6 Keuntungan Kerja Part Time Bagi Pelajar, Nggak Susah Seperti yang Dibayangkan

Komentar

Part time via darikorea.blogspot.com

Ketahui perbedaan kerja part time, full time dan freelance, serta manfaat kerja part time bagi pelajar yang harus Anda ketahui. Mari kita simak artikel ini.

Sebenarnya, kerja part time sudah menjadi pilihan para pelajar, karena kerja part time bisa menambah uang saku mereka dan untuk mengisi waktu luang. Pekerja Paruh Waktu adalah part time staff yaitu pekerja yang bentugas hanya dalam sebagian waktu dari ketentuan waktu kerja atau hari kerja normal. Untuk lebih lengkapnya mari simak artikel ini.

Kita sering kali mendengar kerja dengan sistem full time (penuh waktu), part time (paruh waktu) maupun freelance (kerja lepas). Namun sebagian dari kita masih tidak mengerti perbedaannya. Berikut artikel ini akan menjelaskan manfaat kerja part time dan perbedaan kerja full time, part time, dan freelance.

Ada pula tipe pekerja yang memang tidak menginginkan kerja full time dan memilih untuk kerja part time atau harian, dan kerja part time sangan cocok dilakukan oleh seorang pelajar. Banyak manfaat yang sebenarnya dapat kalian peroleh jika kalian seorang pelajar, inilah manfaat kerja part time bagi pelajar.


Semangat part time via provoke-online.com

Perbedaan Kerja Part Time, Full Time dan Freelance:

Kerja Full Time

Kerja full time / kerja penuh waktu adalah pekerjaan yang memiliki jam kerja penuh atau bisa dihitung jumlah total jam kerja sekitar 35 -40 jam per minggu. Sehingga dalam sehari waktu kerja yang dibutuhkan (senin - jumat) adalah 7- 8 jam.

Seperti contoh kerja masuk mulai jam 08.00 - 16.00 / 07.00 - 15.00 (setiap perusahaan mungkin akan berbeda jam kerja tergantung dari aturan perusahaan atau kesepakatan dalam perjanjian kerja).

Kerja Part Time

Kerja part time / paruh waktu adalah pekerjaan yang memiliki jam kerja kurang dari 30 -35 jam per minggunya. Beberapa contoh pekerjaan part time seperti penjaga loket tempat rekreasi, pramusaji, bartender dll.

Jadi intinya pekerjaan paruh waktu atau part time adalah pekerjaan yang tidak dilakukan secara jam kerja penuh melainkan pekerjaan yang memiliki jam kerja kurang dari 30-35 jam kerja tiap minggunya.

Kerjaan Freelance

Kerja freelance atau kerja lepas merupakan istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen untuk jangka panjang kepada perusahaan, owner bisnis maupun pemilik usaha tertentu sehingga kerjaan sebagai freelance tidak bersifat terikat dengan aturan perusahaan. Dan orang yang melakukan pekerjaan freelance disebut sebagai freelancer.

Bidang pekerjaan yang paling umum menggunakan pekerja lepas (freelancer) ini biasanya dalam bidang penjualan (marketing, sales, SPG/SPB,dll), musik, menulis, pemrograman komputer, desain web, desain grafis, , fotografi, menerjemahkan /translate, editing dsb.

Nah, sekarang kita sudah tahu perbedaan dari kerja part time, full time dan freelance. Sekarang kita akan membahas manfaat kerja part time bagi pelajar.


Kerja part time via pinterest.co.uk

Manfaat Kerja Part Time Bagi Pelajar:

1. Nambah Uang Saku

Itu udah hal yang utama. Kalian kerja, kalian tentu mendapatkan tambahan uang yang membuat kalian bisa bernafas lebih tenang. Jumlah yang didapat biasanya lumayan banget untuk ukuran mahasiswa yang masih digunakan hanya untuk kebutuhan dirinya saja. Biasanya kalian akan dibayar berdasarkan lama waktunya bekerja misalnya per jam, per hari, atau per shift, jadi kebanyakan tidak ada gaji yang stabil.

2. Fleksibel Waktu Kerja

Kebanyakan dari kita takut kalo udah kerja nanti terganggu waktu kuliahnya. Ups…jangan salah. Banyak kok mereka yang mencari para pekerja part time dan menyediakan fasilitas fleksibel time. Jadi waktu kerja kalian disesuaikan sama jadwal kuliah kalian. Biasanya juga kalian akan diberikan dispensasi kalau misalnya ada ujian atau pun kepentingan kampus mendadak. Enak banget ‘kan?

3. Belajar Memasuki Dunia Kerja

Kami sudah menjadi seorang mahasiswa, artinya kamu sudah harus mulai berpikir dan bertindak dewasa. Walaupun kebanyakan orang tua masih menanggung biaya sekolah kalian hingga di tingkat perguruan tinggi tetapi setelah itu kalian akan terjun ke dunia kerja, lalu bagaimana? Apakah kalian bisa menerima perubahan secara spontan di dunia kerja yang pastinya lebih keras? Dengan merasakan kerja part time kalian akan belajar lebih awal untuk berada di dalam lingkungan kerja. Kalian akan merasakan apa dan bagaimana dunia kerja itu.

4. Belajar Menjadi Pribadi yang Mandiri

Kalian sudah bekerja part time dan mendapatkan hasil dari kerja keras kalian. Apakah kalian tidak bangga? Bahkan mungki kalian tidak perlu meminta uang untuk keperluan pribadi kalian kepada orang tua. Belajarlah menjadi mandiri sedikit demi sedikit sebelum nantinya kalian harus benar-bebar mandiri dan menanggung hidup orang tua kalian.

5. Pelajaran Untuk Manajemen

Jadi karena kalian udah kuliah sambil kerja, kalian harus bisa mengatur waktu dan prioritas kalian. Kalau kalian udah ngelamar kerja, kalian harus komitmen sama tanggung jawab kalian. Tapi jangan karena udah kerja kalian jadi lupain tugas dan hal pendidikan lainnya.

6. Nambah Pengalaman

Kalian akan tahu gimana susahnya cari uang. Kalian juga akan lebih menghargai cara menggunakan uang karena tahu gimana sulitnya cari uang.

Itulah manfaat kerja part time beserta perbedaan antara kerja part time, full time, dan freelance. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.
Top