Ketahui Kerja Sampingan dengan Modal Kecil dan Tidak Terlalu Menyita Waktu

Komentar

Part time via plukme.com

Sekarang banyak orang yang mencari kerja sampingan untuk mengisi luang waktu mereka, namun terkadang kerja sampingan itu bisa menyita waktu kita. Mari kita bahas kerja sampingan yang tidak menyita waktu.

Mau kerja sampingan tapi yang tidak menyita waktu? Tenang, ada banyak, kok. Yuk, simak kerja sampingan yang dapat memberikan penghasilan dan tidak terlalu menyita waktu. Untuk memanfaatkan waktu luang kita, sebaiknya kita gunakan untuk kerja sampingan, karena biaya hidup dizaman modern ini semakin mahal.

Biaya hidup semakin mahal. Kebutuhan hidup akan terus bertambah seiring berjalannya waktu, jadi kamu tidak perlu bingung jika kamu mencoba kerja sampingan yang akan kami bahas disini.

Saatnya beralih pada peluang kerja sampingan yang menguntungkan dan menarik. Pasti kamu tertarik dong mencoba salah satunya yang akan menjadi tambahan penghasilan kamu, mari simak bersama kerja sampingan yang tidak menyita waktu.

Memilih kerja sampingan tidak hanya membutuhkan minat dan waktu luang yang tepat. Meskipun namanya kerja sampingan, kamu tetap membutuhkan komitmen untuk melakukannya. Bila gagal mengatur waktu dengan keperluanmu yang lain (beristirahat, bersosialisasi dengan keluarga dan kawan, hingga kegiatan harian lain seperti mandi dan berbelanja), yang ada malah lelah yang didapat.


Kerja via pelatihindonesia.com

Kerja Sampingan yang Membutuhkan Modal Kecil dan Tidak Terlalu Menyita Waktu:

1. Menulis

Di zaman digital ini, menjadi seorang penulis lepas merupakan kerja sampingan yang sangat dinikmati. Kamu bisa mengawalinya dengan mencoba membuat blog sendiri sebagai ajang promosi. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengirimkan contoh karyamu ke beberapa media digital yang membuka penawaran penulis konten atau blog mereka.

Mungkin tidak semuanya akan membayarmu cukup besar atau dengan uang. Kadang ada yang memberikanmu imbalan berupa voucher atau merchandise. Tapi, anggap saja ini batu loncatanmu dengan meninggalkan ‘digital breadcrumbs’.

Solusi lain dari kerja sampingan ini adalah bergabung di agensi penulis konten sebagai penulis freelance. Selain akan selalu dibayar, kamu juga bisa mengatur sendiri jumlah pekerjaan yang ingin kamu lakukan.

2. Desainer grafis atau website

Kerja sampingan ini juga menarik banyak peminat, apalagi karena sekarang zaman digital. Pasti banyak sekali startup company yang membutuhkan jasamu untuk mendesain website mereka. Tidak hanya jago gambar, kamu juga harus punya mata yang jeli untuk menentukan kombinasi warna yang bagus untuk suatu produk.

Ada lagi keahlian yang dibutuhkan untuk kerja sampingan ini. Untuk bekerja sama dengan web developer, minimal kamu harus mengerti teknik coding dasar. Bisa jadi, desain yang sudah kamu buat sekeren mungkin butuh penyesuaian, baik dari segi ukuran maupun warna.

3. Web developer

Kerja sampingan ini juga luas kesempatannya. Meskipun saat ini pekerjaanmu tidak berhubungan dengan dunia digital, manfaatkan waktu luangmu untuk kecintaanmu akan melakukan coding atau membangun plugin WordPress. Bahkan, kalau kamu lebih suka GitHub daripada Facebook, kerja sampingan ini cocok sekali untukmu.

Bahkan, kamu juga bisa membuka kursus untuk mengajar coding atau cara membuat website. Tidak hanya jasamu dapat dimanfaatkan untuk perusahaan-perusahaan berbasis digital, kamu bisa sekalian berbagi ilmu dengan kerja sampingan ini. Penghasilannya juga lumayan banya.

