Beberapa Makanan Penurun Darah Tinggi, Ternyata Cokelat Juga Termasuk

Komentar
makanan penurun darah tinggi via sehatmagz.com

Meski penyebabnya tidak diketahui, pola makan dipercaya termasuk pemicunya. Bagi penderita hipertensi yang ingin sembuh dengan cara alami, coba sertakan beberapa makanan penurun darah tinggi berikut mulai dari sekarang.

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, minum obat saja tidak cukup untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. 

Beberapa orang terdekat Anda mungkin merekomendasikan beberapa jenis makanan penurun darah tinggi. Inilah makanan penurun darah tinggi yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab kematian 7,5 juta orang per tahun di dunia. Meski penyebabnya tidak diketahui, pola makan dipercaya termasuk pemicunya. Karenanya, kenali makanan penurun darah tinggi berikut!

Hipertensi terjadi saat tekanan darah melebihi 120/80 mm Hg. Perubahan pola makan menjadi kaya buah, sayuran dan biji-bjian serta menghindari sajian tinggi lemak jenuh bisa menurunkan tekanan darah hingga 14 mmHg.

Upaya tersebut secara tidak langsung dapat menurunkan risiko kematian akibat hipertensi. Karenanya, berikut makanan penurun darah tinggi yang perlu kamu konsumsi.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan gejala darah tinggi atau hipertensi yang anda alami :  

Makanan Penurun Darah Tinggi

1. Pisang

pisang via hellosehat.com

Mungkin Anda kaget mendengarnya. Ya, buah pisang selain murah meriah, juga bermanfaat untuk kesehatan tekanan darah Anda. Buah yang mudah ditemukan ini ternyata dapat membantu Anda para penderita hipertensi untuk menurunkan darah tinggi. Mengapa?

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. 

Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt. Lebih enak bukan?

2. Sayuran hijau

sayuran hijau via terasjambi.com

Selain pisang, sayuran hijau seperti bayam, kale, lobat hijau, sawi, dan lainnya juga mengandung kalium tinggi. Terlebih lagi, sayuran hijau juga mengandung kalsium yang juga berguna untuk menurunkan darah tinggi. 

Setengah cangkir bayam matang mampu memberikan 12% dari kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengonsumsi sayuran hijau setiap harinya guna menurunkan maupun mengontrol tekanan darah Anda. Pilihlah sayuran segar karena sayuran dalam kaleng biasanya ditambahkan natrium yang berdampak negatif bagi tekanan darah Anda.

3. Yogurt

yogurt via finecooking.com

Kekurangan kalsium adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Nah, untuk itu, Anda perlu untuk menambahkan kalsium ke dalam asupan Anda. 

Salah satu makanan yang kaya akan kalsium adalah yogurt. Sekitar 170 gram yogurt mengandung 300 mg kalsium, hampir 1/3 dari kebutuhan kalsium Anda.

Kandungan natrium dalam yogurt juga termasuk rendah, sehingga aman bagi Anda penderita hipertensi. Selain itu, probiotik dalam yogurt juga dapat membantu menurunkan darah tinggi, seperti yang ditemukan pada beberapa penelitian.

4. Susu skim

ilustrasi susu skim via hellosehat.com

Selain yogurt, susu skim juga mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Selain itu, susu skim mengandung lemak rendah yang juga diperlukan dalam penurunan tekanan darah.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Human Hypertension tahun 2012, terdapat hubungan antara konsumsi susu rendah lemak dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi. 

Meskipun kalsium mempunyai peran penting dalam menurunkan tekanan darah, tetapi mungkin juga ada komponen lain dalam susu yang juga berperan, seperti senyawa peptida dari susu.

5. Kentang

kentang via meetdoctor.com

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung kalium dan magnesium tinggi. Kedua mineral ini mampu menurunkan tekanan darah. Kentang juga memiliki kandungan serat yang Anda perlukan. 

