Doa Ketika Sakit Seperti yang Telah Diamalkan Rasulullah

Komentar

Doa sakit via gudanginfo.net

Bacalah doa ini ketika kita sedang sakit maupun ketika kita sedang menjenguk orang sakit, karena dengan membaca doa ketika sakit ini Allah akan segera memberi kesembuhan.

Keitika kita sedang diuji dengan sakit yakinlah itu datangnya dari allah sehingga kita harus tetap bersyukur, bersabar dan keyakinan untuk bisa sembuh akan menguatkan kita untuk terus berpikir optimis. Sahabat ihram kita tentu pernah Merasa dalam keadaan tubuh yang tidak sehat dan tidak dalam keadaan fisik yang wajar, oleh karena itu disini kami akan membahas doa ketika sakit agar lekas sembuh, untuk lebih lengkapnya simak artikel ini.

Doa seperti halnya dzikir, ialah sarana bagi seorang hamba untuk selalu mengingat Allah, dengan berdoa seseorang akan merasa lebih dekat dengan Allah terutama untuk orang sakit. Doa ketika sakit ini bisa dibacakan ketika menjenguk orang sakit. Jadi menjenguk, bukan hanya membawakan buah atau makanan tetapi membaca doa ketika sakit agar orang yang sakit tersebut segera mendapat kesembuhan.

Mari kita simak bersama doa ketika sakit agar lekas sembuh agar kita bisa mengamalkannya, terutama untuk orang yang sedang sakit.


Doa meminta sembuh via pinterest.com

Sakit Sebagai Ujian

Secara jelas Allah befirman:

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS Al-Anbiya’: 35)

Doa ketika sakit; Karena sakit merupakan bagian dari hidup. Meskipun kadang kita sudah begitu berhati-hati menjaga kesehatan kita dengan menjaga pola makan dan memakan makanan halal serta bergzi, jikalah Allah menakdirkan kita untuk sakit, sepertinya kehendak Nya yang lebih menang. Karena sakit sudah merupakan sunnatullah dalam kehidupan makhluk-Nya

Bahkan nabi kita Rasulullah MuhammadSAW sendiri juga pernah mengalami sakit. Dan sakit beliau sangat dahsyat. Sebagaimana yang diceritakan Aisyah, “Saya belum pernah melihat orang yang sakitnya sangat dahsyat melebihi sakitnya Rasulullah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sebagai Penggugur Dosa

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa ketika sakit; Berkhusnudzan kepada Allah adalah ikhtiar terbaik sahabat ihram, karena yang seharusnya sakit hanya fisik kita. Keimanan dan hati kita sebaiknya tetap di jaga agar tak berprasangka bruk, anggap saja sakit adalah suatu ujian yang berbuah pahala bukan sebaliknya menambah dosa. Itu artinya Allah SWT senantiasa menyayangi kita .

Taukah anda sahabat ihram, saat sakit selain berusaha melalui usaha medis do’a adalah sebab terbesar sembuhnya seseorang dari sakit, memohon kepada Allah Ta’ala akan sebuah kesembuhan. Kepada  Zat Yang Maha Menyembuhkan dari segala macam penyakit. Nabi SAW mengajarkan kita do'a  untuk meminta kesembuhan tatkala ditimpa musibah sakit.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya.  Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

(Allahumma rabbanasi adzhibil ba’sa wasy fihu. Wa antas Syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughadiru saqomaa)

“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain”  (HR Bukhari dan Muslim).

Doa ketika sakit diatas adalah doa agar disembuhkan dari sakit, sedangkan dalam riwayat lain Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan amalah dzikir bagi mereka yang sakit agar diringankankan dari beban yang dirasa.

Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada RasulullahShallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali :

 بِسْمِ اللهِ

(bismillah)

kemudian bacalah sebanyak  tujuh kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

(A’uudzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru)

“Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim)


Sakit via bukubiruku.com

Subhanallah, sedetail itu kemudian Nabi mencintai umatnya dengan tuntunan sekalipun amalan sakit. Maka selain berikhtiar kepada dokter sebagai perantara Allah melalui manusia, maka Doa ketika sakit diatas mungkin mampu menguatkan mental dan spiritual kita sehingga terdorong tuk sembuh sedia kala. Amin

Demikian artikel tentang doa ketika sakit ini kami buat, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya.
Top