Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Akibat Jengkol, Bawang dan Lainnya

Komentar

menghilangkan bau mulut via go-dok.com

Banyak orang yang akan merasa malu dan tidak nyaman ketika memiliki masalah mengenai bau mulut. Bau mulut tidak hanya membuat malu tetapi bisa jadi pertanda adanya masalah dalam tubuh. Jika Anda mengalami masalah serupa, memahami cara menghilangkan bau mulut bisa membantu mengembalikan rasa percaya diri Anda. Inilah beberapa cara yang dapat menghilangkan bau mulut anda

Banyak orang merasa minder atau tidak nyaman jika memiliki bau mulut, terutama jika harus berbicara dengan banyak orang. Bau mulut tak sedap dapat dialami oleh siapa saja, bahkan artis sekalipun.

Kebiasaan kita yang sering mengkonsumsi makanan seperti jengkol, pete, bawang putih, ikan laut, atau jarang menggosok gigi, gigi berlubang dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut.
Bau mulut merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi setiap orang.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah mulut kita bau. Yang pertama yaitu menghembuskan nafas melalui mulut ke tangan sehingga kita bisa merasakan nafas kita.

Yang kedua yaitu jilat telapak tangan kita, setelah air liur mengering cium apakah bau atau tidak. Apabila berbau menyengat berarti Anda punya masalah dengan bau mulut.

Sebenarnya banyak  cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Cara paling mudah ialah dengan rutin menggosok gigi sehingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal yang menjadikan penyebab bau mulut.

Tidak sedikit orang pula mengunyah permen karet ataupun permen biasa untuk mengurangi bau mulut tidak sedap. Ada juga yang menggunakan obat kumur atau mouthwash untuk mengatasi bau mulut secara cepat.

Namun sayangnya untuk jangka panjang, cara ini bisa saja berakibat buruk bagi kesehatan gigi Anda.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami menjadi solusi alternatif terbaik buat kamu untuk mendapatkan mulut yang segar.

Menggunakan bahan alami disekitar kita seperti daun sirih dan teh hijau yang telah terbukti ampuh dapat menghilangkan bau mulut secara permanen dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut ini berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut :

1. Gosok Gigi

gosok gigi via hellosehat.com

Gosok gigi adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Orang yang menderita bau mulut biasanya disebabkan oleh jarangnya menggosok gigi. Menggosok gigi yang tepat, benar dan bersih bisa menghilangkan dan menghindarkan diri anda dari bau mulut.

2. Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

menjaga kesehatan gigi dan mulut via vebma.com

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan hanya dilakukan dengan menggosok gigi. Namun menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan menghindari terselipnya serat atau makanan di sela-sela gigi.

Terselipnya serat makanan dan daging bisa membuat penampilan gigi terlihat tidak menarik dan menjijikan bagi sebagian orang.

Tidak hanya itu saja terselipnya serat dan sisa makanan di celah gigi bisa menyebabkan sakit gigi dan penyakit gigi adalah salah satu penyebab bau mulut.

3. Benang Gigi

benang gigi via beritagar.co.id

Salah satu hal cara menghilangkan bau mulut yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan benang gigi.

Benang gigi ini bisa membantu anda dalam membersihkan celah-celah gigi dari sisa makanan dan serat makanan. Benang gigi juga bisa membuat anda terhindar dari sakit gigi.

4. Obat Kumur

obat kumur via hellosehat.com

Jika anda tidak mau mengkonsumsi obat, anda bisa menggunakan obat kumur. Saat ini ada obat kumur yang bisa bermanfaat untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih obat kumur. Pilihlah obat kumur tanpa efek samping.

5. Alat Pembersih Lidah

alat pembersih lidah via go-dok.com

Lidah adalah tempat yang disukai oleh kuman dan bakteri. Tidak hanya di gigi dan gusi saja, lidah juga tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri.

