Tak Perlu Khawatir, Berikut Cara Menurunkan Darah Tinggi Terbaik dan Mudah

Komentar
cara menurunkan darah tinggi tanyoe.com

Penyakit yang bisa menyerang manusia sangatlah beraneka ragam. Keberagaman penyakit ini disebabkan oleh keberagaman faktor risiko penyakit yang sampai saat ini berkembang di masyarakat. Salah satu jenis penyakit yang terus berkembang dan menyerang manusia ialah penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit ini terus menghantui berbagai lapisan masyarakat karena kedatangannya sangat mendadak dan tidak bisa diduga.

Darah tinggi atau dalam bahasa ilmiah disebut hipertensi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan gaya hidup tidak sehat. Selain itu, darah tinggi atau hipertensi bisa juga disebabkan karena keturunan, stress, umur atau usia, terlalu banyak konsumsi sodium, kebiasaan minum minuman beralkohol, dan juga merokok. Penyakit darah tinggi ditandai dengan tekanan darah di arteri meningkat.

Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Tekanan darah tinggi Anda ingin turun tanpa obat? Tentu bisa. Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mudah dan efektif lewat cara yang sederhana tanpa perlu obat-obatan. Hanya mengubah gaya hidup saja. Berikut cara terbaik dan mudah dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

15 Cara Menurunkan Darah Tinggi Terbaik dan Mudah

Cara menurunkan darah tinggi ada beraneka ragam. Penanganan yang beraneka ragam ini terdiri dari penanganan secara medis dan non medis. Berikut ini adalah daftar cara menurunkan darah yang tinggi secara non medis yang dapat Anda terapkan:

1. Menjalankan Program Penurunan Berat Badan

ilustrasi program diet via malangtoday.net

Program penurunan berat badan merupakan suatu program untuk mengatur berat badan yang Anda miliki. Program ini adalah suatu cara menurunkan darah tinggi di dalam diri Anda. Hal ini menjadi penting karena darah tinggi dapat terjadi saat Anda memiliki berat badan yang melebihi standar ideal (obesitas) atau kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan sangat buruk bagi Anda.

Menurunkan berat badan memang sebuah hal yang tidak mudah bagi yang menjalankannya. Program ini harus dijalankan secara rutin dan teratur serta membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Jika Anda ingin menurunkan risiko datangnya penyakit darah tinggi maka Anda perlu menurunkan berat badan Anda sebesar 4 hingga 10 kilogram. Dengan menurunkan berat badan dengan besaran tersebut maka Anda akan menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi sebesar 80%.

2. Melakukan Konsumsi Makanan Sehat Secara Teratur

Memakan makanan yang memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh Anda merupakan salah satu cara menurunkan darah yang tinggi yang sangat efektif. Efektivitas program memakan makanan sehat sebagai cara menurunkan darah tinggi sangatlah tinggi. Dengan memakan makanan sehat maka Anda akan mendapatkan kesembuhan lebih cepat dari penyakit darah tinggi.

Makanan sehat yang baik bagi penderita darah tinggi sangat beraneka ragam. Anda dapat mencari berbagai jenis makanan sehat ini melalui berbagai informasi dan media. Namun demikian, Anda tetap dapat memperoleh makanan-makanan ini dengan mudah karena makanan-makanan ini ada di sekitar Anda.

3. Mengurangi Konsumsi Natrium

ilustrasi natrium via kawaiibeautyjapan.com

Kandungan natrium adalah salah satu pemicu tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh fungsi atau dampak natrium yang dapat mengendap di dalam aliran darah. Endapan natrium ini membuat dinding pembuluh darah yang ada di dalam tubuh menjadi kaku. Kakunya dinding pembuluh darah ini membuat darah tidak bisa mengalir dengan lancar dan ada tekanan yang lebih kuat kepada pembuluh darah itu sendiri.

Mengurangi konsumsi natrium merupakan salah satu cara menurunkan darah tinggi yang sangat efektif. Cara ini dinilai sangat efektif karena dengan mengurangi konsumsi kandungan natrium maka tekanan darah dapat diturunkan sebesar 2 hingga 8mmHG. Nilai ini cukup besar sebagai nilai penurunan tekanan darah sehingga Anda patut mencobanya.

