Ini Ancaman dari Allah Bagi Orang yang Tak Mau Memberi Maaf, Ngeri...

Komentar

Gambar ilustrasi orang-orang yang tak mau memaafkan dilansir dari inilah.com

Sesakit apapun hati kita, maafkanlah

Jika tidak, hukuman dari Allah ini malah yang akan kita dapatkan kelak.

Memang tak semudah perkataan, tak semudah membalikkan telapak tangan memaafkan kesalahan orang yang berbuat jahat pada diri kita.

Namun kita tetap harus tetap memaafkan dengan iklas orang tersebut, terlebih  ketika dia sudah meminta maaf kepada kita.


Gambar ilustrasi orang-orang yang tak mau memaafkan

Mengapa demikian? Karena janji Allah kepada orang yang tak memberi maaf sungguh mengerikan.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah  bersabda:

“Barangsiapa yang didatangi  saudaranya yang hendak meminta maaf ,hendaklah memaafkannya,apakah ia berada dipihak  yang benar ataukah yang salah, apabila tidak melakukan hal  tersebut (memaafkan) , niscaya tidak akan mendatangi telagaku (di akhirat)” (HR Al-Hakim)

Orang yang tidak mau memaafkan saudaranya bahkan ketika dia sudah meminta maaf, Allah tidak akan memasukkannya ke surga.

وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

… dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin Allah mengampunimu? Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang” (QS. an-Nur :22)

Janji Allah ini pasti. Maka dari itu, maafkanlah saudaramu yang berbuat salah. Karena Allah juga menjanjikan balasn kebaikan bagi orang yang memaafkan.

BACA JUGA: Seperti Inilah Gambaran Ngerinya Yaumul Hisab! Yakin Masih Mau Menunda Taubat?

“Barangsiapa memaafkan saat dia mampu membalas maka Allah memberinya maaf pada hari kesulitan” (HR Ath-Thabrani)

“Barangsiapa senang  melihat bangunannya  dimuliakan, derjatnya di tingkatkan , maka hendaklah dia mengampuni  orang yang bersalah kepadanya, dan menyambung (menghubungi) orang yang pernah  memutuskan hubungannya dengan dia“ (HR Al-Hakim)

“Jika hari kiamat tiba , terdengarlah suara panggilan, “Manakah  orang-orang yang suka mengampuni dosa  sesama manusianya?” Datanglah kamu kepada Tuhan-mu dan terimalah pahala-pahalamu .Dan menjadi hak setiap muslim  jika ia memaafkan kesalahan orang lain untuk masuk surga.” (HR  Adh-Dhahak dari ibnu Abbas Ra)

Maka dari itu janganlah kita bersikukuh untuk enggan memaafkan orang lain, karena akan menyebabkan dosa kita tidak pernah diampuni oleh Nya.

Dan maafkanlah orang yang menyaikiti dengan sepenuh hati dan iklas kepada Allah, maka ganjaran-ganjaran surga yang akan kita dapatkan.
Top