4. Fotografer

Nah, kalau kerja sampingan yang satu ini memang paling laris manis. Pastinya, kamu harus suka dulu dengan fotografi. Bukan memotret dengan kamera ponsel, lho. Pekerjaan ini justru membutuhkan kamera kelas profesional, terutama agar gambar-gambar yang dihasilkan sangat sesuai dengan permintaan klien.

Fotografer banyak disewa untuk acara-acara tertentu, seperti pernikahan, ulang tahun anak, kelulusan murid sekolah, hingga seminar. Bahkan, sekarang banyak sekali media digital yang mengandalkan kerja sampingan ini. Mau sebagai tenaga lepas atau honorer, coba saja. Jangan lupa portfolio digital kamu, bisa di website seperti Flickr, blog pribadi, atau media sosial.

5. Menjadi MC (master of ceremonium)

Kerja sampingan ini juga termasuk yang banyak diminati. Bila kamu termasuk orang yang ramai, suka menghibur banyak orang di pesta, serta punya segudang ide seru untuk menjalanan suatu acara, kenapa tidak jadi MC saja? Banyak artis berbakat yang memulai karier mereka dari kerja sampingan ini.

Jadwal kerjanya juga tidak akan menyita waktu. Namun, kamu harus siap mengorbankan akhir pekanmu untuk tampil di acara-acara pernikahan, ulang tahun anak, atau bahkan pensi sekolah. Demi menambah pengalaman, kenapa tidak?

6. Membuat dan menjual kerajinan seni

Nah, ini dia kerja sampingan yang waktunya bisa kamu atur sendiri. Suka merajut, membuat sabun, atau menciptakan kerajinan dari kayu atau besi? Buatlah seunik mungkin. Setelah itu, kamu bisa menjual atau menawarkannya ke teman-temanmu.

Blog pribadi atau media sosial merupakan tempat paling efektif untuk menawarkan kerajinan seni buatanmu. Tapi, biar tidak kewalahan (bila pesanan membludak), pastikan kamu tentukan jadwal yang jelas untuk memesan maupun mengirimkan hasil pesanan. Jangan lupa posting waktu operasional di blog maupun media sosialmu.

7. Jadi editor foto

Enaknya sih, seorang fotografer juga bisa sekalian menjadi editor foto. Tapi, kamu juga bisa kok, bila hanya ingin melakukan kerja sampingan ini. Yang pasti, kamu harus betah duduk berjam-jam dan mengoperasikan software graphic design.

Yang pasti, kamu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tepat, software photo editing yang bagus, dan printer untuk mencetak mock-up. Sekarang banyak kok, artis IG yang menggunakan jasa editor foto untuk mempercantik foto-foto mereka atau produk yang mereka pamerkan.

8. Menjadi guru les bagi anak-anak

Merasa punya keahlian akademis dan senang mengajar? Coba saja kerja sampingan ini. Kamu bisa menjadi tutor privat atau secara independen. Pilihan lain? Sekarang banyak juga kok, lembaga kursus yang menerima pengajar part-time. Bila kamu bekerja dari Senin sampai Jumat, kamu bisa mengajar di hari Sabtu.

Selain menjadi guru les bahasa, kamu juga bisa mengajar untuk mata pelajaran lain. Misalnya: Matematika, Kimia, Fisika, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memanfaatkan platform seperti RuangGuru untuk menawarkan jasamu.


Kerja sampingan via faizalnisbah.blogspot.com

Ternyata banyak sekali kerja sampingan yang bisa kamu pilih dan tidak akan menyita waktu. Kamu bisa mengatur waktunya sesuai dengan keinginanmu. Meskipun sedang menyelesaikan kuliah atau sekadar mengikuti passion sambil melakukan pekerjaan utama kamu, pekerjaan ini tidak akan mengganggu.

Bahkan, kamu bisa mendapatkan dua nilai plus, yaitu kemampuan untuk membagi waktu dan skill yang terus bertambah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.
Top