Kumpulan Ayat dan Hadist Tentang Zina, Renungkan Dosa - dosa Kita

Komentar

Jangan dekati zina via wajibbaca.com

Dizaman modern seperti sekarang zina hampir merupakan hal yang biasa, banyak orang yang menyepelekannya. Padahal zina merupakan perbuatan yang sangat kotor, simak ayat dan hadist tentang zina berikut agar Anda menjadi sadar.

Kumpulan Hadist Tentang Zina Lengkap Tulisan Bahasa Arab dan Artinya. Daftar dalil ayat dan hadist Nabi Muhammad SAW mengenai bahaya, larangan dari perbuatan zina. Suri Tauladan Rasulullah SAW Yang Baik Adalah tentang larangan berbuat zina. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa Firman Allah SWT dan hadist tentang zina.

Hendaknya kita merenungi pesan pesan yang terkandung dalam kumpulan ayat dan hadist tentang zina, agar kita bisa menjauhi perbuatan zina itu. Seperti yang telah kita ketahui bahwa zina adalah perbuatan keji dan kotor.

Berbicara tentang zina pada zaman modern seperti saat ini perbuatan zina harusnya sangat dikhawatirkan, pasalnya banyak remaja yang terkena pergaulan bebas dan berujung kepada perbuatan zina. Oleh karena itu, kita harus mengerti tentang ayat dan hadist tentang zina, agar kita tidak sampai terjerumus kepadanya.

Untuk menghindari diri dari perbuatan zina, selain terus mendekatkan diri kepada Allah, kami juga menyajikan kumpulan ayat dan hadist tentang zina dibawah ini.


Kotor dan keji via wahdah.or.id

Kumpulan Ayat Dan Hadis Tentang Zina Terlengkap

Berbicara tentang zina pada zaman modern seperti saat ini sudahlah tidak dirisaukan lagi bahkan dianggap sepele dan sudah biasa. Zina ini merupakan salah satu dosa yang dianggap biasa oleh kebanyakan kaum Adam dan Hawa.

Mereka tidak memperdulikan dosa dan ancaman Allah terhadap para pelaku zina. Dalam kesempatan ini, kami akan berbagi tentang ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist-hadist yang berkaitan dengan zina.

Allah berfirman :

وَلَا تَقۡرَبُواْ ٱلزِّنَىٰٓ‌ۖ إِنَّهُ ۥ كَانَ فَـٰحِشَةً۬ وَسَآءَ سَبِيلاً۬ (٣٢

dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.(Al Isro’ 32).
Surat Al Furqoon 68-70

وَٱلَّذِينَ لَا يَدۡعُونَ مَعَ ٱللَّهِ إِلَـٰهًا ءَاخَرَ وَلَا يَقۡتُلُونَ ٱلنَّفۡسَ ٱلَّتِى حَرَّمَ ٱللَّهُ إِلَّا بِٱلۡحَقِّ وَلَا يَزۡنُونَ‌ۚ وَمَن يَفۡعَلۡ ذَٲلِكَ يَلۡقَ أَثَامً۬ا (٦٨) يُضَـٰعَفۡ لَهُ ٱلۡعَذَابُ يَوۡمَ ٱلۡقِيَـٰمَةِ وَيَخۡلُدۡ فِيهِۦ مُهَانًا (٦٩) إِلَّا مَن تَابَ وَءَامَنَ وَعَمِلَ عَمَلاً۬ صَـٰلِحً۬ا فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ يُبَدِّلُ ٱللَّهُ سَيِّـَٔاتِهِمۡ حَسَنَـٰتٍ۬‌ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورً۬ا رَّحِيمً۬ا (٧٠

68. dan orang-orang yang tidak menyembah Tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya Dia mendapat (pembalasan) dosa(nya),
69. (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan Dia akan kekal dalam azab itu, dalam Keadaan terhina, 70. kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

ٱلزَّانِيَةُ وَٱلزَّانِى فَٱجۡلِدُواْ كُلَّ وَٲحِدٍ۬ مِّنۡہُمَا مِاْئَةَ جَلۡدَةٍ۬‌ۖ وَلَا تَأۡخُذۡكُم بِہِمَا رَأۡفَةٌ۬ فِى دِينِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمۡ تُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ‌ۖ وَلۡيَشۡہَدۡ عَذَابَہُمَا طَآٮِٕفَةٌ۬ مِّنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ (٢

Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, Maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.(Annur 2).

