Waspada! Kebiasaanmu Bisa Menjadi Penyebab Kenapa Kepala Sering Pusing

Komentar

kenapa kepala sering pusing via footage.framepool.com

Salah satu alasan paling sering yang menyebabkan orang dewasa pergi ke dokter adalah akibat kepala pusing. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kenapa kepala sering pusing. Bisa dari kebiasaan, pola makan yang buruk hingga pola tidur pun bisa menyebabkan kepala sering pusing.

Dibandingkan pria, wanita memang lebih sering merasa pusing dan kelelahan berat. Wanita juga rentan akan berbagai masalah kesehatan yang terbilang sepele namun sering terjadi termasuk flu, sakit kepala atau kram perut.

Ada banyak penyebab kenapa sering pusing lebih melanda wanita dibandingkan pria.

Gaya hidup, pola makan dan pengelolaan stres yang kurang baik menjadi penyebab kenapa kepala sering pusing lebih terjadi pada wanita . Selain itu, wanita yang lebih sering kepikiran dan stres membuat rasa pusing ini semakin menjadi-jadi.

Tak hanya kepala pusing yang melanda, badan lelah dan kurang fokus juga akan menyertai masalah kesehatan ini. Yuk, ketahui penyebab kenapa kepala sering pusing yang banyak terjadi.

Penyebab Kenapa Kepala Sering Pusing

Mengenai pusing sendiri, inilah beberapa penyebab kenapa kepala sering pusing.

1. Stres Berlebih

stress berlebih via unsplash.com

Stres yang terlalu sering tak baik untuk kesehatan mental maupun fisik dan bahkan berisiko berkembang menjadi depresi.

Namun pusing bukanlah di saat stres itu terjadi, melainkan pusing timbul pada saat setelah stres hilang yang kemungkinan dialami dikarenakan hormon pelawan stres telah diproduksi oleh tubuh.

Pusing yang diderita secara cukup sering setelah stres bisa jadi malah akibat dari produksi hormon tersebut. Hanya saja, karena sudah berkurang, hormon pun tak menjadi berguna dan malah membuat pembuluh darah otak melebar.

Dari situlah pusing kemudian muncul dan membuat Anda merasa tidak nyaman serta mampu menghambat rutinitas yang sedang dikerjakan.

2. Kurang Tidur


ilustrasi kurang tidur via lifehacker.com.au

Terlalu sering begadang akan berimbas pada kesehatan Anda di mana salah satunya adalah menjadi sering pusing.

Sesekali begadang tidaklah masalah, namun ketika Anda melakukannya setiap hari dijamin kepala akan mudah kliyengan dan tak heran kalau mulai merasakan sering sakit kepala. Pola tidur yang tidak teratur ini akan membuat kepala berdenyut-denyut.

Apabila memang pusing dikarenakan kurang tidur, Anda bisa mulai memperbaiki waktu tidur dan menghindari aktivitas begadang sebaik mungkin.

Tidurlah lebih awal setiap malamnya, lalu keesokannya pun jangan bangun terlalu siang, tapi rutin bangunlah pagi. Yang paling pas adalah tidur selama 8-9 jam per hari supaya Anda tak sering pusing lagi.

3. Kebanyakan Tidur

kebanyakan tidur via unsplash.com

Terlalu banyak atau keseringan tidur di mana waktu tidur melebihi 9 jam dan dilakukan terlalu sering biasanya bakal menjadikan Anda sering pusing juga.

Jadi, memang lebih baik atur pola tidur yang baik, yakni antara 8-9 jam saja, tidak kurang dan tidak lebih. Bila mulai dibiasakan pada akhirnya Anda pun akan terbiasa.

4. Olahraga Berlebihan

olahraga berlebih via unsplash.com

Kurang olahraga bisa menjadikan otot tegang dan lemak menumpuk di dalam tubuh, namun kelebihan dalam hal aktivitas fisik juga akan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Sering pusing dapat disebabkan oleh olahraga yang Anda forsir. Ketika diforsir, maka terjadilah peningkatan aliran darah di bagian leher dan otak.

Hal tersebutlah yang memicu pusing pada kepala sehingga Anda akan merasa tak nyaman. Oleh karena itulah, penting untuk melakukan olahraga secara cukup, tidak kurang dan tidak lebih seperti pola tidur tadi.

Maksimalkan latihan fisik hanya 4 kali dalam 1 minggu di mana setiap kali berolahraga hanya selama setengah jam saja.

