Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Aman

Komentar

cara menurunkan tekanan darah tinggi via yuklihat.com

Tahukah anda mengenai penyakit darah tinggi? Darah tinggi atau yang dikenal juga dengan hipertensi merupakan penyakit yang banyak ditemui di kalangan masyarakat Indonesia. 

Mengurangi makan bergaram saja belum cukup efektif sebagai cara menurunkan tekanan darah. Anda bisa melakukan cara dibawah ini.

Kehadiran penyakit darah tinggi tentunya sangat mengganggu segala kegiatan Anda. Anda juga pasti akan menemukan kesulitan-kesulitan tertentu dalam menyelesaikan suatu tugas saat Anda memiliki penyakit darah tinggi di dalam diri Anda.

Kerugian-kerugian ini yang membuat Anda perlu mencari cara menurunkan tekanan darah tinggi  yang paling tepat dan sesuai untuk karakteristik diri Anda.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi  ada beraneka ragam. Penanganan yang beraneka ragam ini terdiri dari penanganan secara medis dan non medis.

Secara garis besar, kedua metode penanganan darah tinggi melalui langkah medis maupun herbal memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Kedua cara menurunkan tekanan darah tinggi  ini harus saling melengkapi satu sama lain sehingga khasiatnya bagi penderita darah tinggi akan lebih baik.

Namun demikian, diantara kelemahan dan kelebihan kedua cara penanganan darah tinggi ini, penanganan menggunakan metode herbal sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi  dinilai memiliki kelebihan daripada penanganan secara medis.

Selain itu, penggunaan metode-metode alami juga akan membuat darah Anda semakin bersih dari berbagai kandungan obat yang dapat membahayakan darah Anda. Berikut ini adalah daftar cara menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat Anda terapkan:

Baca Juga : Buat Orang yang Hipertensi Ikuti Tips ini Agar Memiliki Tensi Normal

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Menjalankan Program Penurunan Berat Badan

penurunan berat badan via sehatly.com

Program penurunan berat badan merupakan suatu program untuk mengatur berat badan yang Anda miliki. Program ini adalah suatu program yang sangat penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi di dalam diri Anda.

Hal ini menjadi penting karena darah tinggi dapat terjadi saat Anda memiliki berat badan yang melebihi standar ideal (obesitas) atau kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan sangat buruk bagi Anda.

Menurunkan berat badan memang sebuah hal yang tidak mudah bagi yang menjalankannya. Program ini harus dijalankan secara rutin dan teratur serta membutuhkan kedisiplinan yang tinggi.

Jika Anda ingin menurunkan risiko datangnya penyakit darah tinggi maka Anda perlu menurunkan berat badan Anda sebesar 4 hingga 10 kilogram. Dengan menurunkan berat badan dengan besaran tersebut maka Anda akan menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi sebesar 80%.

2. Melakukan Konsumsi Makanan Sehat Secara Teratur

makan sehat via hellosehat.com

Memakan makanan yang memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh Anda merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi  yang sangat efektif. Efektivitas program memakan makanan sehat sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi sangatlah tinggi.

Dengan memakan makanan sehat maka Anda akan mendapatkan kesembuhan lebih cepat dari penyakit darah tinggi.

Makanan sehat yang baik bagi penderita darah tinggi sangat beraneka ragam. Anda dapat mencari berbagai jenis makanan sehat ini melalui berbagai informasi dan media.

Namun demikian, Anda tetap dapat memperoleh makanan-makanan ini dengan mudah karena makanan-makanan ini ada di sekitar Anda.

3. Mengurangi Konsumsi Natrium

mengurangi konsumsi natrium via id.medic-life.com

Kandungan natrium adalah salah satu pemicu tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh fungsi atau dampak natrium yang dapat mengendap di dalam aliran darah.

