7 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Tubuh akan Langsing dalam Seminggu

Komentar

cara menurunkan berat badan dengan cepat via hidupseimbangku.com

Bagi sebagian orang cara menurunkan berat badan dengan cepat itu adalah hal yang mudah, tapi ada juga yang merasa bahwa menurunkan berat badan itu adalah hal yang sulit. Karena merasa begitu susahnya menurunkan berat badan, banyak orang yang akhirnya menyerah untuk melakukan hal tersebut.

Kita perlu menurunkan berat badan agar kita memiliki berat badan yang ideal. Perlu dicatat bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan yang ideal. Bentuk tubuh adalah anggapan yang subjektif, sedangkan berat badan adalah hal yang objektif. 

Kini banyak cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami, sangat mungkin dilakukan. Penurunan berat badan tergantung pada berapa banyak asupan kalori yang dikonsumsi dan berapa banyak kalori yang dibakar.

Sebaiknya penurunan berat badan dilakukan secara bertahap. Menurunkan berat badan yang dilakukan dalam waktu singkat, umumnya hanya akan menurunkan berat badan sementara saja.

Saat program menurunkan berat badan berakhir, berat badan Anda bisa kembali bertambah sehingga upaya untuk menurunkan berat badan selama ini menjadi tidak efektif.

7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat Dalam Seminggu Terefektif

Sebenarnya, penyebab utama seseorang mengalami kenaikan berat badan diakibatkan dari pola makan yang tidak sehat, yaitu seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak jenuh, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, dan juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga turut berpengaruh besar terhadap program penurunan berat badan, seperti jarang berolahraga, stres, minum-minuman beralkohol dan kurang tidur atau istirahat. Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat yang bisa Anda coba.

1. Diet buah lengkap

Pada hari pertama, konsumsilah buah-buahan lengkap, segala macam jenis buah-buahan yang Anda sukai atau buah untuk diet. Namun buah yang tidak boleh untuk dikonsumsi adalah pisang pada diet hari pertama ini. Sebaliknya, buah-buahan yang sangat disarankan adalah sebagai berikut :


ilustrasi buah via tagtheworkout.com

Semangka
Kandungan gizi pada lemak dapat secara efektif mengurangi lemak dalam perut secara cepat. Kandungan mineralnya yang tinggi dan juga vitamin C nya, sangat baik dalam mengurangi lemak dalam tubuh, sehingga dapat terhindar dari lemak berlebih. Dan merupakan buah yang bagus untuk cara diet ampuh.

Jeruk bali
Kandungan vitamin C nya dan juga serat yang terdapat pada jeruk bali ini, mampu meningkatkan metabolisme tubuh, meluruhkan lemak dan mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. jeruk bali ini juga termasuk makanan diet rendah kalori yang sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan cara diet dengan buah-buahan.

Pir   
Khasiat pir untuk diet sudah tidak diragukan lagi, kandungan vitamin C nya dan juga kalorinya dan lemak nya yang rendah dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak dan sangat baik bagi Anda yang ingin menjalankan diet rendah lemak dan kandungan glikemiknya juga dapat mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga dapat menjadi pilihan bagi penderita diabetes sebagai makanan untuk penderita diabetes.

Alpukat
Pada alpukat ini memang mengandung kaya akan lemak, namun pada alpukat ini lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh, yang tidak menumpuk dalam tubuh dan membuat gemuk. Lemak ini justru membantu Anda menciptakan tubuh dan berat badan yang ideal dan juga sangat diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Khasiat alpukat untuk diet ini diantaranya adalah memperlancar metabolisme tubuh, memberikan rasa kenyang lebih lama dan meluruhkan lemak jahat yang menumpuk. Karena kandungannya yang juga kaya akan nutrisi sehingga buah ini merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat diet.

Nanas
Buah lainnya yang dianjurkan saat program diet yaitu nanas. Khasiat nanas untuk diet ini karena kandungannya yang kaya akan nutrisi dan juga kandungan air nya serta enzim bromelain. Yang mana kandungan air pada nanas tersebut membantu meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh dan enzim bromelain nya, mampu meningkatkan proses pencernaan dalam tubuh. Dengan kandungannya yang kaya akan nutrisi, nanas dapat Anda jadikan bahan alami untuk membantu program diet Anda.

Itulah tadi beberapa contoh buah-buahan yang dianjurkan dalam program diet Anda, namun Anda juga tetap bisa mengkonsumsi buah-buahan lainnya selain pisang di hari pertama diet ini. Dan ingat, jangan menkonsumsi makanan berat lain selain buah di hari pertama ini jika ingin diet Anda berjalan sesuai harapan.

2.  Diet sayur-sayuran

Jika pada hari pertama Anda dianjurkan untuk diet dengan beraneka macam buah selain pisang, maka di hari kedua diet Anda ini Anda bebas untuk mengkonsumsi sayur-sayuran apapun yang Anda suka baik dalam keadaan mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Namun, tidak dianjurkan untuk mengolahnya dengan cara digoreng, yang dianjurkan adalah mengolahnya dengan direbus. Beberapa jenis sayuran yang dianjurkan saat diet antara lain :


ilustrasi sayuran diet via hellosehat.com
  • Brokoli
  • Sawi
  • Labu siam
  • Bayam
  • Buncis
  • Kecambah
  • Wortel

Beberapa sayuran di atas adalah sayuran yang dianjurkan dalam diet di hari kedua, Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus atau dimakan mentah. Dan jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan air putih Anda.

3. Diet sayur-sayuran dan buah-buahan


ilustrasi buah dan sayuran via tunggo,com

Pada hari ketiga cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu ini Anda dapat mengkonsumsi keduanya, buah-buahan dan aneka sayuran. Caranya yaitu Anda mengkonsumsi buah di pagi harinya, kemudian sayur-sayuran di siang harinya dan buah-buahan lagi di malam harinya. Namun cara tersebut tidak mutlak adanya, Anda dapat merubah sendiri sesuai keinginan Anda, namun ingat, untuk tetap tidak menkonsumsi makanan berat lain selain buah dan juga sayur. Dan ingatlah untuk mencukupi kebutuhan air putih Anda, yaitu 8-12 gelas air putih perharinya.

4. Mengkonsmsi pisang dan susu


ilustrasi pisang dan susu via silk.com

Pada hari keempat yaitu dengan mengkonsumsi minimal 10 pisang sehari dan minum susu tiga gelas. Anda dapat melakukan, yaitu pada pagi hari konsumsi pisang dan segelas susu, kemudian siang harinya masih sama dan begitupun dengan malam harinya.

5. Makan nasi dan tomat 

Memasuki hari kelima, selamat Anda sudah diperbolehkan makan nasi. Anda diperbolehkan makan nasi pada siang hari dengan takaran secangkir beras, dan mengkonsumsi tomat sepanjang hari. Tingkatkan asupan air putih Anda menjadi 12-15 gelas perhari.

6. Makan nasi dan sayuran


ilustrasi nasi dan sayur via cookpad.com

Pada hari keenam ini Anda diperbolehkan untuk makan nasi pada siang hari dengan takaran secangkir beras beserta sayuran seharian.

7. Nasi, sayuran dan jus buah


ilustrasi jus sayur via youtube.com

Pada hari ketujuh atau hari terakhir, Anda diperbolehkan mengkonsumsi nasi dengan sayuran dan ditambah dengan jus buah.

Jangan cepat menyerah saat mencoba cara menurunkan berat badan dengan cepat. Memang ada cara menurunkan berat badan secara instan. Namun Sebaiknya kamu mencoba dulu cara menurunkan berat badan secara alami agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
Top