Baca Juga : Zina Puluhan Kali? Berikut Amalan Penghapus Dosa Berzina Sebelum Menikah

Hukuman tersebut untuk laki-laki atau perempuan yang berzina dan belum mempunyai istri atau suami. Untuk yang sudah bersuami atau beristri maka harus dihukum Rajam hingga meninggal dunia, sebab banyak hadist sahih yang menerangkan hal itu.

Ibnu Mas’ud berkata : 

سألت رسولالله صلى الله عليه وسلم ايّ الذّنب اعظم عندالله ؟ قال ان تجعل لله ندّا وهو خلقك.قلت انّ ذلك لعظيم قلت ثمّ ايّ؟
 قال : ان تقتل ولدك خشية ان يعطم معك.قلت ثمّ ايّ؟ قال ان تزاني بحليلة جارك

Aku bertanya kepada Rosulullah Saw. : “dosa apakah yang lebih berat disisi ALLAH .” Rosul bersabda : “hendaklah kamu menjadikan sekutu pada ALLAH di saat Dialah yang menciptakanmu. Aku berkata : “sesungguhnya hal itu memang berat. Aku berkata: “lantas apalagi ? ” Rosul menjawab : “hendaklah kamu membunuh anakmu, lantaran kamu takut makan bersamamu.” Aku berkata : “ lantas apalagi ?”. rosul bersabda : “hendaklah kamu berzina dengan tetanggamu.” ( HR. Bukhori, Muslim, Annasa’i, Ahmad dan Attirmidzi).


Dosa besar via kbm-almanshurin.blogspot.com


Rosulullah bersabda : 

لايزنى الزانى حين يزنى وهو مؤمن ولايسرق السرق السارق حين يسرق وهو مؤمن ولا يشرب الخمرحين يشربها وهومؤمن.(زادالنسائ) فاذفعل ذلك خلع ربقة الايمان من عنقه فان تاب تاب الله عليه
   
Tidak akan berzina seorang dalam keadaan beriman di waktu melakukan perzinaan. Dan tidak akan mencuri seseorang dalam keadaan beriman di waktu mencuri. Dan tidak akan minum khomer seseorang di waktu beriman di waktu meminumnya.

Imam Annasa’i menambahkan sebagai berikut : “bila seseorang melakukan hal itu berarti melepaskan tali keimanan dari lehernya (dia menjadi kafir). Bila bertaubat maka ALLAH akan menerima taubatnya.” (HR. Abu Dawud dan Attirmidzi)

Rosulullah bersabda : 

مامن ذنب بعدالشرك اعظم عندالله من نتفة وضعهارجل فى رحيم لايحل له

Tidak ada dosa yang lebih berat sesudah sirik disisi ALLAH dari seorang laki-laki yang menaruh air mani di rahim wanita yang tidak halal baginya. (HR. Ibnu Abidunya)

Rosulullah bersabda :

ان السموات السبع والارضين السبع ليلعن الشيخ الزنى وان فروج النارليؤذى اهل النار نتن ريحها

Sesungguhnya tujuh pertapa langit dan tujuh bumi mengutuk kepada orang tua yang berzina dan sesungguhnya bau busuk kemaluan pelacur akan menyakitkan penduduk neraka. (HR. Al Bazzar)

Ali ra. Berkata ; pada hari kiamat, ada orang-orang mengalami bau busuk yang dikirimkan kepada mereka berupa angin kencang, sehingga orang yang baik maupun jahat akan menghirup baunya. Kejadian seperti ini telah menyebar dikalangan mereka, lantas ada suara yang memanggil ; “ apakah kamu mengetahui angin yang berbau dan menyakitimu ini ?” mereka menjawab ; “ demi ALLAH kami tidak mengetahuinya, hanya saja angin itu telah mengamuk di kalangan kita.” Lalu dikatakan kepada mereka ; “ sesungguhnya angin yang berbau busuk itu adalah bau kemaluan dari orang yang berzina, dimana mereka mati
dengan kesukaan mereka berzina, belum bertaubat.”


