diabetes melitus atau yang dikenal sebagai penyakit gula darah merupakan sebuah kondisi dimana gula dalam darah naik kadarnya, hingga menyebabkan kerusakan organ tubuh yang lainnya.

Bukan hanya karena konsumsi makanan manis. Melainkan juga karena timbunan lemak yang menyebabkan insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya, hal ini dikarenakan timbunan lemak dalam tubuh. orang-orang dengan berat badan tinggi kenyataannya juga memiliki resiko besar terkena diabetes melitus ini.

7. Mampu menenangkan jiwa atau perasaan, orang yang tengah berpuasa tidak hanya dituntut untuk menahan lapar dan haus saja, melainkan juga semua hal yang berhubungan dengan nafsu. Seperti diantaranya emosi atau perasaan marah.

Faktanya hal ini sangat bagus guna melatih kesehatan mental dan jiwa. Sehingga tidak mudah terserang stress, karena semua masalah yang menjadi beban terlupakan.


ibnuasmara.com

Sekarang kita sudah tahu bagaimana hukum niat puasa senin kamis yang digabungkan dengan niat mengqadha puasa, setelah kita mengetahui niat puasa senin kamis dan niat mengqadha puasa serta manfaat dari puasa senin kamis dan mengqadha puasa pengetahuan kita menjadi semakin bertambah.

Semoga artikel tentang Niat Puasa Senin Kamis dann Niat Membayar Hutang puasa ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya.
Top