Endapan natrium ini membuat dinding pembuluh darah yang ada di dalam tubuh menjadi kaku. Kakunya dinding pembuluh darah ini membuat darah tidak bisa mengalir dengan lancar dan ada tekanan yang lebih kuat kepada pembuluh darah itu sendiri.

Mengurangi konsumsi natrium merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi  yang sangat efektif.

Cara ini dinilai sangat efektif karena dengan mengurangi konsumsi kandungan natrium maka tekanan darah dapat diturunkan sebesar 2 hingga 8mmHG. Nilai ini cukup besar sebagai nilai penurunan tekanan darah sehingga Anda patut mencobanya.

4. Melakukan Olahraga Secara Rutin dan Terjadwal

Olahraga adalah sebuah kegiatan yang sangat menyehatkan bagi diri manusia. Olahraga merupakan pengolahan gerak badan mulai dari kepala hingga kaki.

Ada beragam jenis dan bentuk olahraga yang dapat Anda jalankan di dalam kegiatan sehari-hari Anda. Selain populer, olahraga juga merupakan suatu kegiatan yang dapat menyehatkan dan mengurangi risiko kedatangan penyakit di dalam diri Anda.

Salah satu penyakit yang dapat dilawan dengan menjalankan kegiatan olahraga secara rutin dan teratur ialah darah tinggi. Olahraga dinilai sebagai salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang sangat efektif.

Dengan melakukan olahraga secara rutin Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit darah tinggi hingga 80%.

5. Mengurangi dan Menghindari Rokok

Merokok merupakan sebuah kegiatan yang banyak memiliki keburukan bagi tubuh manusia. Hal ini disebabkan oleh kandungan racun yang sangat beraneka ragam di dalam rokok.

Rokok sendiri juga sangat berisiko dalam menaikkan kecenderungan datangnya penyakit darah tinggi di dalam diri manusia.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi bahkan menghindari rokok jika ingin menghindari penyakit darah tinggi.

6. Mengurangi dan Menghindari Konsumsi Alkohol

mengurangi alkohol via carobati.com

Alkohol merupakan suatu zat yang dapat memberikan manfaat atau keburukan bagi tubuh manusia.

Keberadaan alkohol bisa bermanfaat bila digunakan sesuai dengan peruntukannya. Sementara itu, alkohol dapat berdampak buruk bagi tubuh manusia jika digunakan secara berlebihan.

Salah satu dampak buruk alkohol bagi diri manusia ialah menimbulkan risiko kemunculan tekanan darah tinggi karena alkohol akan membuat kandungan darah semakin kental.

Kandungan darah yang kental ini akan membuat Anda mengalami tekanan darah rendah karena tekanan ke dinding pembuluh darah yang semakin menguat.

7. Mengurangi Tingkat Stress Akibat Kerja

mengurangi stress via quifinanza.it

Stress kerja merupakan salah satu faktor risiko bagi kemunculan tekanan darah tinggi pada diri Anda. Stress akan membuat sistem metabolisme dan hormonal tubuh berantakan.

Sistem yang berantakan di dalam tubuh Anda akan membuat tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan kadar hormon. Kondisi ini akan mempengaruhi hadirnya penyakit tekanan darah tinggi yang sangat besar.

Anda perlu suatu waktu yang dapat membuat Anda santai sejenak dan melupakan permasalahan serta tuntutan kerja yang sering Anda alami.

Selain karena pengaruh pada sistem hormonal, stress kerja juga dapat memicu Anda untuk mengonsumsi makanan atau minuman penenang yang justru akan merusak sistem metabolisme di dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari cara yang baik dalam mengelola stress Anda sehingga risiko tekanan darah tinggi dapat dikurangi dengan baik.

8. Mengurangi Penggunaan atau Konsumsi Kafein

Kafein adalah salah satu faktor risiko peningkatan tekanan darah tinggi. Pengaruh kafein terhadap peningkatan tekanan darah tinggi ini masih diperdebatkan oleh para peneliti.