4. Melakukan Olahraga Secara Rutin dan Terjadwal

Olahraga adalah sebuah kegiatan yang sangat menyehatkan bagi diri manusia. Olahraga merupakan pengolahan gerak badan mulai dari kepala hingga kaki. Ada beragam jenis dan bentuk olahraga yang dapat Anda jalankan di dalam kegiatan sehari-hari Anda. Selain populer, olahraga juga merupakan suatu kegiatan yang dapat menyehatkan dan mengurangi risiko kedatangan penyakit di dalam diri Anda.

Salah satu penyakit yang dapat dilawan dengan menjalankan kegiatan olahraga secara rutin dan teratur ialah darah tinggi. Olahraga dinilai sebagai salah satu cara menurunkan darah yang tinggi yang sangat efektif. Dengan melakukan olahraga secara rutin Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit darah tinggi hingga 80%.

5. Mengurangi dan Menghindari Rokok

ilustrasi menghindari rokok via hellosehat.com

Merokok merupakan sebuah kegiatan yang banyak memiliki keburukan bagi tubuh manusia. Hal ini disebabkan oleh kandungan racun yang sangat beraneka ragam di dalam rokok. Rokok sendiri juga sangat berisiko dalam menaikkan kecenderungan datangnya penyakit darah tinggi di dalam diri manusia. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi bahkan menghindari rokok jika ingin menghindari penyakit darah tinggi.

6. Mengurangi dan Menghindari Konsumsi Alkohol

Alkohol merupakan suatu zat yang dapat memberikan manfaat atau keburukan bagi tubuh manusia. Keberadaan alkohol bisa bermanfaat bila digunakan sesuai dengan peruntukannya. Sementara itu, alkohol dapat berdampak buruk bagi tubuh manusia jika digunakan secara berlebihan.

Salah satu dampak buruk alkohol bagi diri manusia ialah menimbulkan risiko kemunculan tekanan darah tinggi karena alkohol akan membuat kandungan darah semakin kental. Kandungan darah yang kental ini akan membuat Anda mengalami tekanan darah rendah karena tekanan ke dinding pembuluh darah yang semakin menguat.

7. Mengurangi Tingkat Stress Akibat Kerja

ilustrasi kurangi stres via papasemar.com

Stress kerja merupakan salah satu faktor risiko bagi kemunculan tekanan darah tinggi pada diri Anda. Stress akan membuat sistem metabolisme dan hormonal tubuh berantakan. Sistem yang berantakan di dalam tubuh Anda akan membuat tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan kadar hormon. Kondisi ini akan mempengaruhi hadirnya penyakit tekanan darah tinggi yang sangat besar.

Anda perlu suatu waktu yang dapat membuat Anda santai sejenak dan melupakan permasalahan serta tuntutan kerja yang sering Anda alami. Selain karena pengaruh pada sistem hormonal, stress kerja juga dapat memicu Anda untuk mengonsumsi makanan atau minuman penenang yang justru akan merusak sistem metabolisme di dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari cara yang baik dalam mengelola stress Anda sehingga risiko tekanan darah tinggi dapat dikurangi dengan baik.

8. Mengurangi Penggunaan atau Konsumsi Kafein

Kafein adalah salah satu faktor risiko peningkatan tekanan darah tinggi. Pengaruh kafein terhadap peningkatan tekanan darah tinggi ini masih diperdebatkan oleh para peneliti. Namun demikian, kondisi peningkatan kecenderungan penyakit darah tinggi karena kafein memang semakin tinggi di masa sekarang. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba mengurangi konsumsi kafein untuk mengurangi risiko pengingkatan tekanan darah tinggi.

9. Meminta Dukungan Keluarga

ilustrasi dukungan keluarga via fssba.org

Jika Anda merupakan salah satu pengidap penyakit tekanan darah tinggi maka Anda harus meminta dukungan sosial dari lingkungan. Dukungan sosial paling intim dapat Anda peroleh dari keluarga. Dengan dukungan dari keluarga maka Anda akan lebih fokus untuk menghindari tekanan darah tinggi.

