Hancur Berantakan, Berikut 4 Fakta Ledakan yang Terjadi di Ruko Kebayoran Baru

Komentar

Foto: Yulida Medistiara dilansir dari detik.com

Heboh ledakan kebayoran baru...

Tepat tadi pagi terjadi ledakan di daerah kebayoran baru, tentu hal ini membuat publik bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Berkiut fakta-fakta ledakan yang terjadi.

Ledakan terjadi di ruko di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ledakan itu tepatnya terjadi di Ruko Grand Wijaya Center, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (12/7/2018) sekitar pukul 04.30 WIB

Ledakan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah di ruko tersebut. Kondisi ruko hancur di bagian depan dan benda-benda di dalamnya terlontar berantakan di luar ruko.

Berikut fakta- fakta kejadian ledakan tersebut:

1. Ledakan diduga berasal dari tabung gas.


Foto: Yulida Medistiara

Ledakan diduga karena gas. Polisi tidak menemukan bahan peledak.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Indra Jafar mengatakan, kebocoran tabung gas itu karena adanya gangguan regulator.

"Pemicu karena kesalahan regulator, percikan api bisa dari saklar lampu atau AC atau kulkas karena on-off otomatis, itu jadi pemicu jadi ledakan cukup besar," kata Indra.

2. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.


Foto: Yulida Medistiara

Polisi menyebut tidak ada korban jiwa akibat ledakan itu.

"Tidak ada (korban)," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Stefanus Tamuntuan seperti dilansir dari detikcom, Kamis (12/7/2018).

3. Ledakan mengakibatkan 3 ruko dan 1 mobil rusak


Foto: Yulida Medistiara

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ledakan menyebabkan tiga ruko dan satu mobil rusak parah.

Seorang pedagang dan satu orang penduduk di depan ruko terjadinya ledakan mengalami luka-luka akibat terkena pecahan kaca.

4. Garis polisi dipasang 30 meter dari tempat kejadian


Foto: Yulida Medistiara

Lokasi ledakan hingga kini masih disterilisasi, polisi mengantisipasi semua kemungkinan. garis polisi di pasang di sekitar kejadian perkara.

BACA JUGA: Hoax, Foto Mata Merah & Pembuluh Pecah Akibat Main Ponsel, Ini Penjelasan Dokter

Perlu diketahui, inilah penyebap tabung gas bisa meledak:

Pertama. Buruknya kualitas komponen kompor, tabung dan aksesorisnya seperti selang, regulator dan katup masih menjadi faktor utama.

Banyak kebakaran rumah yang terjadi disinyalir karena ledakan tabung elpiji, namun sebenarnya bukan karena kualitas tabung gas yang buruk, melainkan karena hal-hal ini.

Kedua. peletakan tabung gas pada ruangan yang kurang ventilasinya.

Kurangnya ventilasi mengakibatkan ketika gas bocor maka akan memenuhi ruangan, sehingga potensi kebakaran akibat arus listrik dan lain-lain semakin meningkat.

Kemudian ketiga, akibat kecerobohan pengguna atau konsumen yang diakibatkan pada kurangnya pengetahuan tentang keamanan.
Top