Namun demikian, kondisi peningkatan kecenderungan penyakit darah tinggi karena kafein memang semakin tinggi di masa sekarang. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba mengurangi konsumsi kafein untuk mengurangi risiko pengingkatan tekanan darah tinggi.

9. Mengurangi Konsumsi Durian

konsumsi durian via khasiat.co.id

Salah satu buah yang wajib Anda hindari saat Anda sedang berupaya menurunkan tekanan darah ialah buah durian. Buah durian memang buah yang sangat lezat dan banyak diminati oleh masyarakat.

Namun demikian, saat Anda mengalami penyakit tekanan darah tinggi maka Anda perlu menghindari dan mengurangi konsumsi durian secara berlebihan.

Buah durian memiliki dampak buruk bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi. Dampak buruk ini muncul dari kandungan lemak yang merupakan kandungan dominan di dalam buah durian. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi buah durian ini.

10. Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak

konsumsi makanan berlemak via isigood.com

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang lain  ialah mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak. Lemak adalah salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya ialah tekanan darah tinggi.

Dengan keberadaan lemak yang berlebihan di dalam tubuh Anda maka Anda akan berisiko mengalami penyumbatan atau pengerasan di sepanjang dinding pembuluh darah.

Oleh sebab itu, Anda perlu menambah konsumsi makanan-makanan sehat, contohnya ialah buah-buahan, sayuran, air putih dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman ini maka akan dapat berhemat.

11. Memperbanyak Konsumsi Buah Pisang

konsumsi buah pisang via okezone.com

Salah satu jenis buah-buahan yang sangat direkomendasikan sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi ialah buah pisang. Buah pisang ialah suatu buah yang memiliki berbagai macam manfaat salah satunya ialah penambah energi bagi kegiatan sehari-hari.

Selain itu, pisang juga mengandung potasium yang sangat baik untuk perkembangan tubuh manusia. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi buah pisang ini secara rutin.

12. Mengobati Berbagai Penyakit Yang Terkait

Penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Penyakit ini berpotensi menimbulkan penyakit-penyakit turunan lain yang lebih berbahaya bagi tubuh manusia.

Beberapa penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat muncul karena tekanan darah tinggi, antara lain: rematik, gula darah, stroke dan lain sebagainya. Penanganan penyakit-penyakit turunan ini  tidak kalah pentingnya dengan penanganan penyakit darah tinggi.

Saat mengalami penyakit-penyakit turunan ini maka Anda juga harus mengobatinya dengan cara yang tepat. Pengobatan yang tepat bagi penyakit-penyakit ini akan membuat Anda lebih sehat dan bugar.

13. Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah Bervitamin

buah bervitamin via wikivitamin.com

Makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia sangat beragam. Namun demikian, ada jenis-jenis makanan tertentu yang memiliki khasiat ekstra bagi tubuh manusia yaitu sayuran dan buah-buahan.

Keberadaan sayuran dan buah-buahan sangat bermanfaat bagi manusia karena kandungan vitamin serta serat yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, penderita darah tinggi wajib mencoba mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mengobati darah tinggi.

14. Mengatur Pola Istirahat

Kegiatan manusia sangat beraneka ragam. Keberagaman kegiatan manusia itu dapat menimbulkan potensi yang dapat membahayakan tubuhnya. Salah satu kegiatan yang dapat membahayakan tubuh manusia ialah kurangnya istirahat.

Selain itu, salah satu akibat dari kurangnya istirahat ialah muncul gejala tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengatur istirahat Anda sehingga Anda terhindar dari tekanan darah tinggi.

Demikian tadi berbagai cara menurunkan tekanan darah tinggi  bagi Anda. Anda dapat mencari cara menurunkan tekanan darah tinggi lainnya. Cara menurunkan tekanan darah tinggi  yang beragam dapat Anda kombinasikan sehingga Anda bisa memperoleh kesehatan seperti yang Anda idam-idamkan. Salam sehat!
Top