Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami dan Tentunya Aman

Komentar

cara menurunkan gula darah via alodokter.com

Gula darah selalu tinggi? Menggunakan Obat Obatan kimia bukanlah satu satunya cara menurunkan gula darah. Simak cara menurunkan gula darah pada artikel berikut ini.

Gula darah adalah bahan bakar dalam tubuh yang fungsinya sebagai energi untuk kerja otak, sistem saraf, dan organ tubuh yang lainnya. Gula darah dalam tubuh diperoleh dan dihasilkan dari sumber makanan yang kita makan, seperti lemak, karbohidrat, dan protein.

Nah, kadar gula dalam tubuh ini, harus berada dalam ukuran yang normal, tidak terlalu tinggi, ataupun terlalu rendah, agar kinerjanya pada organ tubuh lainnya tetap sehat dan normal.

Bagaimana kalau gula darah tubuh terlalu tinggi? Ya, Anda harus menurunkan gula darah itu, seperti yang telah disinggung penjelasan di atas. Gula darah yang tinggi dalam tubuh akan menghasilkan dampak dan akibat tertentu. Contoh bahayanya adalah Anda bisa didiagnosis mengidap diabetes, kerusakan saraf, dan bahkan organ ginjal jadi tidak berfungsi.

Kenapa Harus Menurunkan Kadar Gula Darah? 

Seorang penyandang diabetes memang harus menjalani pengobatan seumur hidupnya untuk menjaga agar gula darah selalu berada dalam rentang normal. Menurunkan gula darah yang tinggi sangat penting baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Ketika tidak diobati, gula darah tinggi dapat menyebabkan:
  • Kerusakan mata, baik berupa kebutaan ataupun katarak mata. 
  • Penyakit kardiovaskular, yakni gangguan-gangguan pada jantung dan pembuluh darah. 
  • Gagal ginjal, ditandai dengan kaki bengkak, darah tinggi dan sesak nafas 
  • Kerusakan saraf (neuropati), gejalanya berupa kesemutan, kebas, dan baal pada jari-jari kaki ataupun tangan. 
  • Infeksi kulit dan gusi 
  • Masalah persendian 
  • Koma diabetes (kondisi gawat darurat)

Kenali Tanda-Tanda Gula Darah Tinggi 

tanda-tanda gula darah tinggi via hellosehat.com

Banyak orang dengan diabetes dapat mendeteksi hiperglikemia. Menurut Mayo Clinic, tanda-tanda gula darah tinggi dapat dideteksi oleh orang yang bersangkutan ketika kadanya mencapai lebih dari 200 mg / dL.

Beberapa gejala umum termasuk: 

  • Tiba-tiba merasa kelelahan yang berlebihan
  • Sakit kepala parah 
  • Pandangan kabur 
  • Sering buang air kecil,terutama di malam hari bisa sampai terbangun hingga 5 kali. 
  • Sakit perut 
  • Mual 
  • Mulut kering 
  • Mebingungan 

Dengan mengenali gejalanya, maka diharapkan bisa mengambil tindakan untuk menurunkan gula darah sebelum berlanjut ke kondisi yang parah. Perlu diwaspadai bahwa gula darah tinggi dapat terjadi tiba-tiba, tetapi dalam banyak kasus berkembang selama beberapa hari.

Memang dengan memperhatikan gejalanya banyak yang tersesat, bahkan ketika kadar gula tinggi banyak yang merasa sehat sehingga tidak melakukan apa-apa, untuk itu diperlukan pemeriksaan gula darah sebagai tolak ukur yang akurat mengenai status kadar gula darah saat ini.

Pemantauan glukosa darah secara teratur adalah penting, terutama pada diabetes tipe 2. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan kadar gula darah berada pada kisaran 70 sampai 130 mg / dL sebelum makan, dan kurang dari 180 mg / dL setelah makan.

Cara menurunkan gula darah dalam tubuh

Setelah mengetahui dampak dan akibat tubuh yang mengandung gula darah tinggi, baiknya Anda segera membuat perubahan kecil yang dimulai dari pola hidup dan asupan makan yang sehat. Sekarang, mari kita ketahui, cara menurunkan gula darah dalam tubuh.

1. Mengonsumsi Bawang Putih untuk Menurunkan Gula Darah

bawang putih via nikita.grid.id

Bawang putih tumbuh subur di kawasan Asia Tengah selama kurang lebih 7.000 tahun. Bangsa Mesir kuno kerap menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan atau pengobatan.

