8 Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat, Mudah dan Alami, Dijamin Ampuh

Komentar

Menghilangkan komedo via hellosehat.com

Masalah yang paling sering dikeluhkan oleh wanita adalah komedo, lantas bagaimana cara menghilangkan komedo di wajah secara alami? Mari kita baca artikel ini, untuk mengetahui cara menghilangkan komedo dengan mudah, cepat dan alami, serta ampuh dan aman.

Masalah yang kerap kali dikeluhkan oleh pria ataupun wanita adalah komedo, jadi bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami di hidung atau wajah, simak artikel ini agar kita bisa mengetahui cara menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo hitam memang beragam. Ada yang harus mengeluarkan banyak uang, ada juga yang murah. Ada cara alami dan mudah untuk Anda lakukan sendiri dirumah.

Cara mengatasi komedo yang aman, tak perlu membuat kamu merasa tersiksa. Seperti yang kita tahu, biasanya cewek akan melakukan facial untuk meghilangkan komedo di wajah, namun disini kita akan mengetahui cara menghilangkan komedo secara alami.

Menghilangkan komedo jadi lebih mudah dan cepat dengan bahan dapur lho! Simak tips ini ya!
Komedo yang menumpuk bisa merusak penampilan Anda. Menghilangkan komedo bisa memakai cara alami. Anda bingung bagaiamana cara menghilangkan komedo yang efektif dan mudah? Kami punya beberapa cara alami menghilangkan komedo.

Sebenarnya, banyak cara menghilangkan komedo secara alami yang dapat dilakukan di rumah. Sebagai langkah awal, Anda harus mengetahui beberapa cara menghilangkan komedo secara alami, mudah dan cepat. Mari kita bahas bersama-sama artikel berikut ini.


Masalah komedo via bugarfit.com

Faktor munculnya komedo :

  • Menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya
  • Perubahan hormon sehingga produksi minyak bertambah.
  • Berkembangnya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.
  • Sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit.
  • Kulit yang terlalu kering

Komedo ada 2 macam :

  • Komedo hitam: Komedo hitam bersifat terbuka dan ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Komedo hitam ini umumnya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam
  • Komedo putih: Komedo putih tidak nampak, jika dibandingkan dengan komedo hitam. Tapi bisa ditemukan dengan cara menekan pori-pori wajah.

Pada umumnya, komedo hitamlah yang dirasa paling mengganggu penampilan karena sangat jelas terlihat. Beberapa orang pun berusaha untuk menghilangkannya. Inilah cara menghilangkan komedo.


Komedo via familinia.com

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami:

Memanfaatkan Uap Air Hangat


Uap Air via beautynesia.id

Didihkan air sebanyak satu liter. Pindahkan air mendidih ke panci atau baskom. Posisikan wajahmu di atas air panas tersebut sehingga uapnya yang hangat langsung mengenai wajahmu. Kamu bisa menutup kepalamu dengan kain hingga sekalian menutupi baskom untuk menjaga uap tidak keluar. Tahan posisi ini selama kurang lebih 5-10 menit, lalu bersihkan wajahmu.

Hal ini dapat membuka pori-pori wajahmu sehingga dapat meminimalkan proses penyumbatan kotoran, sel kulit mata, dan minyak berlebih sebagai penyebab terjadinya komedo.

Perasan Jeruk Lemon


Gambar Lemon via guesehat.com

Kamu cuma perlu menyiapkan satu buah kapas khusus kulit wajah dan sebuah jeruk lemon. Peras buah lemon dan tampung di mangkuk. Celupkan kapas dan oleskan perlahan-lahan pada area wajah yang terdapat komedo. Diamkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Selain dapat membersihkan kehadiran minyak berlebihan pada wajah, perasan jeruk lemon juga akan memicu pertumbuhan sel-sel baru sehingga menjadikan wajahmu terlihat segar. Kamu bisa lakukan tiap hari sebelum tidur selama dua bulan ke depan.

