Niat Puasa Ramadhan Beserta Doa Berbuka Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahnya

Komentar

islamidia.com

Adapun niat puasa ramadhan dan doa berbuka puasa Ramadhan yang sebagai berikut: "Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati fardhulillahitaala", bulan Ramadhan telah tiba. Umat Muslim berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan di bulan yang penuh rahmat ini.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia, karena bulan ramdhan merupakan bulan pernuh berkah. Dibulan ramadhan semua umat islam wajib untuk melaksanakan puasa, berikut artikel ini akan membahas tentang niat puasa ramadhan dan doa berbuka puasa ramadhan.


islakhudin.blogspot.com

Puasa ramadhan adalah salah salah satu ibadah wajib yang terjadi setahun sekali, serta menjadi salah satu momen yang sangat istimewa, sehingga Rasanya berbeda dengan bulan-bulan yang lain, banyak orang yang melakukan kebaikan dibulan ini. Salah satunya adalah berbagi takjil dan membaca tadarus setiap pagi dan sore hari.

Doa Niat Puasa Ramadhan Lengkap Arab Latin dan Terjemahannya - Assalamu'alaikum wr wb. Semoga sahabat pembaca sekalian selalu ada dalam rahmat Allah SWT, sahabat sekalian kali ini kami akan membahas niat puasa ramdhan dan doa berbuka puasanya yang lengkap dengan latin dan artinya.

Sahabatku sebelum kita membahas tentang niat puasa ramadhan dan doa berbuka puasanya, kita akan membahas tentang pengertian tentang bulan ramadhan untuk menambah pengetahuan kita semua.


melvister.com

Pengertian Bulan Suci Ramadhan:

Pengertian bulan suci Ramahdan adalah bulan dimana semua umat islam diwajibkan untuk berpuasa, karena puasa merupakan salah satu Rukun Islam (Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, dan Berhaji), jadi jika ada orang islam yang tidak berpuasa, maka wajib dipertanyakan status keislamannya.

Puasa adalah ibadah kepada Allah ta’ala dengan menahan diri dari makan minum dan segala sesuatu yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari ibadah puasa mensucikan dan membersihkan jiwa dari segala perbuatan dan perkataan yang tercela tubuh kita juga menjadi sehat.

Semua umat islam juga tidak semuanya diwajibkan untuk berpuasa, karena berpuasa diwajibkan untuk mereka yang: beragama Islam,  telah mencapai umur dewasa (Baligh), sehat fisik dan akal (tidak dalam keadaan sakit), tidak dalam perjalanan (keadaan musafir), wanita yang tidak haid/nifas. Nah buat kamu yang termasuk pada kategori tersebut, maka wajib berpuasa.


pinterest.com


Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan:

1. Bulan Diturunkannya Al Qur'an

Bulan Ramadhan adalah bulan mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa, dan pada bulan ini pula Al Qur'an diturunkan. Allah SAW berfirman : "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barang siapa diantara kamu hadir (di negeri tampat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa di bulan itu." (QS. Al Baqarah 2 :185).

Setan-Setan Dibelenggu, Pintu-Pintu Neraka Ditutup Dan Pintu-Pintu Surga Dibuka Rasullullah SAW bersabda : "Apabila Ramadhan tiba. Pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan pun dibelenggu." (HR. Muslim).

Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah mengatakan "Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini, karena banyaknya amal saleh dikerjakan, sekaligus memotivasi umat Islam untuk melakukan kebaikan. Pintu-pintu neraka ditutup, karena sedikitnya maksiat yang dilakukan oleh orang-orang yang beriman. Setan-setan diikat kemudian dibelenggu tidak dibiarkan lepas seperti di bulan selain Ramadhan." (Majelis Syahri Ramadhan, Wazarotul Suunil Islamiyyah).

2. Terdapat Malam Yang Penuh Kemuliaan Dan Keberkahan 

Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah saat diturunkannya Al Qur'an.

Allah SWT berfirman : "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu, apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al Qadr 97 : 1-3).

Dan Allah SWT juga berfirman : "Sesungguhnya kami juga menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya  kami-lah yang memberi peringatan." (QS Ad Dukhan 44 :

3. Bulan Ramadhan Adalah Salah Satu Waktu Di Kabulkannya Doa 

Rasullullah SAW bersabda :

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, maka pasti dikabulkan."


youtube.com

Keistimewaan Puasa Ramadhan:

1. Puasa Adalah Perisai
Rasulullah SAW bersabda :
"Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka." (HR. Ahmad dan Baihaqi dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Shohihul Jami')

2. Orang Yang Berpuasa Akan Mendapatkan Pahala Yang Tak Terhingga

3. Orang Yang Berpuasa Akan Mendapatkan Dua Kebahagiaan

4. Bau Mulut Orang Yang Berpuasa Di Hadapan Allah Lebih Harum Dari Misik/Kasturi
Dari Abu Hurairah ra. Rasullullah SAW bersabda :
"Allah berfirman : 'Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa, maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi, maka katakanlah "saya sedang berpuasa". Demi Dzat dan jiwa Muhammad berada ditangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misik/kasturi. Dan bagi orang-orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya'." (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Puasa Akan Memberi Syafaat Bagi Orang Yang Menjalankannya
Rasullullah SAW bersabda :
"Puasa dan Al Qur'an itu akan memberikan syafaat kepada seorang pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata, 'Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya'. Dan Al Qur'an juga berkata 'Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karena itu perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya'. Beliau bersabda : 'Maka syafaat keduanya diperkenankan'." (HR Ahmad, Hakim, Thabrani periwayatnya shahih sebagaimana dikatakan oleh Al Haytsami dalam Mujma'ul Zawaid).

6. Orang Yang Berpuasa Akan Mendapat Pengampunan Dosa
Abu Hurairah ra berkata Rasullullah SAW bersabda :
"Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya dimasa lalu akan di ampuni." (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Orang Yang Berpuasa Disediakan Ar Royyaan
Sahl bin Sa'd ra berkata Rasullullah SAW bersabda :
"Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar Royyaan. Pada hari kiamat, orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut, dan tidak ada seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka 'Dimana orang-orang yang berpuasa?' Maka orang-orang yang berpuasapun berdiri dan tidak ada seorangpun yang melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut." (HR. Bukhari dan Muslim).


nu.or.id

Nah, sekarang kita sudah tahu apa keistimewaan bulan suci ramadhan dan keistimewaan puasa di bulan ramadhan. Dan berikut ini niat puasa ramadhan beserta dengan doa berbuka puasa.


Niat Puasa Ramadhan dan Doa Berbuka Puasa:

Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihis-sanati lillahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kullihi lillaahi ta’aalaa

Artinya: "Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta'ala"


Doa Berbuka Puasa Ramadhan

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."


islami.co

Demikianlah mengenai bacaan niat puasa ramadhan dan doa berbuka puasa ramadhan. Beserta dengan pengertian bulan suci ramadhan, keistimewaan bulan ramadhan, dan keistimewaan puasa ramadhan.

Semoga artikel tentang Niat Puasa Ramadhan dan Doa Berbuka Puasa bisa menambah pengetahuan Anda, dan bisa bermanfaat bagi Anda. Wassalamualaikum wr wb
Top