Jika dikonsumsi secara rutin, bawang putih mampu menurunkan kadar gula darah. Pasalnya, umbi ini mengandung zat sulfoxide. Kandungan tersebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin serta membantu penyembuhan infeksi.

Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin dan allyl propyl disulfide. Kedua zat tersebut bisa menghambat penghentian insulin di hati. Supaya kadar gula darah cepat menurun, bawang putih harus dikonsumsi secara langsung. Minimal, Anda mampu mengonsumsi tiga siung bawang putih sekali makan.

2. Mengendalikan Asupan Karbohidrat

makanan berkarbohidrat via hellosehat.com

Karbohidrat merupakan senyawa organik yang menjadi sumber kalori bagi tubuh. Dalam kondisi normal, karbohidrat berfungsi sebagai penambah energi, materi pembangun, serta menjaga keseimbangan asam basa.

Sebaliknya, jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa memperparah penyakit diabetes. Menurut Prof. Dr. dr. I Made Djaja, SKM, Msc dari Universitas Indonesia, karbohidrat menjadi penyebab utama diabetes. Mengurangi asupan karbohidrat dapat menjadi salah satu cara menurunkan gula darah yang ampuh.

Studi ilmuwan dari Columbia University dan Boston Children’s Hospital mengungkapkan, untuk menurunkan kadar gula darah, karbohidrat harus disantap saat akhir sesi makan. Semisal, diawali makan sayuran dan telur, selang 10 menit diikuti konsumsi kentang.

3. Minum Ramuan Daun Kemangi secara Rutin

daun kemangi via suaramuslim.net

Anda pernah melihat tumbuhan dengan bunga di tandan tegak, berdaun hijau, dan beraroma wangi? Itulah ciri-ciri tanaman kemangi yang berasal dari India. Daunnya tidak hanya dijadikan bumbu dapur, tetapi juga obat diabetes alami.

Laura Shane-Mcwhorter, penulis buku The American Diabetes Association: Guide to Herbs and Nutritional Supplements, mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu meningkatkan sekresi insulin. Jika minum air rebusan daun tersebut secara teratur, kadar gula darah akan menurun secara cepat.

4. Lakukan Olahraga secara Teratur

melakukan olahraga via okaydoc.com

Olahraga membantu sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin. Karena sensitivitas meningkat, kadar gula darah cenderung menurun. Secara bertahap, gejala diabetes pun bisa dikendalikan.

Olahraga paling ringan yang bisa dilakukan adalah joging. Dengan gerakan kaki dan tangan secara menyeluruh, kalori dalam tubuh terbakar. Michelle May MD, penulis buku Eat What You Love, olahraga selama 45 menit bisa menurunkan gula darah hingga 155 mg/dl.

5. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

buah dan sayur via hellosehat.com

Makan buah dan sayur lebih banyak bisa membantu pencegahan diabetes. Pun mampu meningkatkan insulin di dalam tubuh. Beberapa sayuran yang dapat Anda konsumsi, antara lain kol, brokoli, kacang-kacangan, serta bayam.

Buah-buahan juga bisa mengatasi diabetes secara alami. Semisal, buah naga; kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi. Karena itu, mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan kadar glukosa.

6. Atur Pola Istirahat Anda

istirahat via kabarmakassar.com

Cobalah menghitung, berapa jam Anda tidur dalam sehari? Untuk ukuran orang dewasa, minimal harus istirahat selama 8 jam per hari. Meski begitu, kualitas tidurlah yang menentukan kesehatan tubuh.

Jadi, saat tubuh terasa sangat lelah, pejamkan mata dan istirahatkan otak. Berdasarkan riset peneliti dari University of Chicago, sebagian besar penderita diabetes memiliki pola tidur yang buruk. Mereka cenderung kesulitan dalam mengendalikan penyakitnya.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa kadar gula bisa meningkat hingga 23 persen jika kurang tidur. Menurut mereka, salah satu cara tidur nyenyak adalah dengan mengurangi stres.

Demikianlah cara menurunkan gula darah paling alami dan efektif yang boleh Anda coba. Cek lebih dulu kadar gula darah Anda sebelum mengonsumsi, lalu setelah beberapa waktu penggunaan pun harus tetap mengeceknya kembali supaya gula darah tak terlalu rendah nantinya.
Top