Doa Masuk Masjid Beserta Adab dan Etikanya Seperti yang Diajarkan Nabi Muhammad

Komentar
Hasil gambar untuk doa masuk masjid dan keluar masjid sesuai sunnah
Gambar via tuntunansholat.info

Bacaan doa masuk masjid dan keluar masjid sesuai sunnah Rasulullah SAW. Dilengkapi doa masuk masjid, latin beserta artinya, dan etika ketika berada di dalam masjid.

Adab dan Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Sesuai Sunnah. Selama berada di masjid seorang Muslim harus bersikap sopan dan selalu memuliakan Allah, sebab saat kita sedang berada dimasjid niat kita adalah untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah, maka sebaiknya saat kita berada di masjid perbanyaklah melakukan sholat sunnah dan dzikir.

Bagi orang yang baik tentu dalam segala aktivitasnya tidak akan lepas dari berdoa, baik itu sebelum di mulainya suatu pekerjaan atau sesudahnya. Sebab, jika kita selalu berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah, maka kita akan selalu mendapat rahmat dan selalu mendapat perlindungan dari Allah SAW.

Bacaan Lafal Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah Nabi Muhammad ini, merupakan adab yang baik ketika kita akan melakukan ibadah didalam masjid.  Berikut ini kami berikan penjelasan doa masuk masjid dan doa keluar masjid berdasarkan hadist.

Bacaan Doa Masuk Masjid:

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Artinya : “Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Doa Keluar Masjid yaitu:

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Allahummaf tahlii abwaaba rohmatika”.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu”.

Etika masuk masjid dan keluar masjid dalam islam sudah ada aturannya, jadi pahami dan lakukanlah sesuai yang dianjurkan. Di dalam tempat ibadah ini juga harus menjaga ketenangan, hindari untuk berbicara keras ketika berada di dalam tempat ibadah tersbeut. Jika ingin berzikir, lebih baik di dalam hati dan jangan terlalu keras karena bisa mengganggu ketenangan di dalam masjid.


Itulah bacaan doa masuk masjid dan doa keluar masjid, setelah kita mengetahui doa masuk masjid dan keluar masjid, sekarang kita akan mambahas adab ketika berada di masjid dan etika yang harus kita terapkan ketika di dalam masjid.

Adab Sebelum Kita Memasuki Masjid dan Ketika Kita Keluar Masjid:

1. Mendahulukan kaki kanan

Dalam hukum islam, cara untuk memasuki masjid yang pertama kali dilakukan adalah dengan mendahulukan kaki kanan. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah untuk melakukan segala sesuatu yang baik-baik harus dilakukan dengan mendahulukan bagian tubuh yang sebelah kanan termasuk ketika akan masuk ke tempat ibadah.

Memang, tidak ada aturan khusus dalam Al Qur’an untuk mendahulukan kaki kanan jika masuk ke tempat ibadah umat muslim ini, namun begitu ini merupakan anjuran dari Rasulullah.

2. Membaca doa masuk masjid

Adab atau etika yang kedua ketika masuk masjid adalah berdoa. Ada Doa khusus ketika akan memasuki masjid. Dengan membaca doa masuk masjid ini, maka Anda telah menghargai kesucian dari tempat ibadah tersebut.

3. Shalat sunnah dua rakaat

Setelah masuk dan berdoa maka disunahkan untuk shalat sunah dua rakaat atau yang disebut dengan tahiyatul masjid. Salat ini dilakukan setelah masuk ke tempat ibadah sebelum melakukan sholat fardhu atau sebelum duduk di masjid. Orang yang memasuki masjid disunahkan untuk tidak duduk terlebih dahulu sebelum melakukan salat sunah.

Oleh sebab itu, jika hendak bepergian ke tempat ibadah umat islam ini, pastikan jika dalam keadaan suci atau sudah berwudhu dari rumah. Hal ini sangat penting apalagi kalau kita berada di Mekah maka doa masuk ke Masjidil Haram wajib dibaca Sebagai rasa hormat kita ke tempat yang suci tersebut.

4. Berdoa ketika akan keluar masjid dan mendahulukan kaki kiri

Membaca doa tidak hanya ketika masuk masjid saja tapi juga ketika keluar dari tempat ibadah tesebut. Doa masuk masjid dan doa keluar dari masjid berbeda.

Hikmah dari membaca doa masuk masjid dan doa keluar masjid adalah bahwa kita akan diberikan ketenangan dan keselamatan baik dalam perjalanan menuju masjid atau saat berada didalam masjid, serta mendapat pahala yang berlimpah.

Dalam berdoa pun kita juga harus ikhlas dan niat pada Allah dengan sungguh-sungguh. Jangan pernah berniat untuk ingin dilihat oleh orang lain dan mendapatkan pujian, karena hal ini akan menggugurkan pahala anda.

Etika Masuk Masjid dan Keluar Masjid Dalam Islam

Selain keempat adab di atas, ada beberapa etika yang seharusnya dilakukan ketika Anda pergi ke masjid. Etika ketika berada di dalam masjid yaitu:

1. Berpakaian yang sopan dan bersih
Sebaiknya ketika akan pergi ke masjid harus mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Selain tertutup, pakaian yang dikenakan juga harus bersih dari najis.

2. Bersegera ke masjid setelah mendengar azan
Hal ini merupakan salah satu sunah yang diajarkan oleh Rasulullah dan tertera dalam Al Qur’an. Ketika seorang Muslim sudah mendengar azan dari masjid terdekat sebaiknya bersegeralah ke masjid untuk menunaikan salat.

3. Berjalan ke masjid dengan sopan dan tenang
Berjalan ke masjid juga harus dengan sopan dan tenang, jangan terburu-buru. Sopan santun ketika akan pergi ke masjid menunjukkan adab atau etika yang baik.

4. Menunggu waktu salat dengan berdzikir
Jika seorang Muslim sudah berada di masjid dan salat belum dimulai, sebaiknya isilah waktu dengan berdzikir mengingat Allah.

5. Menjaga ucapan ketika berada di dalam masjid
Ketika berada di dalam masjid sebaiknya menjaga ucapan ketika berada di dalam masjid. Ucapkanlah kata-kata yang baik jika ada di dalam masjid dan jangan menggunjing di dalam masjid. (Baca : Khatib dan Makmum Minum Ketika Khutbah Jum’at? Apa Hukumnya?)

6. Menjaga ketenangan dalam masjid
Di dalam masjid juga harus menjaga ketenangan, hindari untuk berbicara keras ketika berada di dalam masjid. Jika ingin berzikir, lebih baik di dalam hati dan jangan terlalu keras karena bisa mengganggu ketenangan di dalam masjid.

Itulah doa masuk masjid dan doa keluar masjid, serta adab dan etika saat berada didalam masjid. Setelah kita mengetahui itu semua, akan lebih baik jika kita juga mengamalkan pengetahuan yang baik ini. Demikian artikel ini saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi anda
Top