Doa Untuk Anak yang Langsung Bersumber dari Al-Quran

Komentar

doa untuk anak via rumahkeluargaindonesia.com

Layaknya Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam yang mendambakan anak dan dikaruniakan Alloh subhanahu wa ta’ala Nabi Ismail ‘alaihis salaam atau seperti Nabi Zakariyya ‘alaihis salaam yang tidak lelah terus meminta, sampai pada akhirnya, Alloh subhanahu wa ta’ala berikan Nabi Yahya ‘alaihis salaam.

Kedua riwayat kenabian masyhur di atas tak hanya terjadi karena semata-mata ikhtiar keduniawian kedua Nabi yang mulia tersebut. Tentu, ada hati yang tak pernah putus mengharap, ada tangan-tangan mulia orangtua yang tak lelah terus menjulur ke langit.

Ya, riwayat menceritakan Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam dan Nabi Zakariyya ‘alaihis salaam mengimbangi usaha duniawi mereka dengan doa untuk anak kepada Alloh.

Doa Untuk Anak di dalam Al-Qur’an

Allah Subahanahu wa Ta’ala sudah mengajarkan lafadz doa untuk anak di dalam kitab suci Al-Qur’an. Berikut adalah 4 di antaranya.

1. Doa Nabi Ibrahim Meminta Anak Keturunannya Tetap Mendirikan Sholat.

Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim, memohon kepada Allah agar Nabi Ibrahim dan anak keturunannya senantiasa menegakkan sholat.

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ
Rabbij ‘alni muqiimas sholati wa min dzurriyati, rabbana wa taqabbal du’a.

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (QS. ‘Ibrahim 14 : 40)

Shalat adalah amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. Semoga kita termasuk orang yang selalu mendirikan shalat.

2. Doa Nabi Ibrahim Meminta Anak Sholeh

Satu lagi doa dari Nabi Ibrahim untuk anaknya. Doa kali ini memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar dikaruniakan anak yang shaleh.

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Rabbi hablii minash shoolihiin.

“Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh,” (Q.S. Ash-Shaffaat: 100).

3. Doa Nabi Zakaria Meminta Anak Yang Baik

رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ
Rabbi hablii milladunka dzurriyatan thoyyibatan innaka samii’d du’a

“Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa,” (Q.S. Ali Imron: 38).

4. Doa Memohon Kebaikan Bagi Anak dan Istri

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj ‘alnaa lil muttaqiina imaamaa.

“Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa,” (Q.S. al-Furqon: 74).

Itulah doa doa untuk anak yang bersumber dari Al-Quran. Mari kita mulai mendoakan anak-anak kita agar menjadi anak-anak yang sholeh, baik, dan selalu menegakkan sholat lima waktu. Dan perbanyak doa di waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa.
Top