Hati-Hati Bunda! Berikut ini Daftar Makanan yang Dilarang Saat Hamil

Komentar

hamil via sehatfresh.com

Makanan yang dikonsumsi mommy hamil sebaiknya makanan sehat seperti buah-buahan segar dan sayuran hijau. Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh mommy yang sedang dalam kondisi hamil .

Ada jenis makanan lain yang ternyata akan membawa pengaruh buruk bagi kehamilan, sebaiknya mommy tidak mengonsumsi durian karena buah ini mengandung zat yang memberikan efek negatif bagi kehamilan.

Zat ini adalah asam arachidonat dan juga alkohol yang akan sangat memberikan pengaruh buruk bagi janin. Kandungan arachidonatnya ternyata akan berakibat fatal bagi janin terutama memicu keguguran, dan alkoholnya akan mengakibatkan berat badan bayi menjadi rendah, makanan ibu hamil.

Pada umumnya, makanan yang disarankan untuk mendukung kesehatan ibu hamil adalah produk gandum utuh, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Lantas apa makanan yang dilarang saat hamil?

Berikut makanan yang dilarang saat hamil dan tidak boleh dimakan.

1. Daging mentah

daging mentah via meetdoctor.com

Daging mentah ataupun sajian daging yang diproses hanya setengah matang, berisiko mengandung virus toksoplasma. Virus tersebut dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya bagi janin di dalam kandungan, meski ibu hamil tidak mengalami gejala apa pun.

Penting untuk memasak daging merah, daging putih, termasuk daging cincang dan sosis mentah, hingga matang sempurna untuk menghindari virus toksoplasma. Saat matang, seluruh bagian daging tidak ada lagi yang tampak berdarah atau merah muda.

Cuci bersih seluruh permukaan dan alat yang digunakan untuk memasak daging mentah dan selalu rajin mencuci tangan setelah memegang daging mentah. Selain itu, waspadai virus toksoplasma dari tanah, tinja binatang piaraan, dan air yang tidak bersih.

2. Telur mentah

telur mentah via aws-dist-brta.in

Makanan yang dilarang saat hamil selanjutnya adalah telur mentah. Ibu hamil sebaiknya menghindari telur mentah atau makanan apa pun yang mengandung telur mentah karena risiko salmonella. Saus untuk salad, es krim, dan krim kue umumnya berbahan dasar telur mentah, jadi perlu diwaspadai. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu atau cek kemasan sebelum mengonsumsinya.

Pastikan ibu hamil hanya mengonsumsi telur matang yang ditandai dengan bagian putih dan kuning telur padat. Bakteri salmonella dapat menyebabkan muntah dan diare yang parah pada ibu hamil, meski berkemungkinan kecil dapat memengaruhi kondisi janin.

3. Sayur mentah

sayuran mentah via lanangindonesia.com

Beberapa jenis kecambah tidak disarankan untuk dikonsumsi secara mentah, termasuk tauge dari kacang hijau dan daun semanggi karena nyatanya bakteri pada kecambah sangat sulit dibersihkan hanya dengan proses mencuci sehingga perlu dimasak hingga matang. Sebenarnya larangan ini berlaku untuk semua orang, namun ibu hamil diminta untuk lebih mewaspadai.

4. Ikan yang mengandung merkuri

ikan merkuri via food.detik.com

Selanjutnya Ikan yang mengandung merkuri termasuk dalam makanan yang dilarang saat hamil. Beberapa jenis ikan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil antara lain ikan hiu dan ikan todak (swordfish). Selain itu, konsumsi ikan tuna sebaiknya dibatasi. Konsumsi ikan tuna berisiko tinggi mengandung merkuri yang dapat mengganggu perkembangan sistem saraf pada janin.

Membatasi asupan ikan pada ibu hamil, termasuk ikan salmon dan ikan laut lainnya, wajib dilakukan mengingat adanya risiko polutan dioksin dan polychlorinated biphenyls (PCBs). Sebaiknya tidak mengonsumsi ikan laut melebihi dua porsi sedang per minggu.

