Baca Doa Sebelum Belajar dan Doa Sesudah Belajar agar Ilmu Barokah

Komentar

doa sebelum belajar via arwini.com

Setiap insan muslim wajib untuk senantiasa belajar. Pria dan wanita, anak-anak hingga remaja dan dewasa sekalipun tidak ada batasan untuk menuntut ilmu, karena ini adalah perintah Allah SWT kepada hamba-Nya.

Mulai dari nabi pertama sekaligus manusia pertama yang diciptakan Allah SWT, Nabi Adam a.s dan Siti Hawa, hingga nabi penutup yaitu junjungan kita Muhammad SAW. Bisa kita saksikan bahwa sejak awal mula manusia, yang merupakan hamba-hamba Allah SWT senantiasa diperintah untuk belajar.

Berikut ini adalah hadits yang menganjurkan kita untuk mencari ilmu.


طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya:
"Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan." (H.R. Al-Baihaqi)

Dari hadist diatas di jelaskan bahwa belajar atau mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik itu laki-laki maupun perempuan. Namun sebelum belajar atau mencari ilmu kita dianjurkan untuk berdoa, supaya dimudahkan dalam belajar, agar ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang disekitar.

Ada pribahasa yang mengatakan “carilah ilmu sampai ke negri cina”, akan tetapi sebelum kamu menuntut ilmu atau mau belajar jangan lupa untuk membaca doa sebelum belajar dan doa selesai belajar.

Tujuan membaca doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar supaya  dipermuda dalam belajar, agar ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang yang berada di sekitar kita.

Doa Sebelum Belajar

Belajar atau menuntut ilmu sangatlah penting bagi umat islam, baik ilmu yang bersifat dunia maupun ilmu agama. Berikut ini adalah doa sebelum belajar  lengkap dengan latin dan artinya yang wajib kamu baca setiap akan belajar.


ilustrasi doa sebelum belajar via doaharianislami.com

Latinnya :
Rodlittu billahirobba, wabi islamidiina, wabimuhammadin nabiyyaw-warasulla. Robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya :
Kami ridhoi Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.

Doa sebelum belajar diatas itu berisi mengenai ucapan terimakasih kita kepada Allah karena telah dilahirkan sebagai orang Muslim.

Selain doa di atas, kamu juga bisa mengamalkan doa lainnya sebagai permohonan supaya diberi kemudahan dalam pembelajaran. Atau akan lebih baik bila diamalkan keduanya. Berikut ini lafal dan artinya.


ilustrasi doa sebelum belajar via fontaines-aux-images.blogspot.com

Latinnya :
Rabbii zidnii ‘ilmaan, warzuqnii fahmaan, waj’alnii minash-shaalihiin.

Artinya :
Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia agar dapat memahaminya, dan jadikanlah aku masuk ke dalam golongan orang-orang yang shaleh.

Kedua doa sebelum belajar di atas dapat dibacakan baik ketika kita menuntut ilmu dunia maupun ilmu agama. Berdoalah sebelum belajar agar kegiatan yang kita lakukan dapat menjadi amal sholeh barokah dan kita dapat diberikan kemudahan dalam memahami apa saja ilmu yang kita terima.

Selain itu, jika kita hendak mengaji ada juga doa khusus yang bisa kamu bacakan, agar apa yang kita dapat dari majelis ilmu bisa berguna di dunia, dan menjadi pahala kelak nanti di akhirat.

Doa Sebelum Belajar Mengaji

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latinnya :
Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya :
“Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Doa Sesudah Belajar

Setelah melakukan kegiatan belajar mengajar yang diawali dengan membaca doa sebelum belajar. Setelah selesai belajar pun kita kembali dianjurkan untuk kembali membaca doa selesai belajar.

Tujuan dari membaca doa selesai belajar ini agar ketika kita mengawali sesuatu dengan doa, maka kita pun harus mengakhiri sesuatu dengan doa sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Selain itu, doa selesai belajar ini menjadi penolong kita supaya ilmu yang didapat memang ridho Allah.