Selain karena faktor dukungan sosial, dukungan keluarga juga berkaitan dengan peringatan yang konsisten saat Anda menerapkan cara menurunkan darah tinggi. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu dalam meminta dukungan darah tinggi kepada keluarga Anda karena hal ini akan membuat Anda semakin sehat.

10. Memanfaatkan Produk Herbal

Produk herbal adalah salah satu produk pengobatan yang sangat berguna bagi diri Anda. Produk herbal memiliki banyak keunggulan bagi pengobatan, salah satunya pengobatan tekanan darah tinggi. Selain karena khasiatnya yang luar biasa, produk herbal juga mengandung banyak sekali kandungan aktif yang tidak memiliki dampak buruk yang terlalu besar bagi manusia.

Banyak sekali produk-produk herbal untuk menangani penyakit tekanan darah tinggi. Produk-produk ini tentunya berasal dari alam dan merupakan bahan-bahan segar yang dapat Anda peroleh dari sekitar Anda.

11. Mengurangi Konsumsi Durian

ilustrasi durian via jendelacito.info

Salah satu buah yang wajib Anda hindari saat Anda sedang berupaya menurunkan tekanan darah ialah buah durian. Buah durian memang buah yang sangat lezat dan banyak diminati oleh masyarakat. Namun demikian, saat Anda mengalami penyakit tekanan darah tinggi maka Anda perlu menghindari dan mengurangi konsumsi durian secara berlebihan.

Buah durian memiliki dampak buruk bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi. Dampak buruk ini muncul dari kandungan lemak yang merupakan kandungan dominan di dalam buah durian. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi buah durian ini.

12. Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Cara lain yang dapat Anda terapkan dalam mengurangi tekanan darah tinggi ialah mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak. Lemak adalah salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya ialah tekanan darah tinggi. Dengan keberadaan lemak yang berlebihan di dalam tubuh Anda maka Anda akan berisiko mengalami penyumbatan atau pengerasan di sepanjang dinding pembuluh darah.

Oleh sebab itu, Anda perlu menambah konsumsi makanan-makanan sehat, contohnya ialah buah-buahan, sayuran, air putih dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman ini maka akan dapat berhemat.

13. Memperbanyak Konsumsi Buah Pisang

ilustrasi makan pisang via superduper.top

Salah satu jenis buah-buahan yang sangat direkomendasikan sebagai cara menurunkan tekanan darah ialah buah pisang. Buah pisang ialah suatu buah yang memiliki berbagai macam manfaat salah satunya ialah penambah energi bagi kegiatan sehari-hari. Selain itu, pisang juga mengandung potasium yang sangat baik untuk perkembangan tubuh manusia. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi buah pisang ini secara rutin.

14. Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah Bervitamin

ilustrasi makan buah dan sayur via aktual.com

Makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia sangat beragam. Namun demikian, ada jenis-jenis makanan tertentu yang memiliki khasiat ekstra bagi tubuh manusia yaitu sayuran dan buah-buahan. Keberadaan sayuran dan buah-buahan sangat bermanfaat bagi manusia karena kandungan vitamin serta serat yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, penderita darah tinggi wajib mencoba mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mengobati darah tinggi.

15. Mengatur Pola Istirahat

Kegiatan manusia sangat beraneka ragam. Keberagaman kegiatan manusia itu dapat menimbulkan potensi yang dapat membahayakan tubuhnya. Salah satu kegiatan yang dapat membahayakan tubuh manusia ialah kurangnya istirahat. Selain itu, salah satu akibat dari kurangnya istirahat ialah muncul gejala tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengatur istirahat Anda sehingga Anda terhindar dari tekanan darah tinggi.

Penyebab yang sering kali menjadi pemicu darah tinggi adalah pola makan atau pola hidup yang tidak sehat, sehingga sangat dianjurkan bagi Anda yang sudah memilii gejala darah tinggi untuk selalu menontrol pola makan. Hindari makan makanan yang tidaki sehat, selain itu terlalu banyak memikirkan sesuatu yang tidak perlu juga menjadi pemicunya.

Namun tetap saja, faktor genetik atau keturunan juga sangat mempengaruhi. Maka jika Anda sudah terlanjur mengalami atau menderita penyakit darah tinggi lakukan cara menurunkan darah tinggi di atas sesuai dengan yang dianjurkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.
Top