Lagi Cari Kerja Sampingan? Cobalah Inspirasi Kerja Sampingan Berikut!

Komentar

cari kerja sampingan via mpssoft.co.id

Saat gaji bulanan dirasa gak cukup buat memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka cari kerja sampingan tentu jadi solusi. Simak inspirasi kerja sampingan berikut yang bisa kamu coba.

Kebutuhan hidup semakin tinggi sehingga pendapatan yang kita hasilkan acapkali tidak memadai. Jangan khawatir, masih banyak kesempatan mendapatkan tambahan pendapatan dengan kerja sampingan.

Di awal tahun 2018, kabar kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok cukup nyaring terdengar. Kebutuhan dapur seperti cabe hingga beras meningkat harganya. Inflasi tak terelakkan. Imbasnya, penghasilan pun tergerus laju inflasi hingga uang yang dimiliki menjadi tidak memadai untuk menutup kebutuhan yang meningkat harganya.

Kebutuhan hidup yang terus meningkat inilah yang membuat banyak orang akhirnya tergerak mencari tambahan pendapatan dengan menjalankan bisnis sampingan. Memulai bisnis sampingan tidak perlu takut gagal.

Kerja sampingan memang menarik untuk dijalani. Seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis atau pekerjaan sampingan ini karena memang sebatas hanya sebagai penghasilan tambahan.

Mengapa perlu cari kerja sampingan?

Biar niat kamu semakin mantap, ada baiknya kamu pahami dulu alasan cari pekerjaan sampingan. Mengapa kamu perlu memiliki side job?

a. Perlu uang tambahan

Ini biasanya menjadi alasan utama orang mencari bisnis sampingan. Para pegawai kantoran yang sulit mengharapkan kenaikan gaji yang tinggi setiap tahun, perlu memikirkan sumber penghasilan lain selain gaji dari kantor.

Bekerja umumnya memakan waktu 8 jam di kantor, ditambah waktu perjalanan anggaplah 2 jam pulang pergi. Jadi, 10 jam kamu habiskan untuk urusan pekerjaan kantor. Di sela-sela waktu itu, kamu masih bisa menjalankan bisnis sampingan.

b. Persiapan pensiun

Bagi pekerja kantoran, pertimbangan untuk memiliki rencana pensiun memang perlu. Dengan cari kerja sampingan, rencana tersebut akan menjadi lebih mudah dipenuhi karena akan sangat menolong kamu ketika menginjak usia lanjut nanti.

Kebutuhan dana pensiun bisa lebih mudah kamu capai dengan tambahan penghasilan dari bisnis sampingan. Kelak saat kamu sudah masuk usia pensiun, siapa tahu bisnis sampingan tersebut masih bisa kamu jalankan untuk mengisi waktu dan menambah penghasilan.

c. Aktualisasi diri

Saat karir mentok dan mengalami kebuntuan dalam menjalankan pekerjaan di kantor, atau kamu merasa bahwa pekerjaan di kantor saat ini tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, maka kerja sampingan bisa jadi mengajarkan kamu banyak hal. Aktualisasikan passion kamu di bisnis sampingan.

d. Ide bagus dan kemampuan unik

Kamu punya banyak ide bagus dan kemampuan untuk mewujudkan ide ituKebanyakan perusahaan besar yang sudah sangat terkenal di dunia sekarang ini berawal dari kerja sampingan yang merupakan buah ide bagus, serta kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan ide tersebut.

Tingkat kompetisi makin rendah dan peluang sukses makin besar jika ide kamu unik dan jarang ada orang lain yang memiliki. Kemudian, kamu tinggal merancang strategi untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan.

e. Peluang pasar masih terbuka

Jangan pernah bingung untuk cari kerja sampingan dan usaha sampingan. Jika kamu adalah seorang yang kreatif, maka semua bisa dijadikan bahan kerja sampingan. Peluang pasar masih terbuka dan kreativitas kamu masih bisa dikembangkan, inilah alasan kamu perlu coba pekerjaan sampingan.

Pasti Anda tertarik mencoba salah satunya yang sesuai dengan passion dan kemampuan Anda.

Ini dia rekomendasi cari kerja sampingan yang bisa Anda coba

1. Kerja sampingan di restoran atau warung makan

Kerja sampingan di warung makan salah satu kerja sampingan mahasiswa yang paling banyak diminati untuk mengisi waktu senggang ataupun libur.

