5 Jamu Pelancar Haid yang Sudah Terbukti Ampuh Sejak Zaman Dulu

Komentar
jamu pelancar haid via diszajantikaherbal.com

Haid, datang bulan, menstruasi, tamu bulanan, atau apapun sebutannya adalah keadaan yang pasti dirasakan dan dijalani oleh perempuan, mulai akil balik hingga umur 40an-50an. Hal tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan pada perempuan. Perempuan mengalami pendarahan dari vagina selama kira-kira 2-7 hari. Namun ada juga yang lebih dari itu. Hal ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.

Namun, ada beberapa wanita yang mengalami haid tidak lancar. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk minum jamu pelancar haid.

Baca Juga : Cara Memperlancar Haid dan Bahayanya Jika Haid Anda Sering Tidak Lancar

Jamu pelancar haid biasanya dibuat menggunakan ramuan tradisional sangat baik digunakan oleh para wanita yang sering mengalami datang bulan terlambat. Selain mudah dibuat, murah, dan juga aman dari bahan kimia.

Jamu Pelancar Haid dari Bahan Alami

Selain dengan mengonsumsi obat melancarkan haid yang dapat Anda beli di apotek, Anda juga dapat melancarkan haid yang tidak teratur dengan mengonsumsi jamu pelancar haid alami.

Anda bisa buat jamu pelancar haid ini sendiri di rumah. Beberapa ramuan herbal alami untuk melancarkan haid yang dapat Anda buat sendiri di rumah diantaranya:

1. Kunyit

ilustrasi jamu pelancar haid kunyit via cookpad.com

Minuman pelancar haid yang pertama dianjurkan untuk Anda konsumsi adalah ramuan kunyit. Didalam ramuan kunyit terdapat berbagai kandungan berkhasiat. Kandungan didalam kunyit yang dapat Anda temukan yaitu curcuminoid dimana kandungan ini dipercaya cukup efektif untuk membantu mengangkat sel-sel asing pada tubuh sekaligus juga menjadi detoksifikasi alami.

Dengan mengonsumsinya darah haid akan lebih lancar dan nyeri haid juga akan teratasi secara berangsur-angsur.

Cara membuat ramuan kunyit untuk meredakan nyeri haid dan melancarkan haid sangat mudah. Pertama-tama Anda siapkan kunyit kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diparut. Setelah itu rebus dalam air mendidih dan saring setelah mendidih. Air rebusan kunyit yang telah disaring tersebut Anda konsumsi secara rutin 3 kali sehari sebelum dan sesudah haid.

Seperti yang sudah diketahui oleh orang-orang, kunyit adalah sebuah tanaman ajaib yang memiliki berbagai macam kegunaan lainnya seperti sebagai obat amandel bengkak dan obat demam.

2. Kencur

ilustrasi ramuan jamu kencur via khasiat.co.id

Selain ramuan kunyit, Anda juga dapat mengatasi masalah haid yang tidak lancar dengan menggunakan ramuan kencur.

Cara membuat ramuan kencur juga sangat mudah. Pertama Anda siapkan dua potong kencur sebesar ibu jari, sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan ½ sendok teh daun adas. Selanjutnya Anda rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas saja. Selanjutnya saring airnya dan konsumsi 2 kali sehari setiap pagi dan sore masing-masing ½ gelas tiap kali Anda konsumsi.

Kencur yang tersisa juga bisa dikonsumsi sebaga obat batuk kering dan obat meriang.

3. Air rebusan asam jawa

ilustrasi air rebusan asam jawa via lifestyle.okezone.com

Didalam air rebusan asam jawa akan Anda temukan kandungan potasium yang cukup tinggi. Hal ini tentu menjadikan air asam jawa sangat baik untuk membantu Anda mempercepat proses peluruhan sel endometrium dan membantu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim.

Ramuan air asam jawa yang Anda konsumsi bahkan berguna memberikan efek astringent yang sangat baik dalam meredakan masalah yang berkaitan dengan haid.

Anda yang mengalami masalah haid tidak lancar atau nyeri ketika haid, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat pelancar haid di apotek atau dengan memanfaatkan ramuan tradisional di atas untuk mengatasi haid. Dapatkan manfaatnya dengan mengonsumsinya secara rutin sebelum dan sesudah haid. Tunjang juga dengan mengonsumsi berbagai makanan pelancar haid.


Demikian artikel tentang jamu pelancar haid. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika tidak berhasil, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter. Mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan.
Top