Istri, Lakukan 8 Hal ini Agar Suami Berhenti Merokok

Komentar

Gambar dilansir dari plus.google.com

Bagaimana cara agar suami berhenti merokok?

Ada banyak hal yang tidak akan membantu perokok untuk berhenti, seperti mengomel dan memarahinya. Namun 8 cara ini bisa anda lakukan agar Suami berhenti merokok.

Merokok sudah menjadi kebiasan buruk ditengah-tengah masyarakat kita.

Sebagai istri yang baik, Anda tentunya ingin membantu suami menjalani hidup yang lebih sehat tanpa merokok.

Ketika kita memiliki keluarga atau bahkan suami perokok, begini cara yang bisa Anda lakukan agar mereka berhenti merokok:

1. Berdoalah, minta kepada Allah SWT

Kebiasaan merokok adalah sebuah penyakit yang tak pernah di sadari, maka sudah seharusnya seorang istri memohon pada Allah agar suami disembuhkan dari penyakit kecanduan rokoknya.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu membacakan doa perlindungan kepada salah seorang (anggota) keluarga beliau (dengan) mengusapkan tangan kanan beliau dan beliau membaca (doa):

« اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِى ، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا »

“Ya Allah Rabb (pencipta dan pelindung) semua manusia, hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah, Engkau adalah asy-Syaafi (Yang Maha Penyembuh), tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan (dari)-Mu, kesembukan yang tidak meninggalkan penyakit (lain)” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Lakukan komunikasi dengan suami 

Ingatkan suami tanpa menceramahinya, karena diceramahi merupakan sesuatu yang cukup menyebalkan.

Ada banyak hal yang bisa Anda dilakukan ketika mengigatkan suami tanpa harus menceramahinya.

Bila kecanduan rokok pada suami Anda telah terlalu parah serta memerlukan pengeluaran yang cukup besar, obrolkan masalah tersebut dengannya.

Dengan memilih waktu yang tepat supaya tak menjadikan salah faham.

3. Berikan kebebasan yang terkontrol

Anda berikan kebebasan pada suami guna dapat melakukan hobinya merokok, akan tetapi bukan kebebasan yang tanpa batasan, melainkan berserta tanggungjawab.

Diantaranya seperti, mintalah suami merokok ketika jauh dari penglihatan anak-anaknya.

Dengan begitu dia dapat sadar, bahwa dengan hobi merokok tersebut membuatnya menjadi jauh dari keluarga.

4. Berusaha ada disampingnya

Temani suami Anda saat ia sedang melakukan hobinya merokok, dengan cara tersebut Anda bisa menambah keharmonisan dengan suami Anda.

Umumnya lelaki senang merokok bersama teman-teman.

Bisa saja dengan begitu suami dapat merasa segan dengan kehadiran Anda tersebut menjadikan kebiasan merokok suami dapat berhenti seketika.

5. Jelaskan pada suami rokok banyak mudharatnya

Dengan cara menjelaskan jika sebenarnya yang ada pada sebatang rokok hanya dedaunan, yang kemudian dibakar lalu hanya menjadi sebuah asap.

BACA JUGA: Suami Kerap Tergoda Wanita Lain? Pakai Solusi yang Diberikan Rasulullah SAW ini

Maka bukankah yang dihisap itu cuma sebuah asap yang dapat mengotori jantung serta paru-paru dan itu lama-lama dapat menjadikan sebuah penyakit.

6. Ingatkan bahwa orang lain juga dalam bahaya 

Dengan menjelaskan efek sampingnya bila merokok yang juga dapat memberikan dampak buruk bagi orang-orang disekitar si perokok tersebut.

Orang yang tidak merokok sangat dirugikan oleh asap rokok, karena asap rokok akan terhisap oleh siapa saja yang berada dekat si perokok.

Bahkan dampaknya lebih berbahaya bagi kesehatan orang lain.

7. Cobalah menghitung kerugian bersama suami

Memberikan kalkulasi tentang kerugian yang diakibatkan borosnya pengeluaran ketika membeli rokok selama seminggu, sebulan, bahkan setahun.

Bisa saja biaya besar tersebut bila dipakai guna modal usaha pastinya dapat lebih berarti bagi kehidupan anak ataupun keluarga.

8. Bersabar dan lemah-lembutlah

Dengan menasehatinya dengan sabar serta dengan kata yang lembut, sebab bila menasehati dengan rasa jengkel pastinya nasehat dari istri tak membuatnya dapat berhenti merokok, namun malah sebaliknya.

Maka dengan kesabaran menasehatinya akan memberikan dampak yang positif.

Namun memang tak gampang bagi seorang istri dapat membujuk suami untuk dapat berhenti merokok, bisa saja hal tersebut membuat suami malah marah tapi tak ada salahnya bila seorang istri mencobanya, siapa tahu suami tercintanya sadar dan mau berhenti merokok.


Jangan pernah bosan memberi motivasi serta masukan terhadap suami, kembalikan semua kepada Allah, karena Dialah Yang Maha Menyembuhkan segala macam penyakit manusia, dan tidak ada kesembuhan bagi mereka kecuali kesembuhan (dari)-Nya.
Top