Tata Cara dan Niat Mandi Haid, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Komentar

g-excess.com

Berisi tentang niat mandi haid lengkap dengan tata cara, doa, apa itu haid, larangan bagi wanita haid, hadist tentang haid dari a sampai z. Bagi seorang wanita yang sudah haid maka wajib untuk bersuci atau mandi besar setelah haid.

Niat Mandi Haid- Haid atau Menstruasi adalah darah yang keluar dari rahim seorang wanita pada waktu tertentu yang bukan disebabkan oleh penyakit melainkan darah kotor mereka, dan darah itu termasuk najis. Oleh karena itu, wanita yang sedang haid tidak boleh masuk masjid atau memegang dan membaca al quran.

Mandi wajib haid adalah rutinitas setiap wanita yang pasti akan di lakukan minimal setidaknya 1 bulan sekali sebagaimana umumnya masa terjadinya haid, apabila seorang wanita tidak melakukan wandi wajib setelah masa haidnya selesai maka mereka akan berdosa karena telah menunda waktu untuk beribadahnya.

Niat Mandi Haid dan Kewajibannya Bagi Muslimah perlu diperhatikan, karena niat adalah hal dasar dalam sebuah amalan, termasuk niat mandi haid. Jika kita salah dalam mengucapkan niat maka semua ibadah kita tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Setelah selesai haid kita harus bersuci dengan cara yang lebih dikenal dengan sebutan mandi haid. Sahabat sekalian, kali ini kita akan membahas tentang cara mandi haid beserta niatnya sesuai dengan tuntunan nabi.


muslimah.co.id

Niat mandi haid atau mandi wajib setelah haid secara lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya akan kita bahas pada halaman ini. Perlu dipahami baik laki-laki maupun perempuan, bahwa salah satu najis yang menghalangi seorang wanita untuk melaksanakan ibadah sholat, puasa adalah menstruasi/haid atau datang bulan.

Secara umum, siklus haid atau menstruasi terjadi selama 3 sampai 7 hari. Jika masa datang bulan atau haid berakhir, maka seorang wanita wajib hukumnya untuk mensucikan diri dengan melakukan mandi wajib setelah menstruasi/haid. Caranya yaitu membaca niat mandi haid dan membersihkan seluruh anggota badan, minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badan dari ujung rambut hingga ujung kaki secara merata.

Adapun untuk lafadz bacaan niat mandi haid adalah sebagai berikut :


Niat Mandi Haid Lengkap Arab, Latin dan Artinya:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIL KHAIDHI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya : "Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala"

Setelah kita mengetahui Niat Mandi Haid, sekarang kita akan membahas tata cara Mandi Wajib/mandi hai bagi seorang wanita.


Tata Cara Mandi Setelah Haid:

1. Membaca bismillah sambil berniat untuk membersihkan hadats besar (dalam hati saja membacanya).
2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali.
3. Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis. Lebih baik lagi dikasih minyak wangi.
4. Mengambil wudhu sebagaimana biasa kecuali kaki. Kaki dibasuh setelah mandi nanti.
5. Membasuh keseluruhan rambut di kepala.
6. Membasuh kepala berserta telinga sebanyak 3 kali dengan 3 kali menimba air.
7. Meratakan air ke seluruh tubuh di sebelah lambung kanan dari atas sampai ke bawah.
8. Meratakan air ke seluruh tubuh di sebelah lambung kiri dari atas sampai ke bawah.
9. Menggosok bagian-bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.
10. Membasuh kaki.


bersosial.org

Itulah Niat Mandi Haid Beserta Tata Caranya, setelah kita mengetahui niat mandi haid dan tata caranya sekarang bagi kita para wanita bisa melakukan mandi setelah dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.
Top