Biasanya, kita ketika selesai belajar pasti membaca surat Al-Fatihah sebagai penutup, agar lebih afdol bisa ditambahkan doa berikut sebagai doa sesudah belajar yang sesuai dengan sunnah.


ilustrasi doa setelah belajar via doaharianislami.com

Latinnya :
Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

Selain doa di atas, Anda juga dapat mengamalkan doa setelah belajar dengan lafal berikut ini.


ilustrasi doa sesudah belajar via doaniatsholat.blogspot.com

Latinnya :
Allohumma arinal haqqo haqqon, warzuqnattibaa’ahu. Wa arinalbaathila baa-thilan warzuqnaj-tinaabahu.

Artinya :
Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, agar kami dapat mengikutinya. Tunjukkanlah kepada kami keburukan agar kami dapat menjauhinya.

Selain kedua doa di atas, ini juga doa yang dapat Anda amalkan setelah belajar.


رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Latinnya :
Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya :
"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Adab Berdoa

ilustrasi berdoa via muslimahzone.id

Agar doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT,  maka islam mengatur tentang etika ataupun adab ketika berdoa. Beberapa adab saat berdoa adalah sebagai berikut :

  1. Mengawali doa dengan menyebut nama Allah dan memuji-Nya serta tidak menyebut langsung tujuan kita memohon
  2. Mengulang-ulang doanya minimal 3 kali,  tanpa jemu atau bosan
  3. Menghadap kiblat dngan perasaan penuh rasa takut dan rendah diri di hadapan Allah SWT sang penciptanya
  4. Mengangkat kedua tangan dan mengucapkan doa dengan suara lembut (tidak berteriak-teriak,  atau bersuara keras)
  5. Bertaubat dahulu sebelum berdoa untuk membersihkan dosa-dosa yang pernah kita lakukan
  6. Ucapkan kalimat doa dengan susunan kata yang sederhana,  dianjurkan memakai susunan kalimat doa yang berasal dari Rasulullah SAW serta doa-doa yang terdapat dalam Al-Quran
  7. Mengakhiri doa dengan bacaan sholawat kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan hamdalah.

Adab Belajar atau Menuntut Ilmu

Seorang penuntut ilmu harus menghiasi dirinya dengan adab dan akhlak mulia. Dia harus mengamalkan ilmunya dengan menerapkan akhlak yang mulia, baik terhadap dirinya maupun kepada orang lain.


ilustrasi adab belajar via ainulyaqinkarim.wordpress.com

Berikut diantara adab-adab yang selayaknya diperhatikan ketika seseorang menuntut ilmu :
  1. Ikhlas semata karena Allah SWT. Ilmu yang kita sedang pelajari akan menjadi tidak bermanfaat seandainya kita mempelajarinya tidak dilandasi keikhlasan karena Allah semata.
  2. Senantiasa berdoa kepada Allah agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat
  3. Bersungguh-sungguh dalam belajar dan senantiasa haus akan ilmu
  4. Bertaqwa kepada Allah SWT dan menjauhkan diri dari dosa dan maksiat
  5. Tidak sombong dan malu ketika menuntut ilmu
  6. Simak dan dengarkan dengan baik pelajaran yang diberikan oleh guru pengajar
  7. Tidak berbicara yang tidak bermanfaat ketika sedang belajar
  8. Mencatat poin-poin penting dari pelajaran yang sedang dipelajari untuk memperkuat pengikatan ilmu
  9. Mengamalkan dan mendakwahkan ilmu yang sudah dipelajari

Demikianlah beberapa doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar yang bisa kita amalkan. Agar proses belajar kita berjalan dengan baik dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat jangan lupakan adab-adab ketika belajar dan adab sebelum kita berdoa. Semoga bermanfaat.
Top