5. Pola Makan Tidak Teratur

pola makan tidak teratur via meetdoctor.com

Biasanya, pola makan yang tak teratur ini dalam bentuk suka terlambat makan, apalagi telat sarapan. Ingat bahwa sarapan itu penting, dan bila tidak dilakukan maka akan menyebabkan sakit kepala dengan mudah akibat dari penurunan kadar gula dalam darah secara cepat di dalam tubuh.

Antara waktu makan pagi, siang dan malam hendaknya sudah Anda atur supaya tidak lagi terlambat makan dan selalu makan pada waktu yang tepat.

Makan secara teratur bakal membuat tubuh jauh lebih baik dan terhindar dari kondisi penyakit tertentu, tak terkecuali sering pusing. Makan 3 kali sehari adalah yang paling baik untuk mulai dibiasakan.

6. Makan Berlebihan

Asupan makanan yang Anda konsumsi sebaiknya juga diperhatikan karena kalau tidak maka akan menjadi penyebab kenapa kepala sering pusing.

Makan teratur 3 kali sehari bukan lantas berarti porsinya bisa sebanyak yang Anda mau. Porsi tetap harus dijaga supaya tak berlebihan karena hal ini memicu kenaikan gula darah secara drastis.

Konsumsilah makanan dengan jumlah yang cukup, dan pastikan Anda membiasakan hal ini setiap hari agar tidak menimbun lemak dan kalori serta menghindari peningkatan gula darah.

Jumlah kalori harian tersedia informasinya untuk bisa Anda lihat dan ikuti. Jadi, perhatikan setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dalam porsi yang benar.

7. Dehidrasi

dehidrasi sehingga sering pusing via pedomanbengkulu.com

Bahaya dehidrasi dapat terjadi atau dialami oleh orang-orang yang malas minum air putih banyak-banyak setiap harinya. Seringnya pusing sebelah atau migrain bisa juga disebabkan oleh dehidrasi ini.
Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda perlu mengonsumsi cairan sebanyak-banyaknya, di mana takarannya adalah 2 liter sehari.

Air putih adalah cairan yang paling sehat dan memang dibutuhkan oleh tubuh demi mencegah gangguan kesehatan apapun. Bahaya akibat kurang minum air putih cukup berisiko, jadi Anda perlu mulai menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

Air putih adalah yang terbaik karena memang dianggap paling murni sehingga sangat baik bagi tubuh dan menjaga kesehatannya.

8. Diet Ketat

Apakah Anda tengah melakukan sebuah program diet ketat yang kurang sehat? Bisa jadi ini adalah pemicu dari kepala yang sering pusing. Ketika Anda mengikuti tips diet sehat, yakni dengan memenuhi gizi serta nutrisi yang benar, maka pusing-pusing dijamin tak akan terjadi.

Namun bila Anda kurang mengonsumsi makanan bergizi, ini bisa menyebabkan sakit kepala.

Selama diet, pastikan Anda tidak kebanyakan olahraga dan hanya makan super sedikit di mana makanan itupun tak ada gizinya.

Ini jelas akan membuat Anda tak sekadar pusing tapi juga lemas setiap harinya. Makanlah makanan yang benar, seperti buah dan sayur supaya tubuh mendapatkan nutrisi penting untuk kinerjanya.

9. Konsumsi Junk Food

junk food via fredenricknewspost.com

Percaya atau tidak, mengonsumsi junk food tak hanya menjadi penyebab penyakit-penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes maupun darah tinggi.

Obesitas juga bukanlah satu-satunya bahaya dari mengonsumsi junk food yang perlu Anda khawatirkan. Sering pusing bisa jadi dipicu oleh seringnya Anda makan makanan tak sehat.

Makanan sampah adalah yang paling buruk untuk tubuh, jadi mulailah jauhi makanan-makanan yang demikian. Contoh makanan seperti makanan ber-MSG tinggi, makanan yang menggunakan pengawet, serta makanan-makanan instan hendaknya mulai dikurangi.

Mengonsumsinya setiap hari justru hanya akan menambah penyakit, bukan hanya pusing, melainkan juga kondisi lainnya yang lebih parah.


10. Konsumsi Kafein

konsumsi kafein via meetdoctor.com

Untuk para pecinta kopi atau minuman yang berkafein terlalu sering dan terlalu banyak maka tidak heran kalau akhirnya malah menimbulkan pusing-pusing.

Jika Anda kerap merasakan sakit kepala belakang, ini kemungkinan ada hubungannya dengan minum kopi terlalu sering. Pusing yang berkepanjangan harus diwaspadai apalagi kalau sumbernya adalah dari kopi.