5. Hati

hati via japanhalal.com

Organ hati sering dijadikan bagian dari menu pada makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi di atas enam bulan. Namun, konsumsi organ hati sebaiknya dihindari ibu hamil, termasuk jenis makanan lain yang mengandung hati. Kandungan vitamin A yang terlalu tinggi pada organ hati justru berisiko mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

6. Produk susu tanpa pasteurisasi

susu tanpa pasteurisasi via onezone.com

Produk susu merupakan makanan bernutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Hanya saja, produk susu atau keju tanpa proses pasteurisasi sebaiknya dihindari. Sumber makanan jenis ini dapat memicu keracunan makanan. Ada pula risiko bakteri listeria yang dapat menyebabkan infeksi kehamilan terkandung di dalam susu tanpa pasteurisasi.

Selain itu, sebaiknya hindari mengonsumsi jus buah yang tanpa melalui proses pasteurisasi. Misalnya jus yang dibuat sendiri di kawasan pertanian atau perumahan. Produk ini sangat berisiko mengandung kuman, termasuk bakteri E. coli.

Buah yang dilarang saat hamil

1. Pepaya

pepaya via hellosehat.com
Jika saat ini kamu sedang hamil ada baiknya bila menghindari makan buah pepaya, terutama pepaya yang masih mentah. Meski memang manfaat dari buah yang memiliki rasa yang manis ini tak bisa disangkal. 

Akan tetapi kandungan senyawa dalam pepaya diketahui cukup berbahaya untuk kehamilan sebab dapat menyebabkan timbulnya kontraksi kehamilan dan juga pelunakan pada jalan lahir. Hal tersebut dapat memicu kelahiran prematur pada janin dan bisa menyebabkan keguguran.

2. Nanas

nanas via hellosehat.com

Ada mitos bila nanas merupakan buah yang dilarang untuk ibu hamil. Sesungguhnya ada benarnya juga mitos tersebut dan bukan alasan yang mengada – ada, sebab buah nanas memiliki kandungan bromelain yang diketahui cukup berbahaya untuk ibu hamil.

Kandungan tersebut bisa membuat leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang bisa menyebabkan kelahiran belum cukup usia, sehingga bisa memicu keguguran. Karenanya meskipun ngidamnya gak ketulungan, lebih baik menunda keinginan tersebut hingga bayi lahir. Sebab efek buruknya lebih besar daripada manfaatnya.

3. Anggur


anggur via laltempur.wordpress.com

Siapa yang tidak suka mengkonsumsi buah yang memiliki rasa yang menyegarkan yang satu ini. Rasanya yang manis sedikit masam membuat mulut terasa segar saat memakannya. Namun saat hamil ibu dilarang untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Karena buah yang dilarang untuk ibu hamil ini selama masa perkembangannya banyak sekali menggunakan bahan kimia untuk perawatannya.

Dan kandungan bahan kima tersebut yang dikhawatirkan masuk ke dalam buah anggur yang bisa membuat ibu hamil keracunan. Meski hal ini masih diperdebatkan antara boleh dan tidaknya, tapi lebih baik menghindarinya demi keamananan.

4. Durian

durian via fuitmonkeys.com.sg

Buah yang dijuluki sebagai raja buah ini memiliki aroma yang sangat menggoda bagi pecintanya. Namun saat hamil, buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Bukannya tanpa sebab, buah yang kulit luarnya berduri ini memiliki kandungan asam arachidonat serta alkohol yang bisa membahayakan kehamilan. Seperti kelahiran prematur karena kandungan asam arachidonat dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Namun mencicipinya sedikit untuk memenuhi rasa ngidam bileh – boleh saja, asal dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dan wajar.

5. Nangka

nangka via mamapapa.id

Buah yang selanjutnya harus dihindari selama masa kehamilan ialah nangka, hal ini karena sehabis mengkonsumsinya bisa menimbulkan rasa panas di perut. Dan bila dibiarkan bisa menyebabkan perut ibu hamil terasa tidak nyaman. Karenanya meski juga memiliki banyak manfaat, akan tetapi saat hamil lebih baik tunda dahulu keinginan untuk mecicipi buah tropis yang satu ini.

Itulah makanan yang dilarang saat hamil. Sebaiknya, mommy selalu menjaga kehamilan dengan mengkonsumsi buah-buahan sehat lainnya seperti jeruk manis, stroberi, pisang dan juga alpukat yang akan memberikan suplai vitamin dan protein cukup bagi mommy juga bayinya. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas dan asam, karena akan berakibat buruk bagi janin.
Top