Jangan Remehkan Amalan Sekecil Apapun, Bahkan Lalat Saja Bisa Membantu Masuk Surga

Komentar

Gambar lalat diolah dari netralnews.com

Jangan pernah meremehkan sekecil apapun amalan Anda baik itu jelek ataupun amal yang baik...

Bahkan hewan yang dikenal jorok dan menimbulkan penyakit bagi manusia ini sampai disebut bisa memasukkan manusia ke surga atau neraka seperti dalam hadis Nabi?

Simak baik-baik hadis berikut.

Hadits ini bercerita tentang orang yang masuk neraka hanya karena memberikan persembahan hanya berupa seekor lalat yang tidak berharga, sebaliknya yang lainya selamat karena tidak mau memberikan sesembahan tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Ada seseorang yang masuk surga karena seekor lalat dan ada yang masuk neraka karena seekor lalat pula, para sahabat bertanya:
“Bagaimana itu bisa terjadi ya Rasulullah? Rasul menjawab: “ada dua orang berjalan melewati sebuah kaum orang yang memiliki berhala, yang mana tidak boleh seorangpun melewatinya kecuali dengan mempersembahkan sesuatu untuknya terlebih dahulu, maka mereka berkata kepada salah satu di antara kedua orang tadi:
“Persembahkanlah sesuatu untuknya! ia menjawab: “Saya tidak mempunyai apapun yang akan saya persembahkan”,
mereka berkata lagi: Persembahkan untuknya walaupun seekor lalat! maka iapun mempersembahkan untuknya seekor lalat, maka mereka membiarkan ia untuk meneruskan perjalanannya, dan iapun masuk ke dalam neraka,
kemudian mereka berkata lagi kepada seseorang yang lain: Persembahkalah untuknya sesuatu! ia menjawab: ”aku tidak akan mempersembahkan sesuatu apapun untuk selain Allah, maka merekapun memenggal lehernya, dan iapun masuk ke dalam surga.” (HR. Ahmad)

Hadita ini menunjukkan bahwa seseorang terkadang terjatuh dalam kesyirikan dan ia tidak sadari, menunjukkan ia tidak peduli dan tidak mau mempelajari agama. (lihat Fathul Majid hal. 200)

Faedah yang harus kita fahami, bahwaTauhid itu sangat penting dan menunjukkah bahwa syirik itu benar-benar bahaya, walaupun sebagian manusia merasa hal ini terlihat remeh. Seperti dilansir dari muslimafiah.com

BACA JUGA: Jangan Menceritakan "ini" Kepada Siapapun Bahkan Sampai Mati Sekalipun

Kesyirikan memiliki bahaya yang amat besar dan pengaruh ini akan dirasakan di dunia dan akhirat kelak.

الَّذِينَ آَمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al An’am: 82).

وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

“Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS. An Nisa’: 116).

وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al An’am: 88).

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Az Zumar: 65).

Jenis-jenis kesyirikan cukup banyak, Maka jangan pernah meremehka hal-hal yang menimbulkan kesyirikan sekecil apapun itu di mata kita. Dan semoga tidak ada di antara kita yang terjerumus di dalamnya sedikitpun. Aamiin

Top