Doa Haji Mabrur dan Artinya

Komentar

doa haji via sajadah.co

Persiapan ibadah haji menjadi momentum yang begitu mendebarkan. Bagaimana memilih perlengkapan yang tepat agar pas digunakan saat ibadah haji berlangsung.

Dalam manasik haji, selain diajarkan teknis menjalankan ibadah haji yang benar juga diberikan doa-doa haji yang penting untuk dihafalkan saat menunaikan rukun Islam tersebut.

Selain agar melancarkan proses ibadah haji sendiri, juga dapat meningkatkan kehikmatan berdoa tanpa perlu repot-repot membuka buku kumpulan doa haji.

Biasanya doa-doa haji ini diberikan oleh masing-masing kelompok bimbingan ibadah haji ketika manasik. Tidak seperti doa-doa yang biasa diucapkan setelah sholat, proses membaca doa doa haji ini justru disesuaikan pada masing-masing proses dan lokasi yang berbeda. Misalnya, doa yang dibaca saat tawaf tentu tidak sama dengan doa yang dibaca saat lempar jumrah.

Maka dari itu, akan lebih efektif bila Anda menghafalkan beberapa doa yang umum dibaca saat naik haji, seperti berikut ini.

Doa Safar

Doa Safar adalah doa-doa yang harus Anda ucapkan selama melakukan perjalanan di tanah suci. Perjalanan tersebut dimulai dari ihram, kemudian melafazkan niat haji dan umrah, talbiyah salawat, doa memasuki Kota Mekah, doa memasuki Masjidil Haram, doa melihat Ka’bah, dan doa melintasi makam Nabi Ibrahim A.S.

Lafaz Haji dan Umrah

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ حَجًّا             
“Aku sambut panggilanMu ya Allah untuk berhaji.”

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ عُمْرَة         
“Aku sambut panggilanMu ya Allah untuk berumrah.”

Bacaan Talbiyah

لَبَّيْكَ اللّٰهُمَّ لَبَّيْكَ. لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ. اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَاْلمُلْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ
“Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.

Doa Tawaf

doa haji via bersamadakwah.net

Doa tawaf harus Anda lafazkan ketika sedang mengelilingi Ka’bah dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani sebanyak tujuh kali.

Doa-doa tawaf meliputi meliputi: doa tawaf putaran 1 s.d. 7, doa sesudah tawaf, doa sesudah salat di makam Nabi Ibrahim A.S., doa minum air zam-zam, dan doa sesudah salat sunah di Hijr Ismail.

Doa tawaf harus Anda lafazkan ketika sedang mengelilingi Ka’bah dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani sebanyak tujuh kali.

Doa Ketika Tawaf

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُللهِ وَلآ إِلٰهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

“Maha suci Allah, segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar. Tiada daya dan kekuatan selain dengan kuasa Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Doa Wukuf

Wukuf hanya dilakukan pada saat ibadah haji. Berikut ini adalah doa yang Anda lafazkan ketika sedang wukuf di Arafah.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِي نَقُولُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُولُ اللَّهُمَّ لَكَ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإِلَيْكَ مَآبِي وَلَكَ رَبِّ تُرَاثِي اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الْأَمْرِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيءُ بِهِ الرِّيحُ

“Ya Allah, segala puji untuk-Mu seperti yang Engkau firmankan dan lebih baik dari yang kami ucapkan. Ya Allah, bagi-Mu salatku, ibadahku, hidupku dan matiku, dan kepada-Mu tempat kembaliku, dan kepada-Mu-lah pemeliharaan yang aku tinggalkan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan keragu-raguan dalam hati serta kesulitan segala urusan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang diembuskan oleh angin.”

Doa Melontar Jumrah

Setiap kali melontar jumrah, Anda harus mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَر             
 “Dengan nama Allah, Allah Maha Besar”.

Doa Sa’i

Doa Sa’i adalah doa-doa yang harus Anda ucapkan selama melakukan perjalanan dari bukit Shafa menuju bukit Marwah sampai tujuh kali. Doa Sa’i terdiri atas: doa ketika hendak mendaki bukit Shafa sebelum memulai Sa’i, doa Sa’i perjalanan ke 1 s.d. 7, dan doa di bukit Marwah sesudah selesai Sa’i.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي ويُمِييْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَه

“Tiada sesembahan yang haq melainkan Allah semata, tiada sekutu baginya, hanya bagi-Nya segala kerajaan dan hanya bagi-Nya segala puji Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada sesembahan yang haq melainkan Allah semata, tiada sekutu baginya, yang memenangkan hamba-Nya dan yang menghancurkan golongan-golongan kafir dengan tanpa dibantu siapapun.”

Apakah Anda sudah mempersiapkan diri beribadah di tanah suci? Apabila demikian, semoga doa doa haji dan umrah di atas dapat bermanfaat untuk Anda.
Top