Yang jadi permasalahan di sini adalah cara pengolahan kentang yang biasanya ditambahkan dengan garam. Penambahan garam ini membuat kentang menjadi makanan yang mengandung garam tinggi, di mana justru dapat meningkatkan tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun darah tinggi, sebaiknya Anda coba untuk mengonsumsi kentang yang hanya direbus atau dipanggang tanpa penambahan garam.

6. Buah berry

buah berry via healthline.com

Buah-buahan kelompok berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Anda dapat menambahkan blueberry, raspberry, dan strawberry pada yogurt atau sereal pagi Anda.

7. Buah bit

buah bit via okezone.com

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum jus bit dapat menurunkan darah tinggi. Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut datang dari penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013. 

Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa terjadi penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi jus bit, terutama terjadi pada partisipan pria.

Hal ini dikarenakan kandungan nitrat yang secara alami ditemukan dalam buah bit mampu menurunkan tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi buah bit dengan cara dijus atau dimasak (dipanggang atau dikukus misalnya).

8. Oatmeal

oatmeal via dennys.com

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung natrium rendah, lemak rendah, dan serat tinggi, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan darah tinggi. 

Sarapan dengan oatmeal adalah ide bagus sebagai makanan pertama Anda sebelum menjalani hari. Jika Anda merasa rasa oatmeal terlalu hambar, Anda bisa menambahkan buah segar atau sedikit madu.

9. Ikan

ikan via j-cul.com

Beberapa jenis ikan tertentu, seperti ikan trout, memiliki kandungan vitamin D yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Manfaat ikan terhadap tekanan darah ini juga telah diteliti. 

Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal menyebutkan bahwa makan ikan berlemak, seperti salmon, sebanyak tiga kali seminggu dikaitkan dengan penurunan tekanan darah diastolik selama lebih dari delapan minggu. 

Para peneliti mengatakan bahwa banyak penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 yang terkandung di ikan memiliki efek penurun tekanan darah.

Namun, yang harus diperhatikan adalah bagaimana Anda mengolah ikan tersebut. Apakah Anda menambahkan garam atau tidak? Penambahan garam justru dapat meningkatkan tekanan darah Anda. 

Ingat, sebaiknya hanya konsumsi garam maksimal 6 gram setiap hari untuk membantu mengontrol tekanan darah Anda. Anda bisa memasak ikan dengan cara mengoleskan minyak zaitun dan tambahkan dengan lada hitam, lalu panggang ikan sampai matang.

10. Kacang lima

kacang lima via m.indonesia.alibaba.com

Kandungan kalium dalam kacang lima juga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kacang lima juga mengandung serat dan protein yang tentu baik untuk penderita hipertensi. 

Anda dapat mengonsumsi kacang lima dengan cara merebusnya, bisa langsung memakannya atau mencampurkannya dengan sayuran lain. Ingat, hanya tambahkan garam sedikit pada masakan tersebut.

11. Cokelat

cokelat via healthhaio.com 

Tentu Anda tidak menyangka jika cokelat dapat menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi cokelat yang kaya akan flavonoid (biasa ditemukan pada dark chocolate) ternyata dapat membantu Anda dalam penurunan tekanan darah tinggi.

Penelitian dalam BMC Medicine tahun 2010 menyebutkan bahwa konsumsi dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi atau prahipertensi. 

Kandungan flavonoid dalam dark chocolate berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah, hasilnya dapat menurunkan tekanan darah, seperti dijelaskan dalam penelitian lain. Semakin tinggi kandungan kakao dalam produk cokelat (sebanyak 70% kakao), semakin baik untuk kesehatan Anda.

Selain 11 makanan di atas, rempah seperti kayu manis dan daun basil (mirip daun kemangi) dapat membantu menurunkan tekanan darah. Di mana kayu manis membantu menurunkan kolesterol dan basil membatasi asupan gram dalam sajian.

Makanan penurun darah tinggi ternyata mudah ditemukan. Contohnya adalah bayam dan bawang putih. Yuk, padukan makanan ini dengan sajian sehat lain untuk tubuh sehat.
Top