Harga Telur Selangit, Ganti Dengan 5 Makanan Tingi Protein ini

Komentar

Gambar telur ayam dilansir dari merdeka.com

Harga telur naik memang bikin susah...

Apalagi ibu rumah tangga harus pinter-pinter menagtur pengeluaran belanja.

Namun jangan hawatir, untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga, anda bisa mengakalinya dengan makana-makanan ini.

Terhitung sejak Jumat pekan lalu, harga telur ayam di pasar sudah mengalami kenaikan.

Di Pasar Palmerah misalnya, harga telur ayam tembus hingga Rp 29.000 per kilogram. Bahkan, ada yang menjual hingga harga Rp 32.000 per kg di tingkat eceran.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri. Dia menyatakan bahwa melonjaknya harga telur di pasaran bukan terjadi dalam waktu dekat ini.

Namun, dalam beberapa hari terakhir ini kenaikan harganya sangat tinggi.

"Persoalan telur ini sebenarnya bukan satu dua hari saja, melainkan sudah cukup lama. Cuma memang dalam minggu ini kenaikannya lebih agresif dibandingkan sebelumnya yang kenaikannya bisa 300 sampai 500 perak," tutur Abdullah seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (16/7/2018).

Sebagai konsumen telur ayam, tentunya kenaikan harga ini akan memberatkan bagi anda. Apalagi jika jatah uang belanja harus anda hemat.

Memang, telur merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein baik untuk tubuh.

Namun jangan hawatir, anda juga bisa mengakali dengan makanan pengganti yang bisa jadi lebih murah dan sama bergizinya. Serta bermanfaat bagi tubuh sepeti yang terkandung dalam telur ayam.

Berikut makanan pengganti telur yang sama bergizi dan bermanfaatnya bagi tubuh;

1. Daging hewan



Daging sapi, ayam ataupun daging unggas lainnya merupakan salah satu makanan pengganti telur yang memiliki protein dalam jumlah banyak. Meskipun daging punya kandungan lemak jenuh yang tinggi, tapi kalau mengonsumsinya dalam takaran yang cukup tidak akan menyebabkan efek tertentu pada tubuh.

Mengapa tidak boleh makan daging banyak-banyak? Pasalnya, lemak pada daging akan membuat penumpukan plak pada dinding ateri yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Walau begitu, semua jenis daging tidak hanya mengandung protein tinggi, tapi juga memiliki kandungan zat besi baik untuk melancarkan peredaran oksigen dalam tubuh.

2. Ikan



Selain telur dan daging, ikan juga punya sumber nutrisi serupa yang sama dibanding dengan keduanya.

Tidak hanya ikan, sumber protein lain juga bisa didapat dari makanan laut lainnya seperti kerang dan tiram.

Pada kandungan ikan salmon, ikan nila dan ikan tuna terdapat 21 gram protein per porsinya, yang jumlahnya sudah mencukupi kebutuhan protein tubuh sehari-hari.

3. Produk makanan dan minuman berbahan susu



Susu dan bahan makanan lain yang juga terbuat dari susu, bisa menjadi salah satu makanan pengganti telur yang aman dan baik untuk tubuh.

Ada keju, yoghurt, keju cottage dan masih banyak lainnya. Masing-masing makanan berbahan susu tersebut, memiliki protein dalam jumlah yang cukup serta dapat menjadi sumber kalsium baik bagi tubuh.

Contohnya dalam satu cangkir keju cottage mengandung 24 gram protein, sedangkan yoghurt memiliki protein sebanyak 20 gram per porsinya.

BACA JUGA: Hobi Makan Tanpa Harus Takut Gemuk itu Gampang, Ikuti Tips Ini

4. Olahan biji gandum



Olahan biji gandum utuh seperti tepung gandum, roti gandum dan pasta gadum mengandung sejumlah protein dan berbagai nutrisi lainnya.

Pada 100 gram olahan biji gandum mengandung sekitar 12,5 gram protein.

Tapi sayang, tidak sama halnya dengan telur, biji gandum memang mengandung protein, tapi tidak semua kandungan protein ada di dalamnya. Salah satu contoh protein yang kurang adalah kandungan asam amino esensial, namun olahan bii gandum masih sehat dan bergizi untuk dijadikan makanan pengganti telur.

5. Tahu


Tahu adalah olahan dari kedelai yang digadang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dari dalam tubuh.

Karena kandungan dari kedelai yang telah dimodifikasi menjadi bahan makanan lain, secara genetik dapat mengubah kadar kolesterol jahat menjadi kolesterol baik.

Nah, itulah 5 makanan pengganti telur yang bisa anda coba! Semoga bermanfaat.
Top