Stop Andalkan Obat Ketika Maag Kambuh! Ikuti Cara Mengobati Maag Alami Berikut

Komentar

cara mengobati maag via hellosehat.com

Apa yang Anda lakukan saat maag kambuh? Kebanyakan orang pasti segera mengkonsumsi obat. Namun, Sebelum mengandalkan obat-obatan untuk mengatasi maag, cobalah cara mengobati maag dengan cara alami seperti berikut!

Penyakit maag merupakan jenis gangguan pencernaan yang paling banyak diderita oleh masyarakat luas, terutama dialami oleh para pekerja. Hal ini terjadi lantaran kebiasaan makan yang tidak teratur, dan mengonsumsi makanan yang tidak tepat.

Jika selama ini Anda memiliki pola makan yang buruk, misalnya selalu melewatkan sarapan, makan siang di atas jam dua, atau bahkan hanya makan satu kali dalam sehari, bisa memicu datangnya penyakit ini.

Makanan yang Anda konsumsi pun bisa menimbulkan maag. Terlalu banyak makan gorengan, mengonsumsi kafein dengan perut kosong, adalah kebiasaan buruk yang membuat maag mudah datang.

Berbagai obat-obatan pereda maag sudah beredar luas hanya untuk menjaga agar tidak terjadi kekambuhan. Saat kambuh, perut dapat terasa melilit dan sakit, serta panas seperti terbakar setelah makan. Sensasi rasa sakit ini biasanya dapat terjadi saat terjadi keterlambatan waktu makan.

Sebelum mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit, coba mengobati maag dengan cara alami. Tanpa obat-obatan, sakit maag bisa mereda dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Baca Juga : GERD adalah Penyakit Lambung yang Wajib Diwaspadai, Ketahui Gejalanya Berikut

Cara Mengobati Maag dengan Bahan Alami

1. Jahe

jahe via hellosehat.com

Jahe merupakan rempah-rempah yang terkenal dengan khasiatnya untuk menghangatkan badan. Disamping khasiatnya yang mampu membuat suhu tubuh menjadi hangat, ternyata jahe memiliki khasiat lain yaitu dapat mengobati penyakit maag.

Konsumsi jahe dengan jumlah 2 sampai 4 gram saja, jika melebihi itu dosis yang dikeluarkan cukup besar dan dampaknya justru akan memperparah penyakit magg tersebut.

2. Lidah buaya

lidah buaya via muslimarket.com

Lidah buaya, tanaman yang satu ini memang memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, tanaman yang terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan rambut ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit magg secara alami.

Caranya cukup mudah, dengan membuat jus lidah buaya dan dikonsumsi setelah bangun tidur, penyakit magg Anda akan berangsur sembuh. Kandungan lidah buaya bermanfaat untuk meredam inflamasi yang terjadi di lambung Anda.

3. Pisang

pisang via hellosehat.com

Pisang selain mengandung serat yang cukup tinggi dan baik untuk melancarkan proses pencernaan, ternyata dengan mengkonsumsi pisang dapat meredam rasa sakit maag.

Namun perlu diperhatikan tidak semua orang cocok mengkonsumsi pisang sebagi obat untuk menyembuhkan penyakit maag. Jika dirasa penyakit Anda justru semakin parah, hentikan mengkonsumsi buah pisang dan coba untuk memilih alternatif lain.

4. Baking soda

baking soda via resepkoki.id

Agar penyakit maag reda kita perlu mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki sifat basah untuk menetralkan asam tersebut. Baking soda merupakan serbuk yang memiliki sifat basa. Anda bisa menggunakan serbuk baking soda ini sebagi cara mengobati maag Anda.

Caranya mudah sekali, Anda bisa membeli Baking Soda di toko khususnya toko yang menyediakan bahan-bahan roti dan mengolahnya menjadi larutan. Campurkan serbuk baking soda sekitar 1 sendok teh dengan segelas air. Aduk sampai merata alau minumlah larutan tersebut.

5. Kunyit

kunyit via aici.co.id

Kunyit atau curcuma memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati penyakit maag secara alami. Anda bisa membuat jamu atau obat magg dengan merebus kunyit yang sudah dicincang dengan 1,5 gelas air. Rebus sampai 15 menit. Tambahkan gula merah atau madu agar rasanya enak. Setelah itu saring rebusan kunyit tersebut dan minumlah.

Adakah dari kalian yang memiliki maag? Nah, ada baiknya jika mengetahui apakah lambung anda memiliki masalah? Karena penyakit maag yang ringan bisa saja menjadi ganas bila tidak dapat pengobatan yang tepat.

Maka dari itu demikianlah artikel mengenai “cara mengobati maag” semoga penjelasan diatas dapat menambah pengetahuan anda dalam penanganan dan mengetahui penyabab maag itu sendiri.
Top