Orang yang rajin menggosok gigi, bukan berarti orang itu rajin membersihkan bagian lidahnya. Selama ini lidah luput dari perhatian orang. Lidah banyak yang dilewatkan untuk dibersihkan, akibatnya adalah lidah akan jadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Banyak kuman dan bakteri yang bisa membentuk lapisan di lidah. Lapisan tersebut bisa menyebabkan terjadinya atau timbulnya bau busuk. Bau mulut pun bisa terjadi akibat lapisan lidah tersebut.

Untuk membersihkan kuman dan bakteri di lapisan lidah, anda bisa menggunakan alat pembersih ludah. Atau anda bisa juga menggunakan sikat gigi dan menggosok seluruh permukaan lidah secara perlahan.

Kelebihan anda menggunakan alat pembersih lidah dibandingkan dengan sikat gigi adalah alat pembersih lidah akan dibuat menyesuaikan dengan tekanan yang bisa diterima lidah. Sehingga tekanan yang telah disesuaikan tidak akan melukai permukaan lidah.

6. Permen Karet

permen karet via hellosehat.com

Cara mengatasi bau mulut yang bisa langsung dilakukan dengan mengunyah permen karet bebas gula. Permen karet bebas gula bisa membuat gigi anda terlindung dari tumbuhnya plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi tersebut merupakan penyebab timbulnya bau mulut.

7. Permen Mint

permen mint via formasehat.blogspot.com

Mengkonsumsi permen mint adalah salah satu cara yang bisa diakukan untuk menghilangkan bau mulut sementara.

Ketika anda ingin berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain sebaiknya anda menyediakan permen ini di dalam tas atau saku anda. Kandungan mint di dalam permen itu bisa membuat nafas anda menjadi segar dan tidak bau lagi.

8. Teh Hijau

teh hijau via vebma.com

Mengkonsumsi secangkir teh hijau setiap paginya bisa mengatasi bau mulut. Hal itu dikarenakan di dalam teh hijau kaya akan atioksidan yang bermanfaat dalam membunuh kuman, bakteri dan zat-zat penyebab bau mulut.

9. Rebusan Daun Sirih

daun sirih via go-dok.com

Selama ini daun sirih hanya dikenal sebagai obat dari berbagai macam masalah kewanitaan. Namun siapa sangka jika rebusan daun sirih juga bisa digunakan sebagai penghilang bau mulut.

Rebusan daun sirih bersifat antiseptik. Sifat antiseptik tersebut bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Caranya adalah sehabis sikat gigi anda bisa menjadikan rebusan daun sirih sebagai obat kumur. Setelah menggosok gigi dan berkumur menggunakan air bersih, anda bisa berkumur kembali menggunakan rebusan daun sirih.

10. Hindari Makanan Berbau Tajam

hindari makanan berbau tajam via dreamstime.com

Saat anda akan bersosialisasi dengan orang banyak sebaiknya, hindari berbagai macam makanan berbau tajam.

Aroma makanan tersebut bisa mengendap lama di dalam mulut sehingga meskipun anda telah berjam-jam memakan makan tersebut, aromanya akan tetap ada seperti efek samping mengkonsumsi durian.

Tidak semua orang menyukai aroma makanan yang berbau tajam. Oleh sebab itulah anda harus menghindari makanan berbau tajam agar tidak terkena bau mulut.

Makanan berbau tajam itu misalnya adalah bawang putih, petai, jengkol dan masih banyak lagi lainnya.

Adanya bau mulut yang terlalu ekstrim bisa saja menjadi pertanda jika kamu memiliki masalah dengan organ dalam seperti banyaknya racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Maka dari itu kamu bisa rutin mengkonsumsi jeruk hangat untuk mendetoksifikasi tubuh kamu dari zat berbahaya.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut dengan cepat dan mudah diterapkan. Jangan lupa gosok gigi 3x sehari dan kurangi makanan yang berbau menyengat.
Top