Amalan Doa Anak Sholeh untuk Orangtua Baik yang Sudah Tiada Maupun yang Masih Hidup

Komentar

doa anak sholeh via media-islamia.blogspot.com

Anak sholeh juga tidak akan lupa pada kedua orang tuanya dan senantiasa mendoakan mereka. Doa Anak Sholeh & Sholehah merupakan salah satu amalan yang tidak akan terputus meskipun manusia sudah meninggal dunia. 

Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Muslim tentang Doa Anak Sholeh dan/atau Sholehah "Apabila manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shalih yang mendo’akan orang tuanya” (HR. Muslim).

Maka dari itu, sebagai seorang anak sudah sepatutnya kita untuk selalu mendoakan kedua orang tua, saudara-saudara kita baik disaat mereka masih hidup maupun ketika mereka sudah meninggal dunia, agar supaya kita juga tergolong anak-anak yang sholeh.

Nah, berikut adalah salah satu Doa Anak Sholeh dan Sholehah untuk Kedua Orang Tua yang patut kita amalkan setiap hari dan/atau minimal berdoa setelah sholat fardhu.

Doa Anak Sholeh untuk Kedua Orang Tua

Anak sholeh akan selalu ingat jasa kedua orang tuanya. Oleh karena itu, seorang anak sholet tidak akan pernah lupa mendoakan keduanya, terutama seusai sholat.

Jika seorang anak sholeh lupa, maka dia bukanlah anak sholeh. Anak yang tidak sholeh tidak akan mendoakan orang tuanya.

Doa yang paling sering dibaca untuk kedua orang tua setelah sholat adalah memohon kepada Allah SWT untuk keselamatan mereka berdua di akhirat kelak. Adapun arti doa ini sangat indah, yaitu meminta kepada Allah SWT supaya menyayangi kedua orang tuanya sebagaimana kedua orang tuanya menyayangi dirinya semenjak masih kecil.

Doa anak sholeh yang biasa dipanjatkan adalah semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kedua orang tuanya. Selain itu, doa lainnya adalah semoga orang tuanya diberikan tempat di sisi Allah SWT kelak.

Sebenarnya, ada beberapa doa lain yang bisa ditambahkan. Diantaranya seperti meminta kemudahan rezeki, tidak diberi cobaan yang tida sanggup dipikul, dan lain-lain. Doa-doa tersebut disesuaikan dengan keinginan dan kondisi.

Jika anda ingin doa anda lebih mustajab, anda bisa menambahkan membaca surat Ar Rahman sesudah sholat ashar. Membaca surat Ar Rahman seusai sholat ashar dipercaya mampu menambah rejeki.

Agar anak tetap menjadi anak sholeh, sebaiknya orang tua juga ikut mendoakannya. Doa orang tua adalah salah satu doa yang mustajab dan cepat didengar oleh Allah SWT.

Jika orang tua selalu mendoakan anaknya agar selalu menjadi anak sholeh, maka si anak tersebut akan selalu jadi anak sholeh. Tentunya, dengan pantauan bersama siapa dia bergaul, bagaimana lingkungannya, dan lain-lain.

Doa Anak Sholeh untuk Saudara dan Teman

Selain untuk orang tua, anak sholeh juga berdoa untuk saudara dan teman-temannya. Tentu saja anak sholeh menginginkan saudara dan teman-temannya juga selamat di akhirat kelak.

Beberapa doa yang dipanjatkan hampir sama, sedikit perbedaannya adalah bisa ditambahkan doa agar selalu dikelilingi dengan orang-orang sholeh. Jika ada orang bilang lingkungan mempengaruhi pergaulan dan cara berperilaku anak, maka hal tersebut benar adanya.

Oleh karena itu, doa anak sholeh kerap kali selalu meminta agar dikelilingi oleh orang-orang yang sholeh pula. Dengan begitu maka kesholehannya akan tetap terjaga.

Doa untuk anak sholeh pada orang tua, saudara, dan teman tidaklah sulit. Yang sulit adalah selalu mendoakan mereka seusai sholat, atau pada waktu-waktu tertentu.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, anak yang tidak sholeh tidak akan mendoakan kedua orang tua, saudara, bahkan teman. Dia akan berdoa untuk dirinya sendiri. Jika anda menyayangi kedua orang tua anda dan ingin mereka selamat di akherat kelak, panjatkanlah doa untuk mereka.

Doa Anak Sholeh Mohon Ampunan Dosa untuk Kedua Orang Tua & Saudaranya

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII'IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU'MINIINA WAL MU'MINAATI AL AHYAA'I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI' BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL ADHIIMI.

Itulah Doa yang dapat kita amalkan untuk mendoakan kedua orang tua dan saudara-saudara kita. Semoga kita semua menjadi anak yang sholeh dan sholehah, berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara. Amiin.
Top