Meneladani Rasulullah SAW, Muslim Harus Tahu Inilah Doa yang Sering Dibaca Rasulullah

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 14 Jul 2018
Meneladani Rasulullah SAW, Muslim Harus Tahu Inilah Doa yang Sering Dibaca Rasulullah
Gambar ilustrasi dilansir dari doa.indimu.com

Rasulullah Saw, sebaik-baiknya teladan bagi semua umat manusia di bumi

Khususnya kaum muslim Anda juga ingin tahu doa apakah yang sering diminta Rasulullah kepada Allah SWT?. Berikut informasi selengkapnya.

Setiap orang tentu memiliki keinginan, dan cara yang dilakukan agar keinginan itu terwujud umat Muslim biasanya berdoa kepada Allah SWT. Selain tentang masalah dunia, urusan akhiratpun juga tidak luput dari doa.

Tidak hanya manusia biasa, seseorang yang senantiasa telah mendapatkan jaminan penghuni surga pun seperti Rasulullah SAW tetap berdoa kepada Allah SWT.

Lantas doa apa saja yang sering dipanjatkan Rasulullah SAW?

Dari Anas Radhiyallahu anhu, ia berkata:

“Doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan ialah: “Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka” (al-Bukhâri no. 6389 dan Muslim no. 2690).

Dalam riwayat Muslim, doa tersebut berbunyi:

“Pengertian kebaikan dunia mencakup seluruh yang dibutuhkan manusia di dunia, sehingga dengannya ia akan menjadi baik. Misalnya, sehat, rizki yang lagi halal, rumah tinggal yang nyaman, istri salihah, anak-anak penyejuk mata, ilmu yang bermanfaat, amal shalih, ketentraman, dan lain-lain”.

Lain halnya dengan kebaikan dunia, menurut Ibnu Katsir mengartikan mengenai kebaikan akhirat.

“Kebaikan di akhirat yang tertinggi ialah berhasil masuk surga dan menikmati kondisi-kondisi yang menyertainya, seperti perasaan aman dari ketakutan yang paling dahsyat di ‘arashât, dimudahkan proses hisâb (perhitungan amalan), dan lain-lain yang merupakan kejadian-kejadian yang menyenangkan di akhirat kelak”.

Doa meminta kebaikan ini diakhiri dengan permohonan supaya terlindung dari siksa api neraka.

Tujuannya dari doa ini jelas, agar Allah SWT memudahkan kehidupan Anda di dunia serta mendapatkan kemuliaan di akhirat dan juga terbesar dari siksaan neraka yang sangat menakutkan seperti dilansir dari islamidia.com.

BACA JUGA: Jangan Menceritakan "ini" Kepada Siapapun Bahkan Sampai Mati Sekalipun

Imam Muslim rahimahullah (Shahîh Muslim no. 2688) telah meriwayatkan, pernah terjadi peristiwa, Rasulullah mengunjungi seseorang yang sedang sakit.

Kondisi orang yang sakit ini sudah sangat mengenaskan. Beliau pun menanyakan asal-muasal kejadian: “Apakah engkau berdoa atau meminta sesuatu kepada Allah (sebelumnya)?”.

Lelaki itu menjawab: “Ya. Sebelumnya aku berkata, ‘Ya Allah, hukuman yang akan engkau timpakan kepadaku di akhirat, segerakanlah atas diriku di dunia ini,” maka beliau Rasulullah berkata: “Subhanallah, engkau tidak akan sanggup memikulnya. Mengapa engkau tidak berdoa“.

Begitu juga, kejadian menarik pernah dialami Anas bin Mâlik. Sahabat mulia ini diminta untuk mendoakan orang-orang yang mendatanginya. Lantas beliau berdoa:

(Ya Allah, ampunilah kami, kasihilah kami rahmat. Berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka).

Mereka meminta doa yang lain. Maka Anas Radhiyallahu anhu memanjatkan doa yang sama, kemudian berkata:

“Seandainya kalian telah dianugerahi ini, sungguh kalian telah dianugerahi kebaikan dunia dan akhirat” (Shahîh al-Adabil-Mufrad, 494).

Demikianlah informasi mengenai doa yang paling sering diucapkan oleh Rasulullah.

Ketahuilah bahwa doa menjadi perantara antara Anda dan Allah.

Maka perbanyaklah berdoa kepada-Nya. Jangan lupa untuk meneladani Rasulullah SAW, sebab beliaulah tauladan terbaik di dunia ini.

Wallahu A’lam.
SHARE ARTIKEL