Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Aman Tanpa Obat

Komentar

cara menghilangkan sakit kepala via ohayo.co.id

Kita semua pernah mengalami sakit kepala. Apalagi sakit kepala tertentu yang tak kunjung sembuh. Serangan sakit kepala menjadikanmu sulit untuk fokus maupun melakukan beragam aktivitas. Sehingga banyak orang yang mencari tahu  bagaimana cara menghilangkan sakit kepala.

Ada dua tipe sakit kepala yang paling sering diderita yaitu sakit kepala akibat tegang dan sakit kepala sebelah atau migrain, baik sebelah kiri atau kanan. Kedua tipe ini biasa disebabkan oleh stres, penyakit tertentu, atau pengaruh lingkungan.

13 Cara menghilangkan sakit kepala secara alami, tradisional, dan tanpa obat

Tidak usah terburu-buru menghilangkan sakit kepala menggunakan obat-obatan. Ternyata ada cara menghilangkan sakit kepala secara alami yang bisa mengusir sakit kepala dan mengembalikan keseimbangan tubuh.

1. Memperbanyak minum air mineral

ilustrasi minum air via coldpress.co.id

Terkadang sakit kepala merupakan indikasi atau peringatan tubuh bahwa aliran darah dan oksigen menuju otak mengalami gangguan sehingga otak kekurangan oksigen dan darah. Oleh karena itu ketika Anda mengalami sakit kepala, cara menghilangkan sakit kepala yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah dengan banyak minum air mineral agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga Anda mengalami sakit kepala.

2. Menggunakan es batu

Es batu yang tentu saja dingin ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah yang mujarab. Sensasi dinginnya akan membuat otot menjadi rileks sehingga sakit kepala hilang dengan sendirinya. Caranya adalah dengan membungkus bongkahan es batu dengan kain lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang.

3. Mengkonsumsi kentang

ilustrasi makanan kentang via pengobatanhepatitis.info

Kentang merupakan sumber kalium yang penting bagi tubuh. Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh Anda sedang kekurangan kalium. Agar sakit kepala segera hilang, konsumsi kentang rebus segera. Cukup dengan kentang rebus saja, bukan jenis olahan kentang yang lain karena justru akan membuat kentang memiliki kentang jenuh seperti kentang goreng.

4. Mengkonsumsi pisang

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Hal itulah yang dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan. Untuk menggunakan pisang sebagai cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan, konsumsilah minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin.

5. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint

Salah satu penyebab sakit kepala bisa saja karena Anda telat makan atau karena maag. Sakit kepala yang disebabkan oleh maag tentu berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya. Salah mengkonsumsi obat bisa-bisa maag Anda semakin akut. Cara menghilangkan sakit kepala yang tepat yang disebabkan oleh maag adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint. Anda bisa mengkonsumsi permen mint, minum teh mint, dan lainnya.

6. Mengkonsumsi kopi tapi tidak berlebihan


ilustrasi minum kopi via hellosehat.com

Mungkin terdengar aneh bahwa cara menghilangkan sakit kepala adalah dengan kopi. Hal ini memang akan sedikit berkontradiksi. Di satu sisi, kebanyakan minum kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Kafein yang ada dalam kopi jika dikonsumsi terus menerus dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung sehingga jantung sering terasa berdebar-debar, efek kopi itu juga membuat sakit kepala dikarenakan pembuluh darah mengalami penyempitan.

Namun di sisi lain, kandungan kafein dapat menenangkan sistem saraf yang tegang karena mengalami sakit kepala. Untuk itu cukup dengan meminum 1 gelas kopi untuk menenangkan saraf Anda. Tentu saja bagi Anda yang terlanjur kecanduan kopi, akan lebih bagus jika asupan kopi dikurangi.

7. Minyak kayu putih

Wangi minyak kayu putih dapat membuat saraf yang tegang menjadi rileks dan juga dapat menenangkan pikiran Anda. Kayu putih merupakan tanaman herbal yang kaya akan sineol, terpineol, aldehid valerat, dan butirat yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah.

8. Menghirup minyak atau lilin aromaterapi

ilustrasi menghirup minyak via kompasiana.com

Cara lain untuk membuat rileks saraf yang tegang sehingga sakit kepala hilang adalah dengan menghirup minyak atau lilin aromaterapi. Selain itu juga dapat menenangkan pikiran Anda sehingga pikiran menjadi rileks dan sakit kepala hilang.

9. Menghirup uap air hangat yang dicampur minyak kayu putih

Cara menghilangkan sakit kepala dengan menghirup yang lain adalah dengan menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih. Uap yang Anda hirup ini dapat membuat rileks pikiran Anda sehingga sakit kepala mereda. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hirup dalam-dalam uap air hangatnya.

10. Mengkonsumsi biji wijen

Biji wijen kaya akan vitamin E yang ternyata mampu digunakan sebagai cara menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat. Tidak hanya itu saja, kandungan magnesium yang tinggi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang. Konsumsilah biji wijen setiap hari agar sakit kepala hilang dan tidak kembali.

11. Memijat Tubuh 

ilustrasi pijat kepala via minyakjampang.blogspot.com

Sebenarnya Anda bisa melakukan terapi akupresure (pengobatan alternatif dengan memberi pijatan lembut pada tangan dan kaki). Tapi, Anda bisa melakukan hal ini sendiri di rumah untuk mendapatkan relaksasi dan mengobati sakit kepala. Menurut Mayo Clinic, rasa cemas bisa memicu sakit kepala, sehingga relaksasi dapat memberi rasa tenang dan meringankan sakit kepala. Anda bisa memijat tubuh anda dengan minyak lavender yang memiliki aroma segar untuk relaksasi.

12. Minum Teh Jahe 

Jahe memiliki banyak manfaat yang mengejutkan. Studi yang dilakukan oleh Brigham Young University dan Mount Union College, Ohio, menunjukan bahwa bubuk jahe lebih baik daripada dramamin (tablet untuk mengobati mual karena vertigo atau kondisi lainnya) dalam mengobati mual dan pusing karena mabuk laut. Untuk mengobati sakit kepala yang melanda, cobalah mencampurkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam secangkir teh atau air panas. Efeknya akan terasa dalam 30 menit dan bertahan hingga empat jam.

13. Mengkonsumsi Makanan yang kaya Vitamin C 

Vitamin C juga berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. Selain itu, vitamin ini dapat dengan mudah kita dapatkan dari berbagai bahan yang ada di rumah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Acta Oto-Laryngologica, peneliti menemukan fakta bahwa pasien vertigo dan sakit kepala berangsur baik saat mereka mengkonsumsi makanan kaya vitamin C. Data dari MedlinePlus menyebutkan beberapa makanan yang kaya vitamin C, misalnya buah sitru, stroberi, blewah, paprika hijau, tomat, brokoli, ubi jalar, lobak dan sayuran hijau.


Itulah beberapa cara menghilangkan sakit kepala tanpa dengan obat. Namun, jika sakit kepalamu tidak kunjung sembuh, Anda harus memeriksakan ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
Top