Stop zina via wattpad.com

Sebab-Sebab Terjadinya Zina

Ada beberapa penyebab seseorang dapat terjerumus kedalam perbuatan zina, diantaranya yaitu:

1. Berkhalwat (berdua-duaan) dengan orang yang bukan mahramnya. 

Biasanya sering dilakukan oleh dua orang yang berlabel “pacaran“. Apalagi imannya tidak ada atau bahkan ga punya iman, larangan untuk tidak mendekati zinapun diterabas.

Jika memang sedang berdua-duan, janganlah mencari-cari tempat gelap, sunyi, sepi, karena disanalah syetan berada. Bahkan di tempat-tempat umumpun tidak menutup kemungkinan, jika tidak ada iman didalam hatinya. Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Nabi saw bersabda: “Janganlah seorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang wanita (di tempat sepi) kecuali bersama mahramnya“.

2. Berikhtilath atau bercampur baurnya antara laki-laki dan perempuan. 

Sudah tidak memandang mahramnya atau bukan, yang penting nyaman dan bersahabat, mereka tak hiraukan lagi batas-batas agama. Bercampur baur antara laki-laki dan wanita yang bukan muhrimnya baik di sekolah, di acara party, kumpul-kumpul, tempat kerja, dan acara-acara lainnya tanpa ada batasan akan dapat memicu terjadinya zina.

Zina bukan hanya dalam konteks bersenggama saja, namun zina anggota-anggota badan seperti zina hati, zina pikiran, zina tangan, zina mata dan lain-lain. Inilah salah satu pergaulan bebas yang dibenci Allah yang dapat mendatangkan kemurkaanNya.

3. Memandang gambar dan melihat video-video porno. 

Semakin canggihnya teknologi, berbagai media atau sarana dalam mengundang birahi pun semakin meningkat. Dengan adanya foto-foto, gambar-gambar wanita sexy diberbagai media sosial, juga video-video yang tersebar luas dikalangan masyarakat. Sehingga memicu terjadinya zina dan gejolak nafsu birahi.

Dalam sebuah hadist dikatakan yang artinya: “Pandangan itu merupakan anak panah beracun diantara sekian anak panah iblis. Dan barangsiapa meninggalkannya karena Allah, niscaya Allah akan mewariskan lezatnya ibadah dihatinya yang dapat dirasakan sampai hari kiamat“. (HR Al-Hakim).

4. Keluarnya seorang wanita dari rumah dengan tanpa busana syar’i sesuai dengan perintah Allah SWT. 

Yakni menutupi auratnya dengan pakaian Islam. Mereka yang keluar dengan dandanan yang menarik setiap kaum Adam dan berbusana dengan busana yang minim, ketat dan tipis.

Sehingga tak banyak kaum laki-laki yang tergoda, baik hatinya, pikirannya juga anggota badan lainnya. Itu kenapa Allah mewajibkan hijab bagi perempuan muslimah, tidak lebih karena demi menjaga kehormatannya dan lebih mulia dipandang disisi Allah SWT.


Zina via akhwatmuslimah.com

Sebab-sebab yang dapat menjerumuskan pada perbuatan zina tidak hanya yang disebutkan diatas. Masih banyak lagi hal-hal yang dapat menjerumuskan kedalam perbuatan zina, seperti: berbicara dengan suara desahan yang mengundang nafsu birahi hewani, juga berjalan dengan berlenggak
lenggok, dan masih banyak lainnya.

Yang disebutkan diatas hanyalah sebagai contoh agar kita dapat bercermin dengan hal-hal apa saja yang telah kita lakukan. Semoga kita dapat mengoreksi dan intropeksi diri kita masing-masing.

Itulah beberapa ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tentang zina juga sebab-sebab terjadinya zina. Semoga sebagai seorang muslimah, kita dapat menundukkan pandangan dari segala hal-hal yang dapat menjerumuskan kita kedalam perbuatan zina. Aamiin.
Top