Doa Masuk Rumah yang Benar Sesuai Sunnah Rasulullah, Lengkap dengan Artinya

Komentar
Hasil gambar untuk doa masuk rumah
duniapendidikanonline.com

Doa ketika keluar rumah dan doa masuk rumah dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya. Jadi mulai sekarang, biasakan juga untuk selalu mengucapkan doa masuk rumah baik jika ingin memasuki atau meninggalkan rumah.

Ketika masuk rumah kita disunnah kan untuk mengucapkan basmalah atau membaca doa masuk rumah terlebih dahulu. Manfaatnya agar kita tetap dalam perlindungan Allah dan tetap dalam jalan kebenarannya, ketika masuk rumah kita disunnahkan untuk membaca doa masuk rumah supaya setan yang menghuni rumah kita tidak betah/tidak nyaman saat berada didalam rumah kita.

Berikut artikel ini menuliskan tentang doa masuk rumah, yang tentunya hal ini sudah menjadi rutinitas bagi kita. Begitu juga jika kita akan keluar rumah hendaknya kita membaca Doa, Agar kita senantiasa berada dalam lindungan Allah swt, Berikut ini kami sajikan doa masuk rumah dan keluar rumah.

Doa Masuk Rumah: 


بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللهِ رَبَّنَا تَوَكَّلْنَا 

"Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa"

Artinya :
"Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri."

Yang dimaksud dengan rumah untuk doa diatas adalah rumah yang dihuni. Meskipun saat Anda masuk rumah ini tidak ada orangnya, namun karena setiap harinya dihuni, maka rumah ini tidak tergolong rumah kosong. Dan ketika Anda memasuki rumah kosong, yakni rumah yang sudah berbulan-bulan dan/atau sudah bertahun-tahun tidak dihuni, maka doa masuk rumah kosong adalah sebagai berikut :

Doa Ketika Masuk Rumah Kosong

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

"Assalamu'alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihina"

Artinya :
Hamba-hamba Allah yang sholih.

Nah, setelah kita mengetahui doa masuk rumah pastinya tidak akan selamanya kita didalamnya. Maka dari itu, saat keluar dari rumah, silakan baca doanya berikut ini :

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

"Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi"

Artinya :
"Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja."

Keutamaan

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
menjelaskan keutamaan doa ini,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

Jika kita perhatikan, doa keluar rumah ini sangat pendek, ringan diucapkan, namun memiliki keistimewaan yang besar. Anda bisa bayangkan, hanya dengan membaca doa ini, Anda bisa mendapatkan jaminan keamanan, jaminan kecukupan, berikut hidayah dari Allah. Yang semua itu merupakan sumber kebaikan dunia dan akhirat bagi hamba.

Inilah Bacaan Doa Masuk Rumah dan Doa Keluar Rumah


Setelah kita mengetahui doa masuk rumah dan doa keluar rumah, seharusnya kita juga akan selalu mempraktikkan dan membacanya setiap hari, karena baik didalam atau diluar rumah ada saja bahaya yang mengancam kita.

Oleh karena itu, sebaiknya kita membaca doa masuk rumah ketika hendak memasuki rumah kita atau rumah orang lain, dan membaca doa keluar rumah ketika kita ingin berpergian. Sebab dengan kita selalu berdoa kepada Allah, maka kita akan selalu dalam perlindungannya.
Top