Doa Habis Sholat Sunnah Fajar yang Selalu Dibaca Rasulullah

Penulis duwi Pebrianti | Ditayangkan 18 Jul 2018

Doa Habis Sholat Sunnah Fajar yang Selalu Dibaca RasulullahSholat qonliyah via rumahdakwah,id

Ingin mengerjakan sholat sunnah qobliyah, namun tidak tahu doa habis sholat qobliyah? Mari kita bahas dalam artikel ini, niat dan doa habis sholat qobliyah lengkap.

Setelah dua rakaat kemudian salam kemudian membaca dzikir shalat sunnah qabliyah subuh. Mari kita bahas dibawah ini, niat sholat qobliyah dan doa habis sholat qobliyah subuh.

Jika dikerjakan sebelum sholat fardhu, maka disebut sholat sunnah qobliyah dan dikerjakan 2 raka'at setelah sholat isya dan 2 roka'at lagi sebelum sholat subuh. Inilah niat sholat sunnah qobliyah dan doa habis sholat sunnah qobliyah lengkap dengan arab, latin dan artinya.

Baca Juga: Lengkap Niat Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah dan Ba'diyah 12 Rakaat

Sholat sunnah qabliyah subuh adalah salah shalat sunnah rawatib yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. Shalat sunnah qabliyah subuh adalah shalat sunnah yang mengiringi sholat fardhu subuh yang dikerjakan sebelum mengerjakan shalat subuh. Jumlah rakaat pada shalat sunnah qabliyah subuh adalah 2 rakaat.

Doa Habis Sholat Sunnah Fajar yang Selalu Dibaca Rasulullah
Niat sholat qobliyah via aswajamuda.com

Hukum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh.

Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Rasulullah saw. hampir tidak pernah meninggalkan shalat sunnah sebelum subuh. Hukum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Sehingga Nabi saw. hampir tidak pernah meninggalkan shalat sunnah sebelum shalat fardhu subuh ini.

Waktu Mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh.

  1. Shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat, hendaknya dikerjakan dengan urutan sebagai berikut:
  2. Adzan subuh berkumandang
  3. Kemudian mengerjakan shalat sunnah fajar 2 rakaat
  4. Dzikir dan wiridan shalat sunnah Qabliyah fajar
  5. Kemudian shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat.
  6. Iqamah
  7. Shalat fardhu subuh.
Baca dulu : Niat Shalat Fajar Sesuai Sunnah Rasulullah dan Apa Saja Surat yang Harus Dibaca

Tata cara pelaksanaan shalat sunnah qabliyah subuh

Pertama membaca niat

Bacaan atau lafadz niat dari shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya: "Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala."

Kedua, Membaca surat al-fatihah dan surat-surat al-Qur’an

Pada rakaat pertama membaca surat al-fatihah dan kemudian kemudian membaca surat Al-Kafirun. Dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, kemudian membaca surat al-Ikhlas.

Dzikir shalat sunnah qabliyah subuh

Setelah dua rakaat kemudian salam kemudian membaca dzikir shalat sunnah qabliyah subuh. Berdasarkan dalil hadits riwayat Ibnu Sinni dan Al-Hakim, dzikir yang dibaca setelah selesai mengerjakan shalat sunnah sebelum subuh adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْمَائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

 Allahumma rabba jibrila wa israfila wa mika-ila wamuhammadinin-nabiyyi, a’udzubika minan-nar (dibaca 33 x)

Artinya: "Ya Allah, wahai Tuhan dari Jibril, Israfil, Mikail, dan Nabi Muhammad. Aku berlindung diri dengan Engkau dari Neraka." (HR. Ibnu Sinni dan Al-Hakim).

Doa Habis Sholat Sunnah Qobliyah

اَللهم اجْعَلْ لِي نُوْرًا فِي قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِي قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِي سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِي بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِي شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِي بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِي لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِي دَمِيْ، وَنُوْرًا فِي عِظَامِيْ، وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ، اَللهم زِدْنِيْ نُوْرًا، وَأَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِي نُوْرًا

ALLOHUMMAJ'ALLI NUURON FII QOLBII, WA NUURON FII QOBRII, WA NUURON FII SAM'II, WA NUURON FII BASHORII, WA NUURON FII SYA'RII, WA NUURON FII BASYARII, WA NUURON FII LAHMII, WA NUURON FIIDAMII, WA NUURON FII 'IDZOOMII, WA NUURON MIN BAINI YADAYYA, WA NUURON MIN KHOLFII, WA NUURON 'AN YAMIINII, WA NUURON 'AN SYIMAALII, WA NUURON MIN FAUQII, WA NUURON MIN TAHTII, ALLOHUMMA ZIDNII NUURON, WA A'THINII NUURON, WAJ'ALLI NUURON

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku, di dalam kuburan, pendengaran, penglihatan, rambut, kulit, daging, darah dan di dalam tulangku. Jadikan pula cahaya di depan, belanag, kanan, kiri, atas dan bawahku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku cahaya yang besar-besar, jadikanlah aku sebagai cahaya." (H. R. Ibnu Huzaimah, Baihaqi)

Doa Habis Sholat Sunnah Fajar yang Selalu Dibaca Rasulullah
Doa habis sholat via republika.co.id

Nah, sekarang kita sudah tahukan niat sholat sunnah qobliyah dan doa habis sholat qobliyah lengkap dengan arab, latin dan artinya. Setelah kita mengetahui tentang sholat sunnah qobliyah, sebaiknya kita juga mengamalkannya dalam kehidupan kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
SHARE ARTIKEL