Lafadz Doa Sesudah Sholat Tahajud dan Tata Cara Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

Komentar

Ilustrasi via rukun-islam.com

Doa sesudah sholat tahajud merupakan doa yang dapat mengabulkan permintaan teman-teman kepada allah swt, banyak orang yang bilang siapapun yang mengerjakan sholat sunnah tahajud kemudian dilanjutkan dengan doa sesudah sesudah sholat tahajud maka Allah akan segera mengabulkan keinginan mereka.

Salah satu doa mujarab adalah doa sesudah sholat tahajud. Berikut adalah bacaan doa shalat tahajud bahasa arab, latin dan artinya lengkap.

Sholat tahajud memang bukan sholat wajib, melainkan sholat sunnah, yaitu shalat yang bila dilakukan, kita akan mendapat ganjaran dan jika tidak dilakukan maka kita tidak akan mendapat dosa. Salah satu doa mujarab adalah doa setelah sholat tahajud. Sebelum kita membahas doa sesudah sholat tahajud, kita akan membahas terlebih dahulu tentang sholat sunnah tahajud itu sendiri.

Hasil gambar untuk gambar tentang sholat tahajud
buzzinetv.com


Sholat Sunnah Tahajud:

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang di kerjakan pada waktu malam hari, yaitu setelah sholat isya sampai terbitnya fajar. sholat tahajud dilakukan setelah kita tidur pada malam hari, walaupun hanya tidur sebentar.

Jumlah rakaat pada sholat tahajud paling sedikit adalah dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas. pada rakaat kedua di barengi dengan salam. Jadi apabila melaksanakan sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka sholat tersebut bukan sholat tahajud, melainkan sholat sunnah saja, seperti sholat witir dan sholat sunnah lainya.

Berikut ini adalah firman Allah mengenai anjuran untuk menjalankan sholat tahajud yang terdapat pada Al-qur'an surat Al-Isra ayat 79.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (Q.S Al-Isra 79)

Hasil gambar untuk gambar tentang sholat tahajud
duniabaca.com

Sholat tahajud juga mempunyai banyak manfaat atau keutamaan salah satunya adalah terkabulnya doa-doa yang kita panjatkan. Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud alangkah baiknya membaca zikir atau wirid kemudian di lanjutkan dengan membaca doa sesudah sholat tahajud. Inilah doa sesudah sholat tahajud, lengkap dengan arti dan tata caranya.


Tata Cara Sholat Tahajud
Mengenai cara sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah umumnya yaitu sebagai berikut :

1. Membaca niat sholat tahajud dengan suara yang pelan saja, diikuti dengan artinya di baca dalam hati.
Niat sholat tahajud:

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ

Artinya:
"Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala."

2. Setelah membaca niat dilanjutkan dengan membaca takbir, (membaca Allahhuakbar) sambil tangannya di angkat ke atas

3. Kemudian membaca doa iftitah (sunah)

4. Lalu membaca surat alfatihah, setelah alfatihah membaca surat pendek yang ada dalam Al Qur’an yang telah dihafal, seperti surat Al Ikhlas, Annas, Alfalaq, dan lain-lain

5. Kemudian lanjutkan seperti pada langkah langkah sholat pada umumnya. Seperti rukuk, sujud, hingga salam.

Setelah salam disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca doa sesudah sholat tahajud.

Doa Sesudah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab Lengkap:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya :
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Video Bacaan Doa Sesudah sholat Tahajud: 



Itulah tata cara dan doa sesudah sholat tahajud, dengan membaca artikel ini kita juga dapat mengetahui lebih dalam tentang sholat tahajud, dan kita juga bisa mengetahui bahwa jika kita selalu mengerjakan sholat tahajud kemudia setelahnya di lanjutkan dengan membaca wirid dan doa sesudah sholat tahajud maka keinginan kita akan segera terwujud.

Semoga artikel ini bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya, dan semoga kita selalu dalam perlindungan Allah swt. Amin
Top