Perasan Jeruk Lemon dan Gula + Madu


Mengatasi komedo via loop.co.id

Perasan jeruk lemon juga bisa dijadikan cara menghilangkan komedo secara alami yang efektif dengan dicampurkan satu sendok gula pasir dan satu sendok madu. Oleskan campuran ketiga bahan alami ini pada wajah dan pijat-pijat melingkar secara perlahan-lahan. Diamkan selama lima menit sebelum kamu bersihkan dengan kain basah.

Lakukan 1-2 kali seminggu pada hari yang sama untuk mendapatkan wajah segar yang bersih dari kotoran dan minyak yang berlebihan.

Menggunakan Baking Soda


Kegunaan baking soda via aura.tabloidbintang.com

Kamu bisa ambil baking soda dengan sendok kecil. Campurkan dengan sedikit air dan aduk-aduk hingga membentuk pasta yang kental. Oleskan pada hidung, pelipis, dagu, dahi atau area wajah yang terdapat komedo. Diamkan untuk beberapa menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara menghilangkan komedo secara alami ini tiga kali seminggu.

Mengoleskan campuran baking soda dengan air akan memberikan efek pengelupasan alami terhadap permukaan kulit yang tertempel kotoran, minyak, atau sel-sel kulit mati.

Mencampurkan Sereal Gandum dengan Yoghurt


Mengatasi komedo via pemutihwajah.id

Siapkan empat sendok sereal gandum untuk dicampurkan dengan dua sendok yoghurt murni. Sebagai tambahan yang bermanfaat, campurkan juga satu sendok perasan lemon dan satu sendok madu. Campurkan semua hingga merata, lalu oleskan pada wajahmu yang terlebih dahulu sudah dibasahi sedikit.

Diamkan 20 menit agar minyak wajah dapat diserap oleh sereal dan menarik kotoran serta sel-sel kulit mati yang menumpuk. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air.

Cuka Sari Apel


Manfaat cuka apel via tampilcantik.com

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antimikroba sehingga dapat mengurangi inflamasi dan dipercaya mampu membantu menghilangkan komedo. Cairan bersifat asam ini juga dapat mengeringkan juga mengecilkan pori-pori wajah.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan mencampurkan segelas air hangat (sekitar 230mL) dengan dua sendok makan cuka sari apel. Selanjutnya, oleskan campuran ini ke area komedo dan biarkan selama 20 menit sebelum membersihkannya dengan air.

Aloe Vera


Manfaat aloe vera via pemutihwajah.id

Menemukan tanaman ini secara langsung mungkin agak sulit. Oleh karena itu, kamu bisa membeli produk dengan kandungan esktraknya yang umum dijual secara bebas.

Aloe vera memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, juga antioksidan sehingga dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Meski begitu, aloe vera lebih umum digunakan untuk mengatasi jerawat. Manfaatnya untuk menghilangkan komedo masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Masker Putih Telur


Masker putih telur via ciayu.com

Bau putih telur mungkin tidak menyenangkan, tapi bahan alami ini kaya nutrisi dan dikenal mampu menghilangkan komedo. Kamu bisa menggunakannya sendiri atau bersama madu.
Bila hanya ingin menggunakan putih telur saja, berikut caranya:
  • Bersihkan wajah dengan sabun dan keringkan
  • Oleskan putih telur (cukup dari sebutir telur) ke area komedo dan tunggu hingga kering (lapisan pertama)
  • Oleskan lagi putih telur untuk membuat lapisan kedua dan tunggu hingga kering
  • Oleskan lagi putih telur untuk membuat lapisan ketiga dan biarkan selama 15 menit
  • Bersihkan masker putih telur dengan menggosokkan kain basah yang sudah dicelup air hangat


Sedangkan untuk penggunaan putih telur dan madu, berikut caranya:
  • Siapkan putih telur (boleh dari 1 atau 2 telur)
  • Tambahkan satu sendok madu dan aduk merata
  • Oleskan campuran tersebut ke area komedo, biarkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air hangat

Nah, sekarang kita sudah mengetahui cara menghilangkan komedo di wajah, Anda bisa mencobanya sekarang, karena cara menghilangkan komedo secara alami ini sangat mudah untuk dilakukan. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Top