Doa Keluar Rumah Agar Keselamatan Kita Selalu Terjamin Aman Saat Berada di Luar Rumah

Komentar
maramissetiawan.wordpress.com

Doa Keluar Rumah adalah doa agar diberi jaminan keamanan ketika keluar rumah. Karena kita sebagai manusia tidak pernah terlepas dari kata bahaya, terutama untuk kaum wanita, karena banyak godaan yang akan menghampiri mereka. Oleh sebab itu, kami akan memberi tahu doa yang akan membuat kita selalu merasa aman dimanapun kita berada, yaitu doa keluar rumah.

Bisakah Anda bayangkan, jika disetiap langkah selalu panjatkan doa, maka hari-hari Anda akan semakin indah karena hati terasa tenang dan aman. Oleh karena itu, kami disini akan membahas doa keluar rumah, agar saat kita berada diluar rumah kita selalu mendapat keselamatan dan terjauhkan dari segala sesuatu yang buruk.

Ketika kita akan keluar rumah hendaknya kita membaca doa, agar kita senantiasa berada dalam lindungan Allah swt, Berikut ini kami sajikan doa keluar rumah yang akan selalu membuat kita merasa aman.

Hasil gambar untuk gambar doa keluar rumah
media.ihram.asia

Doa Keluar Rumah

Ada doa yang ringan dan mudah dihafal, meskipun sering kelupaan sehingga tidak diamalkan. Doa keluar rumah:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

Keutamaan:

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

Artinya: ”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: "Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi."

Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya,

’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, Turmudzi, dan dishahihkan al-Albani)

Keterangan:

Makna: ”disampaikan kepadanya”, yang menyampaikan adalah Malaikat. Malaikat itu mengatakan kepada orang yang membaca doa ini ketika keluar rumah, ’Wahai hamba Allah, kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi).

Video Doa Keluar Rumah:


Doa kedua yang dianjurkan untuk dibaca ketika keluar rumah, untuk menghindari kezaliman adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

ALLAHUMMA INNI A-’UDZU BIKA AN ADHILLA AW UDHALLA AW AZILLA AW UZALLA AW AZLIMA AW UZLAMA AW AJHALA AW YUJHALA ‘ALAYYA.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, beliau menceritakan,

مَا خَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ بَيْتِي قَطُّ إِلَّا رَفَعَ طَرْفَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ: «اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ...

“Setiap kali Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dari rumahku, beliau mengarahkan pandangannya ke langit, kemudian berdoa: Allahumma a-‘udzu bika an adhilla… (HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, dan dishahihkan al-Albani).

Keterangan:

1. Doa ini menunjukkan bagaimana ketergantungan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Allah. Sekalipun beliau seorang nabi, beliau tetap memohon perlindungan kepada Allah.

2. Doa ini dibaca persis ketika di luar rumah, sambil menengadahkan pandangan ke langit. Sebagaimana yang dituturkan Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha.

Hasil gambar untuk gambar doa naik kendaraan
alhadibrahim.com

Doa Ketika Naik kendaraan

Agar kita juga mendapat jaminan keselamatan di kendaraan, jangan lupa berdoa ketika naik kendaraan. Doanya sangat mudah,

Persis ketika kaki naik kendaraan, baca: Bismillah.

Setelah berada di atas kendaraan, baca: “Alhamdulillah”.

Lalu membaca,

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

SUBHANALLADZI SAKH-KHORO LANAA HADZA WA MAA KUNNA LAHU MUQRINIIN. WA INNA ILAA ROBBINA LAMUN-QOLIBUUN

Artinya: "Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Hasil gambar untuk gambar doa keluar rumah
ummi.online.com

Itulah kumpulan doa keluar rumah hingga doa naik kendaraan, semoga kita bisa mengamalkan doa keluar rumah ini agar kita dan orang yang membaca doa keluar rumah ini selalu mendapat perlindungan dari Allah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, dengan kita mengetahui doa keluar rumah ini kita bisa selalu merasa aman ketika kita berada dimanapun, karena kita percaya bahwa Allah selalu melindungi kita.

Top