Melepaskan Tidak Akan Membuatmu Kehilangan, Tapi Akan Mendatangkan yang Lebih Dari yang Kamu Inginkan

Komentar
Sumber gambar wikiHow

Ada 7 Miliar manusia, duh! Sangat disayangkan jika kita hanya berkutat memikirkan satu orang. Padahal bisa jadi, ada sosok yang jauh lebih baik; jauh lebih bisa membuatmu jatuh cinta dengan nyaman.

Pada akhirnya, mereka yang cintanya tak terbalas hanya bisa memberikan doa, "Semoga dia bahagia dengan pilihan-nya."

Duhai kamu yang hatinya sedang patah, sahabat seshaleh Abu Bakr dan Umar ibn Khattab saja pernah ditolak pinangan-nya oleh Fathimah.

Pun sahabat sebaik Salman al-Farisi seperti yang dikutip dari @tausyiahcinta_ cintanya bertepuk sebelah tangan dan sang gadis, justru lebih memilih sahabatnya sendiri Abu Darda.

Apakah ada ceritanya mereka tergugu bersedih? Apakah ada kisahnya mereka mengurung dalam kamar bersama air mata? Tidak, tak ada yang seperti itu.

Mengapa? Sebab orang yang beriman sadar bahwa jodoh adalah urusan Allah. Ketika dia mencintai lantas ditolak, maka dia lupakan hal itu lalu kembali menyibukkan diri berikhtiar menjemput jodohnya.

Hei, Allah menciptakan 7 Miliar manusia, duh! Sangat disayangkan jika kita hanya berkutat memikirkan satu orang. Padahal bisa jadi, ada sosok yang jauh lebih baik; jauh lebih bisa membuatmu jatuh cinta dengan nyaman.

Percayalah bahwa melepaskan tidak akan membuat kita kehilangan. Tapi justru, dengan melepaskan akan mendatangkan sosok baru. Maka sambutlah sosok itu dengan luka hati yang sudah terobati.

Sungguh, tak ada nasihat paling baik bagi mereka yang cintanya ditolak selain bersikap dewasa.

Selain mengikhlaskan untuk melepaskan orang yang bukan jodoh kita, kamu bisa juga mengingat beberapa hal ini yang lebih berharga daripada cintamu yang bertepuk sebelah itu.

1. Masih adan keluarga dan teman dekatmu yang selalu bisa menjadi obat atas kesedihanmu

Sumber gambar clevelandfuneralservice.com

Bersyukurlah, kamu dikelilingi orang-orang yang peduli denganmu akan membuatmu lebih nyaman dan kuat. Memang, mereka tak akan sepenuhnya paham pada apa yang kamu rasakan. Tapi, yang paling penting adalah kemauan mereka untuk bersimpati — walaupun mereka mungkin tak terlalu mengerti.

2. Meski perasaan sedang tidak karuan, yakinlah tuhan pengatur hati dan paling tahu waktu yang tepat untukmu


Sumber gambar shirotulmustaqim.com

Saat kamu berduka, pasti banyak yang akan bilang, “Kamu harus kuat.” Sebenarnya, kata-kata itu akan menambah beban kesedihanmu. Seolah ada kewajiban bagimu untuk bersikap tegar, sementara tenggelam atau menghilang adalah satu-satunya hal yang ingin kamu lakukan.

3. Walau terdengar klasik percayalah bahwa perpisahan bukan segalanya. Bertahanlah ada sesuatu yang lebih manis menunggumu di ujung sana
Sumber gambar simplyspiritualliving.org

Ya, perpisahan bukanlah akhir dari segalanya. Saat harus berpisah dengan orang yang kamu sayang, entah itu karena alasan kerja atau kuliah, kamu masih bisa menghubunginya. Kamu dan dia berpisah secara fisik. Percayalah suatu saat pasti akan bertemu kembali.

Kalau kamu harus berpisah karena komitmen yang berbeda, ambil positifnya. Kamu belum berjodoh dengan dia. Tuhan mempersiapkan yang lebih baik untukmu.
Top