10 Bahaya Gigi Ompong Beserta Cara Mengatasinya

Komentar

Masalah gigi ompong via intisari.grid.id

Mempunyai gigi ompong bukanlah keinginan setiap orang. Lalu apa penyebab, bahaya dan cara mengatasinya? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

Dibalik senyum yang indah ada gigi yang sehat. Tapi jika gigi ompong menghalangi tawa ceria Anda, jangan biarkan. Ketahui penyebab dan cara mengatasi gigi ompong terlebih dahulu.

Kalau Anda kehilangan gigi di usia dewasa tentunya gak akan tumbuh lagi, Apalagi yang hilang gigi bagian depan, jadi ompong deh malu kan. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi kita agar tetap sehat

Gigi ompong menyebabkan orang menjadi kurang percaya diri untuk menampilkan keindahan senyumannya oleh karena itu, gigi ompong sangat menganggu kehidupan sehari-hari. Inilah bahaya gigi ompong, penyebab dan cara mengatasinya akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Mari kita simak bersama-sama.


Bahaya gigi ompong via pixoto.com

Bahaya Gigi Ompong:

1. Dapat Mempengaruhi Psikologis

Gigi ompong tentu saja akan mempengaruhi penampilan, terutama jika terjadi pada gigi bagian depan. Selain itu nafas menjadi kurang sedap karena akan terjadi celah yang sukar dibersihkan. Hal ini akan menyebabkan timbulnya rasa kurang percaya diri pada saat tersenyum dan berbicara dalam pergaulan sehari–hari.

2. Dapat Mengakibatkan Perubahan Pada Wajah

Bahaya gigi ompong lainnya yaitu dapat mengakibat perubahan pada wajah, yaitu pada pipi dimana gigi ompong berada. Pipi akan terlihat masuk kedalam atau kempot, sehingga wajah akan terlihat lebih tua.

3. Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan Gigi Lainnya

Gigi ompong yang tidak segera diatasi akan mempengaruhi pertumbuhan gigi lain disekitarnya. Misalnya jika gigi bawah yang ompong, maka gigi atas akan tumbuh lebih panjang dari gigi lain disekitarnya. Hal ini disebabkan karena tidak ada lawannya.

4. Dapat Mengganggu Proses Mengunyah Makanan

Gigi ompong yang tidak segera diganti akan mempengaruhi proses mengunyah makanan. Makanan yang seharusnya dikunyah dengan baik menjadi kurang halus kemudian langsung ditelan.

5. Dapat Mengganggu Pencernaan

Bahaya lain dari gigi ompong ada kaitannya dengan pencernaan. Karena proses mengunyah makanan yang terganggu membuat makanan menjadi tidak halus. Makanan yang tidak halus tetapi sudah ditelan tentu akan membuat kerja pencernaan menjadi lebih berat.

6. Dapat Mengubah Susunan Gigi

Susunan gigi lain yang berada di sekitar gigi yang ompong akan mengalami perubahan. Lambat laun gigi–gigi yang semula tumbuh rapih dapat bergeser dari posisi sebelumnya. Gigi akan menjagi miring atau renggang menempti ruang kosong yang ada disebelahnya.

7. Dapat Mempengaruhi Kebersihan Gigi

Dikarenakan pergeseran gigi yang berada disekitar gigi yang ompong, maka akan terdapat celah yang sulit dijangkau oleh sikat gigi saat proses membersihkan gigi. Hal ini beresiko munculnya timbunan plak yang akan menjadi karang gigi dan menimbulkan masalah kerusakan pada gigi. Anda dapat membaca informasi cara menghilangkan karang gigi.

8. Dapat Mengganggu Otot dan Sendi Rahang

Bahaya lainnya adalah, dapat mengganggu otot dan  sendi rahang. Misalnya gigi yang ompong ada di sebelah kanan, maka hanya sebelah kirilah yang di pergunakan untuk mengunyah makanan. Hal ini mengakibatkan kerja otot dan sendi rahang menjadi tidak seimbang. Dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan terjadinya radang sendi atau Temporomandibular Disorder.

9. Dapat Mengganggu Pengucapan Dalam Berbicara

Dalam hal berbicarapun gigi ompong akan sangat mengganggu karena terjadinya perubahan terhadap susunan dan bentuk mulut. Terjadi kesulitan pengucapan terutama pada hurus – huruf yang berdesis.

10. Dapat Mempengaruhi Nutrisi

Selain itu semua, bahaya lain dari gigi ompong adalah terhadap nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Orang dengan gigi yang ompong cenderung akan berkurang nafsu makannya dan memilih makanan yang lunak. Hal inilah yang akan mempengaruhi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.


Mengatasi ompong via youthmanual.com

Begitu banyaknya bahaya yang dapat ditimbulkan karena gigi ompong atau tanggal, oleh karena itu menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting. Selain bahaya gigi ompong, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan cara mengatasi gigi ompong.

Penyebab Gigi Ompong

Karena Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab utama gigi ompong atau tanggal adalah karena kurangnya menjaga kebersihan gigi sejak dini. Pentingnya menyikat gigi dengan benar dan teratur dapat mencegah gigi tanggal sebelum waktunya.

Menghindari kebiasaan–kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi obat–obatan juga selalu mengkonsumsi makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi, dapat menjaga gigi agar tidak cepat ompong.

Karena Kecelakaan

Penyebab lain gigi ompong adalah karena kecelakaan. Terjadi benturan keras pada gigi yang dapat menyebabkan gigi tanggal atau harus dicabut.

Karena Usia

Selain itu, faktor usia adalah salah satu penyebab gigi tanggal. Pada anak – anak biasanya gigi susu akan tanggal dan berganti dengan gigi permanen mulai usia 6 atau 7 tahun.

Sementara untuk lansia tidak ada patokan usia kapan gigi lansia mulai ompong. Pada lansia gigi ompong disebabkan karena penyakit gusi, trauma gigi, atau  penyakit medis tertentu. Anda dapat membaca informasi tentang cara merawat gigi ompong pada lansia.

Cara Mengatasi Gigi Ompong

1. Dengan Gigi Tiruan Lepas (Tidak Permanen)

Gigi tiruan lepas bersifat tidak permanen karena dapat dipasang dan dilepas secara mudah oleh penggunanya. Cara ini adalah untuk yang gigi ompongnya lebih banyak. Informasi lain yang perlu anda ketahui tentang gigi tiruan lepas adalah cara merawat gigi palsu.

2. Dengan Gigi Tiruan Cekat (Permanen)

Gigi tiruan cekat bersifat permanen. Cara ini hanya untuk gigi yang ompong sebagian. Pemasangannya dengan cara menanam (implant) akar gigi buatan yang terbuat dari bahan titanium pada tulang rahang. Akar gigi buatan ini berfungsi sebagai penyangga mahkota gigi buatan yang akan dipasang diatasnya. Anda dapat membaca informasi lain tentang implan gigi dan efek samping gigi tanam.


Gigi ompong via teknikhidup.com

Setelah kita mengetahui bahaya gigi ompong, penyebab, dan cara mengatasinya, maka alangkah baiknya jika menjaga kebersihan gigi dilakukan sejak dini. Walaupun gigi yang telah ompong atau tanggal dapat diatasi dengan gigi buatan, namun menggunakan gigi asli tetaplah lebih nyaman.

Demikianlah artikel ini kami sajikan, semoga dapat menambah wawasan dan dapat di pergunakan bagi anda yang mempunyai masalah gigi ompong.
Top