Meski Ciri Penyakit Ginjal Samar-samar, Penyakit ini Bisa Berakibat Fatal

Komentar

ciri penyakit ginjal via plukme.com

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Dari penyaringan ini, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Darah yang disaring ini kemudian akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Seperti yang disebutkan di atas, kerusakannya dapat menurunkan fungsi ginjal. Beberapa penyakit ginjal pun memiliki kemungkinan untuk muncul. Seperti infeksi ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, kista ginjal, hingga kanker ginjal.

Keseimbangan air dalam darah hingga kesehatan tulang dapat dipengaruhi oleh kerja ginjal. Kerusakan pada ginjal dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bahkan, yang lebih mengerikannya, penyakit ini tidak menimbulkan masalah nyata hingga stadium akhir. 

Penurunan berat pada fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini akan berujung pada melemahnya daya tahan tubuh. Anda akan merasa lebih lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Tak hanya itu, penyakit ginjal juga bisa membawa Anda untuk menderita anemia yang juga dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Ciri penyakit ginjal dapat dilihat dari perubahan fisik yang terjadi pada tubuh penderitanya.  Penyakit ginjal rentan menyerang pada semua usia. Kerusakan organ ginjal menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Kerusakan ginjal tidak bisa dianggap sepele. Sudah banyak korban meninggal akibat penyakit ini. Biaya pengobatan dan perawatan ini tentunya tidak murah, meskipun demikian beberapa penderita penyakit ginjal rela merogoh kocek untuk bisa
menjalani perawatan ginjal.

9 Ciri Penyakit Ginjal yang Kemungkinan Anda Rasakan

Ciri awal penyakit ginjal terkadang tidak benar-benar disadari atau tidak muncul hingga pada akhirnya fungsi utama ginjal mulai menghilang. Perhatikanlah beberapa ciri penyakit ginjal  di bawah ini. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda merasa ada beberapa ciri penyakit ginjal yang Anda rasakan.

1. Perubahan urin

ilustrasi perubahan urin via dictio.id

Ciri awal dari sakit ginjal yang akan sering dirasakan pasien dimulai dari air kencing yang berubah warna. Selain itu, akan terjadi peningkatan atau penurunan kadar air kencing yang dikeluarkan, biasanya pada malam hari. Tak jarang juga warna air seni menjadi lebih keruh dari biasanya, dan kadang disertai rasa sakit. Bahkan kalau Anda mengidap gagal ginjal akut, ada kemungkinan air kencing keluar beserta bercak darah.

2. Tubuh jadi mudah capek

Dalam tubuh terdapat hormon eritropoietin yang berfungsi menurunkan sel darah merah di tubuh. Hormon ini juga akan muncul saat salah satu organ tubuh berjalan kurang baik, seperti ginjal yang sakit, contohnya. Dan akhirnya, kemunculan hormon eritropoietin ini  membuat tubuh menjadi mudah lemah.

3. Beberapa bagian tubuh akan membengkak

Ginjal berperan penting dalam menciptakan dan mengeluarkan urin yang terbuat dari sisa-sisa metabolisme tubuh. Saat ginjal Anda sakit, tentunya jadi tidak maksimal cara kerjanya. Tak jarang, ada cairan yang mengendap di bagian tubuh, dan akan menimbulkan bengkak. Biasanya tangan, kaki, dan wajah mengalami pembengkakkan.

4. Timbul rasa gatal

ilustrasi rasa gatal via obatginjalpusat.com

Seperti dijelaskan sebelumnya, terganggunya organ ginjal membuat kotoran sisa metabolisme menumpuk, sehingga mengakibatkan beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan. Penumpukan kotoran tersebut ternyata juga berpengaruh buruk pada kulit. Akan timbul rasa gatal berlebihan yang mana bila terus digaruk bisa timbul luka atau pendarahan ringan.

5. Muncul rasa mual dan ingin muntah

Sakit ginjal yang sudah akut, atau jika sudah sampai tahap gagal ginjal, sering disebut juga sebagai silent killer. Disebut demikian, memang karena gejalanya yang sulit dideteksi, seperti mual dan muntah. Banyak sekali penyakit ringan yang gejalanya ditunjukkan dengan mual dan muntah, contohnya sakit maag. Sebetulnya, gejala ini juga termasuk ke dalam indikator sakit ginjal. Hal ini disebabkan oleh penumpukan sampah dalam darah yang tidak berhasil dikeluarkan.

6. Sesak napas

ilustrasi sesak napas via  magazine.job-like.com

Tidak berfungsinya ginjal membuat cairan masuk ke dalam paru-paru melalui darah. Sedangkan, efeknya akan menyebabkan tidak cukupnya kandungan oksigen di dalam tubuh, ya, terutama paru-paru. Kedua faktor ini akan berhubungan dan  mengakibatkan pasien mengalami kesulitan mengatur napas, sehingga terasa sesak.

7. Sakit pinggang

Bagi yang suka sakit pada bagian pinggang, baik kanan ataupun kiri, baiknya Anda waspada. Gejala sakit ini bisa saja disebabkan oleh batu ginjal. Kadang, gejala dari adanya batu ginjal tidak terlalu tampak, tapi kemungkinan besar penderita akan merasakan nyeri pada bagian pinggang akibat terjepitnya batu ginjal dalam ureter.

8. Sulit Tidur

ilustrasi sulit tidur via kliniksinshephan.com

Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, racun akan menetap di dalam darah. Hal itu bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Penyakit ginjal punya hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis, bahkan apnea tidur akan lebih sering terjadi pada orang-orang mengidap penyakit ini.

9. Mengalami kram otot

Ketidakseimbangan elektrolit dan kram dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan kram otot.

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal

ilustrasi makan sayur dan buah via idnews.co.id

Penyakit ginjal tidak hanya bisa menyerang orang tua dan dewasa saja melainkan anak-anak juga bisa terserang penyakit yang satu ini. Tentunya hal ini mengartikan bahwa setiap orang memiliki resiko untuk terserang penyakit ini. Ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengatasi penyakit ginjal baik secara alami ataupun mengunakan metode pengobatan. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:
  • Jangan menahan keinginan untuk kencing
  • Perbanyak minum air putih
  • Mengurangi asupan garam
  • Meminum minuman sehat
  • Konsumsi sayuran dan buah
  • Memperbanyak konsumsi buah manggis
  • Menghindari alkohol dan merokok
  • Olahraga rutin
  • Tidak mengkonsumsi sembarang obat tanpa resep dokter
  • Hindari konsumsi produk herbal atau jamu berlebih
  • Perbanyak komsumsi buah beri
  • Lakukan manajemen peda penyakit diabetes, hipertensi dan jantung

Itulah tadi 9 ciri ciri penyakit ginjal yang wajib Anda ketahui beserta cara mengatasinya. Kesehatan ginjal merupakan  sesuatu yang sangat mahal harganya. Oleh karena itu, lakukan hal ringan seperti biasakan pola hidup sehat dan perbanyak konsumsi air putih agar kesehatan ginjal anda tetap terjaga. Jika mengalami lebih dari 5 ciri diatas, segera periksakan dan kosultasikan diri ke dokter. Semakin dini anda mengetahuinya semakin mudah perawatan dan pengobatannya. Dan tentunya sayangi ginjal anda. Semoga artikel ini membantu.
Top