Kopi selalu mengandung kafein di mana kafein inilah yang memicu ketegangan pada sistem saraf Anda. Tak hanya memicu gangguan saraf saja, tekanan darah tinggi menjadi salah satu ancaman bagi Anda.

Jenis-jenis penyakit jantung yang mungkin Anda tahu pun berpotensi berawal dari minum kopi setiap hari dan pada takaran yang terlalu berlebihan.

11. Terlalu Sering di Depan Layar Komputer

menatap layar komputer via aura.tabloidbintang.com

Merasakan pusing setiap hari dan terlalu sering? Bisa jadi ini adalah akibat dari kebiasaan Anda berada di depan layar komputer terlalu lama.

Tanpa memandang waktu tidur yang benar, lalu entah itu mengerjakan pekerjaan atau bermain game, hal ini jelas akan memengaruhi kondisi mata dan otak Anda.

Tegangnya otak dan bagian mata adalah yang paling utama di sini sehingga Anda akan merasa pusing. Didukung dengan kurang istirahat serta pola makan tak teratur, Anda akan menjadi jauh lebih mudah pusing.

Maka hendaknya Anda mulai mengurangi aktivitas di depan komputer untuk alasan apapun supaya kesehatan Anda tidak terganggu.

12. Merokok Berlebihan

Bahaya merokok bagi kesehatan tampaknya sudah tak perlu diragukan lagi karena setiap orang tahu betul akan hal ini. Namun beberapa orang dengan kebiasaan merokok aktif, akan sulit memang untuk menghentikan kebiasaan ini.

Bagi Anda yang cukup sering pusing, merokok berlebihan adalah salah satu faktor penyebabnya sehingga mulailah untuk membatasi atau menghindari kebiasaan ini.

13. Hormon

Apakah Anda seorang wanita dan merasakan bahwa penyebab kenapa kepala sering pusing di waktu tertentu khususnya saat sedang masa menstruasi? Pengaruh sistem hormonal pada tubuh Anda akan memainkan peran penting dalam hal ini. Saat sedang datang bulan, di dalam tubuh wanita ada kenaikan hormon estrogen.

Peningkatan hormon wanita tersebut cukup banyak dan drastis sehingga akhirnya mengakibatkan sering pusing. Karena penyebab ini merupakan hal yang alamiah, Anda tak dapat menghindarinya, apalagi menghindari siklus datang bulan itu sendiri.

Untuk meredakan sakit kepalanya, Anda bisa coba mengonsumsi obat khusus sakit kepala saja supaya tidak mengganggu kegiatan Anda.

14. Sambaran Petir

ilustrasi petir via kanjengpetir.com

Sambaran petir dari namanya saja sudah mengerikan, tapi memang salah satu yang menyebabkan kepala sering pusing justru adalah faktor ini.

Ketika musim hujan, ditambah lagi Anda sedang berada di luar ruangan, dan juga sudah ada riwayat sakit kepala kronis akan mudah untuk mengalami pusing ketika petir menyambar paling tidak 21 mil dari lokasi Anda berdiri.

Gelombang elektromagnetik bakal dikeluarkan atau ditimbulkan oleh petir sehingga akan membuat bagians saraf pusat atau otak Anda terserang.

Sebagian orang mungkin pernah mengalami hal ini dan baik-baik saja karena efek pusing hanya sebentar. Namun, ada juga beberapa kasus di mana sakit kepala karena petir bisa mengakibatkan kematian.

15. Konsumsi Minuman Beralkohol

minuman beralkohol via hellosehat.com

Mengonsumsi minuman beralkohol, khususnya yang berkadar tinggi tak baik untuk kesehatan apalagi sering-sering diminum. Telah diteliti bahwa konsumsi alkohol secara berlebihan bakal menyebabkan pusing, apalagi anggur merah.

Efek anggur putih malah justru tak separah anggur merah karena anggur merah inilah penyebab kenapa kepala sering pusing kalau mengonsumsi tanpa dibatasi.

Itulah sedikitnya penyebab kenapa kepala sering pusing dan seolah berputar-putar. Selain penyebab di atas, penyebab lain dari pusing antara lain adalah infeksi di rongga telinga, gejala flu, gula darah rendah, menopause, risiko vertigo dan risiko penyakit mematikan seperti kanker. Semoga informasi ini bermanfaat.

Agar terhindar dari pusing, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, miliki istirahat cukup, olahraga cukup dan penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.
Top