Anda bisa mencoba pekerjaan sampingan sebagai waiter, helper, cooker dan sebagainya.

 2. Menjual makanan ringan atau kue

menjual kue via cookpad.id

Kerja sampingan yang satu ini bisa dikatakan juga sebuah bisnis kecil-kecilan. Menjual makanan ringan menjadi usaha kecil kebanyakan ibu-ibu muda untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Selain itu membuat kue juga bisa menyalurkan hobimu. Usaha atau pekerjaan sampingan seperti ini memang tidak membutuhkan modal besar.

Alternatif yang mungkin bisa anda ambil yaitu menitipkan makanan ringan atau kue tersbut ke warung-warung terdekat. Cocok buat karyawan yang cari kerja sampingan.

3. Reseller

reseller via uangonline.com

Reseller merupakan peluang usaha dengan modal kecil yang semua orang bisa kerjakan di rumah. Karena pekerjaan ini hanya menjual produk orang lain dan mendapatkan keuntungan dari penjualan yang sudah ditargetkan untuk mendapatkan komisi.

Jadi, bisa dikatakan reseller juga termasuk kerja sampingan yang menguntungkan dan mengasyikan. Pastikan Anda juga mengembangkan skills marketing ya.

4. Admin sosial media

admin sosial media via kopiholic.wordpress.com

Mencari pekerjaan sampingan di rumah yang menguntungkan dan mengasyikan? Coba saja mendaftar sebagai admin online. Pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah dan Anda diharuskan untuk membuat laporan. Anda hanya mencermati penjualan produk atau Anda diminta untuk mempromosikan produk secara online.

5. Laundry

laundry via juniorlaundry.com

Awalnya Anda bisa bergabung sebagai tenaga kerja sampingan di Laundry. Namun, di kemudian hari ini akan lebih menguntungkan bahkan bisa mengantarkanmu menjadi seorang pengusaha sukses.
Lho, kok bisa? Dimulai dengan mempelajari bisnis laundry dengan jadi karyawannya kemudian setelah Anda lebih mantap bisa memulai bisnis laundry mu sendiri. Menarik, kan?

6. Content writer

content writer via contentwriters.com

Kerja sampingan online tanpa modal paling dicari oleh banyak online salah satunya menjadi content writer di web. Kerja sampingan di internet sangat menguntungkan bagi Anda yang suka menulis. Pekerjaan ini hanya membutuhkan laptop dan jaringan internet.

7. Desain grafis

desain grafis via optiongrafis.blogspot.com

Pekerjaan sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

8. Les privat

les privat via lesprivat.co.id

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah.

upakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Awalnya Anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Akan tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan Anda yang keliling tapi para murid lah yang akan datang ke rumahmu. Menarik, kan?

9. Penitipan anak

Jangan remehkan jasa penitipan anak. Tanpa jasa ini banyak orang yang tidak bisa bekerja karena tidak ada orang lain yang bisa menjaga anaknya. Jasa penitipan anak tidak membutuhkan modal besar. Manfaatkan rumahmu untuk membuka jas penitipan anak.

Bisa juga dengan menjadi karyawan lembaga penitipan anak. Ini akan jadi kerja sampingan yang menguntungkan.

10. Online shop


online shop via lisagopar.com

Kerja sampingan online yang sangat mejamur di Indonesia yaitu online shop atau toko online. Anda cukup measarkan produkmu ke media sosial. Namun, Anda harus didapatkan perhitungan biaya pengiriman barang ke luar kota. Maka dihitung lebih teliti lagi.

11. Translator

translator via betanews.com

Anda bisa menjadi seorang translator bahasa asing untuk mengisi waktu liburmu. Pekerjaan ini sangat keren bagi Anda yang suka bahasa asing. Hanya kerja sedikit menemani tamu klien setelahnya Anda akan dibayar dengan fee yang sangat tinggi.

Jadi, mana pilihan kerja sampingan yang menarik buatmu? Pilihlah yang menurutmu sesuai dengan passion dan skills Anda ya karena tentunya akan lebih menguntungkan. Siapa tahu Anda bisa mengembangkan bisnis dari kerja sampingan.
Top