Pusing Jangan Dibiarkan! Ini Cara Menghilangkan Pusing yang Mendadak Datang

Komentar

cara menghilangkan pusing via kata.co.id

Sakit kepala atau pusing tentu pernah dialami oleh hampir semua orang. Banyak hal yang bisa memicu sakit kepala seperti telat makan, kurang tidur, atau mengalami stres berat. Sakit kepala bagi sebagian orang terlihat sebagai penyakit yang tidak serius. Meski tidak serius, sakit kepala tentu tidak bisa diremehkan begitu saja. Sakit kepala bisa membuat aktivitas kita menjadi terhambat karena susah untuk berkonsentrasi.

Banyak yang lebih memilih mengkonsumsi obat sakit kepala sebagai cara menghilangkan pusing dengan cepat. Mengkonsumsi obat-obatan secara terus menerus tentu memberikan dampak kepada kesehatan karena bahan kimia yang terus masuk ke dalam tubuh. Aspirin, salah satu obat untuk pereda sakit kepala yang terus Anda minum dalam jumlah banyak dan sering bahkan dapat merusak ginjal Anda.

Tidak usah terburu-buru menghilangkan sakit kepala menggunakan obat-obatan. Ada cara menghilangkan pusing secara alami, tradisional, dan tanpa obat. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat.

Ketahui dulu apa penyebabnya!

Satu hal penting yang perlu kita tahu bahwa, sebenarnya pusing itu sendiri bukanlah penyakit yang berdiri sendiri, melainkan gejala dari gangguan kesehatan atau penyakit tertentu.

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan pusing antara lain:
  • BPPV (Vertigo posisional paroksismal benigna)
  • Hipoglikemia (kadar gula darah rendah).
  • Hipotensi (tekanan darah rendah).
  • Efek obat tertentu, misalnya seperti obat hipertensi, sedatif, obat penenang, antikejang, antidepresi.
  • Gangguan telinga bagian dalam, apakah itu infeksi atau adanya timbunan cairan, sehingga keseimbangan tubuh terganggu.
  • Gangguan sirkulasi sehingga aliran darah ke otak atau telinga bagian dalam berkurang.
  • Dehidrasi.
  • Kepanasan.
  • Kondisi kesehatan tertentu seperti anemia, migrain, gelisah, gangguan saraf, dll.
  • Dengan demikian, maka cara menghilangkan pusing kepala akan berhasil ketika penyebabnya tadi teratasi dengan tuntas.

Ketika penyebab pastinya saja kita tidak tahu, maka yang bisa kita lakukan adalah meminta bantuan dokter. Namun, sebelum ke dokter, tidak ada salahnya kita lakukan beberapa langkah sederhana yang bisa meringankan rasa pusing.

Misalnya dengan mengatur posisi tubuh, minum air, tarik nafas dalam, dan lain-lain. Pada kondisi pusing yang ringan langkah-langkah sederhana ini akan sangat membantu.

Cara menghilangkan pusing yang perlu dilakukan:

1. Berbaring atau duduk

Ketika pusing melanda, maka duduk atau berbaringlah sesegera mungkin untuk meringankannya. Kalau tak mungkin berbaring, maka pada saat duduk posisikan kepala di antara kedua tungkai agar sirkulasi darah ke otak lebih lancar. Tahan posisi selama 1-2 menit atau hingga pusingnya hilang. Jika Anda mengalami vertigo akut, pejamkan mata saat berbaring.

2. Minum air

minum air putih via okezone.com

Bila dehidrasi adalah penyebabnya, maka minumlah air. Selain kurang minum, dehidrasi juga dapat disebabkan oleh keringat berlebih setelah olahraga, diare atau demam, hingga habis muntah. Semua kondisi ini menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Di samping air putih, Anda juga bisa minum teh panas dengan sedikit gula, sup, kaldu, atau jus buah.

3. Berteduh

berteduh via pictoxo.xom

Kalau suhu udara yang terlalu panas bikin pusing, maka konsumsilah air putih atau minuman segar dan berteduhlah. Jika perlu masuklah dalam ruangan ber-AC.

4. Fokus pada 1 titik

fokus via dictio.id

Fokus pada retakan di dinding atau noda di lantai juga dapat membantu menghilangkan pusing. Setidaknya inilah yang biasa dilakukan seseorang ketika mereka harus berputar-putar saat menari. Fokus pada obyek tertentu membuat tubuh berpikir bahwa Anda tidak sedang berputar.

5. Memijat Tubuh

memijat tubuh via bukittinggi.info

Sebenarnya Anda bisa melakukan terapi akupresure (pengobatan alternatif dengan memberi pijatan lembut pada tangan dan kaki). Tapi, Anda bisa melakukan hal ini sendiri di rumah untuk mendapatkan relaksasi dan mengobati sakit kepala. Menurut Mayo Clinic, rasa cemas bisa memicu sakit kepala, sehingga relaksasi dapat memberi rasa tenang dan meringankan sakit kepala. Anda bisa memijat tubuh anda dengan minyak lavender yang memiliki aroma segar untuk relaksasi.

6. Minum Teh Jahe

teh jahe via detik.com

Jahe memiliki banyak manfaat yang mengejutkan. Studi yang dilakukan oleh Brigham Young University dan Mount Union College, Ohio, menunjukan bahwa bubuk jahe lebih baik daripada dramamin (tablet untuk mengobati mual karena vertigo atau kondisi lainnya) dalam mengobati mual dan pusing karena mabuk laut.

Untuk mengobati sakit kepala yang melanda, cobalah mencampurkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam secangkir teh atau air panas. Efeknya akan terasa dalam 30 menit dan bertahan hingga empat jam.

7. Mengkonsumsi Cuka Sari Apel

cuka apel via hellosehat.com

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka sari apel dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah, mencegah darah tinggi dan rendah. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas air dan mengkonsumsinya dua kali dalam sehari. Namun, anda bisa mencobanya secara perlahan dan buktikan pengaruhnya bagi kesehatan anda.

Berbagai cara menghilangkan pusing di atas terbukti efektif untuk meredakan pusing dan sakit kepala ringan. Namun ingat, jika pusing tidak hilang setelah 3 hari, maka periksakan diri Anda ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Top