Cara Mencegah Kepala Pusing Serta Pengobatannya

Komentar

kepala pusing via bodrex.com

Pusing merupakan suatu gejala yang biasanya dirasakan oleh seseorang yang sedang dalam kondisi yang kurang sehat. Namun, apakah kepala pusing sering melanda itu normal? Kenali tentang pusing di artikel ini.

Pusing adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai sensasi yang dialami, seperti limbung, kehilangan keseimbangan, atau seperti akan pingsan. Kepala Pusing dapat dialami oleh berbagai usia, namun umumnya dirasakan oleh orang dewasa.

Kepala Pusing bukanlah merupakan suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit lain yang mendasarinya. Karena deskripsi kepala pusing dapat berbeda-beda pada tiap orang, tidak selalu mudah untuk menentukan penyebab yang mendasarinya.

Meskipun biasanya bukan merupakan pertanda dari suatu penyakit serius, gejala ini tetap memerlukan pemeriksaan dokter, terutama jika terjadi secara terus-menerus hingga mengganggu kehidupan penderita.

Gejala-gejala Kepala Pusing

pusing via bodrex.com

Gejala kepala pusing sangat beragam, di antaranya:
  • Sensasi mengambang atau kepala terasa berat.
  • Sensasi limbung atau kehilangan keseimbangan.
  • Sensasi seolah-olah kondisi sekeliling bergerak atau berputar (vertigo).
  • Sensasi seperti mau pingsan.

Gejala yang dirasakan ini bisa diperparah dengan berbagai aktivitas seperti berjalan, berubah posisi dari duduk ke berdiri atau sebaliknya, atau dengan gerakan kepala.

Terkadang, kepala pusing yang dirasakan dapat terjadi secara mendadak dengan intensitas cukup parah sehingga Anda harus langsung duduk atau berbaring. Gejala yang dirasakan ini juga dapat disertai dengan mual atau muntah.

Meskipun seringkali kepala pusing tidak diakibatkan oleh penyakit yang berbahaya, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter apabila kepala pusing yang dialami disertai oleh salah satu gejala di bawah ini:
  • Sakit kepala mendadak dengan intensitas yang hebat.
  • Muntah terus menerus.
  • Gangguan penglihatan, bicara, atau pendengaran secara mendadak.
  • Leher terasa kaku.
  • Demam tinggi.
  • Pusing setelah mengalami trauma atau cidera otak.
  • Kejang.
  • Mati rasa atau kelemahan pada salah satu bagian tubuh atau lebih.
  • Pingsan.
  • Sesak napas.

Penyebab Kepala Pusing

penyebab kepala pusing via mediskus.com

Terdapat banyak penyebab kepala pusing. Kepala pusing dapat disebabkan gangguan yang mempengaruhi bagian tubuh yang bertanggung jawab dalam menjaga keseimbangan -seperti telinga bagian dalam dan mata. Vertigo merupakan salah satu penyebab kepala pusing yang umum ditemui.

Berbagai penyebab lain yang dapat menyebabkan kepala pusing antara lain:
  • infeksi telinga dalam
  • hipotensi orthostatic
  • kadar gula darah yang rendah
  • kurang cairan

Pengobatan Kepala Pusing

Pengobatan untuk mengatasi kepala pusing seringkali akan disesuaikan dengan penyakit yang mendasarinya. Salah satu metode pengobatan kepala pusing yang bisa dilakukan oleh dokter adalah melalui pemberian obat.

Dokter dapat memberikan obat pengurang rasa pusing (misalnya golongan antikolinergik), antimual, antikecemasan (misalnya diazepam dan alprazolam), diuretik (terutama untuk penderita penyakit Meniere), serta obat untuk mencegah migrain. Dokter juga mungkin akan meresepkan obat golongan antihistamin untuk mengatasi rasa pusing yang disebabkan oleh vertigo.

Selain obat, dokter juga dapat menganjurkan beberapa terapi yang bisa mengatasi kepala pusing. Terapi tersebut antara lain adalah terapi perubahan posisi kepala untuk penderita vertigo(manuver Epley), terapi keseimbangan, dan psikoterapi jika kepala pusing disebabkan oleh gangguan kecemasan.

Selain dengan obat-obatan, dokter mungkin akan menyarankan prosedur operasi untuk beberapa kondisi tertentu. Salah satunya adalah d prosedur labyrinhectomy untuk menangani kasus pusing yang disertai dengan gangguan pendengaran dan tidak berespon terhadap terapi lain.

Ini merupakan operasi pengangkatan organ perasa dan keseimbangan yang terletak di bagian dalam telinga. Organ ini disebut labirin vestibular. Setelah diangkat, maka fungsi keseimbangan akan digantikan oleh telinga yang sehat.

Cara Mencegah Kepala Pusing

mencegah kepala pusing via okaydoc.com

Kepala pusing yang tergolong ringan atau tidak disebabkan adanya penyakit di kepala sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan hal-hal berikut ini:
  • Kelola stress dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan, berenang, meditasi, aromaterapi serta melakukan spa.
  • Olah raga akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan bekerja dengan baik hal ini merupakan kunci hidup sehat yang mampu menyingkirkan berbagai penyakit salah satunya kepala pusing
  • Makanan sehat seperti perbanyak buah dan sayur akan menjaga kesehatan tubuh anda serta menghindari berbagai masalah seperti pusing. Makanan yang mengandung antioksidan juga perlu anda konsumsi guna mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh dan kepala. Serta makanan yang dapat menjaga kadar gula dan tekanan darah perlu anda konsumsi


Itulah artikel tentang kepala pusing yang wajib anda ketahui agar penanganan dapat dilakukan dengan tepat. Untuk kepala pusing yang intensitas sakitnya semakin bertambah dan berlangsung terus menerus sebaiknya konsultasi ke dokter guna mengobati penyakit yang mungkin terjadi. Semoga bermanfaat.
Top