Anda Mengalami Keputihan? Simak Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Berikut

Komentar

Keputihan via majakanikanzaasli.net

Inilah cara menghilangkan keputihan secara alami dan mudah dilakukan. Keputihan memang merupakan hal yang normal, tetapi bisa juga itu salah satu keputihan yang tidak sehat, simak penjelasannya disini.

Banyak wanita yang bingung bagaimana cara menghilangkan keputihan yang tepat. Sebab, meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun keputihan juga bisa mengganggu kita. Ada cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama mengatasi keputihan tidak normal yang akan kami bahas pada artikel ini.

Penting bagi wanita untuk memahami keputihan yang dialaminya sehingga menemukan cara menghilangkan keputihan yang tepat. Dan berikut ini adalah cara menghilangkan keputihan secara alami dan mudah dilakukan. Langkah untuk mengatasi keputihan secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan herbal yang dapat diperoleh dengan mudah dan murah.

Mengalami keputihan tentu tidak menyenangkan, apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Inilah cara menghilangkan keputihan secara alami. Mari kita simak penjelasannya bersama.


Cara mengatasi via atasikeputihan.org

Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita yang normal terjadi terutama pada wanita usia produktif.  Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi.

Namun, keputihan juga dihubungkan dengan kondisi kesehatan dan tanda adanya penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur tertentu yang membuat wanita tidak nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus ekstrim, keputihan dapat berlangsung lama dan disertai bau yang tidak sedap.

Perbedaan Ciri-ciri Keputihan yang Sehat dan Tidak Sehat

Sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya, keputihan yang tidak sehat harus segera diobati. Lalu bagaimana dapat mengetahui apakah keputihan yang anda alami sehat atau tidak sehat. Berikut ini perbedaan ciri-ciri keputihan yang sehat dan tidak sehat.
  • Keputihan yang tidak normal ditunjukkan dengan rasa nyeri yang muncul di bagian perut bawah.
  • Selain itu, keputihan yang tidak sehat pun ditunjukkan dengan rasa gatal yang muncul di sekitar vagina.
  • Keputihan yang sehat teksturnya seperti gumpalan. Berwarna kekuningan setelah menempel pada pakaian dalam.
  • Sedangkan keputihan yang tidak sehat teksturnya tipis dan basah. Terlihat seperti lendir dan tidak mudah hilang
  • Namun, ada juga keputihan yang teksturnya tipis. Terutama keputihan yang disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi.


Cara Mengobati Keputihan secara Alami

1. Mengonsumsi Jahe Hangat

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan dalam pengolahan makanan dan minuman. Ternyata kebiasaan meminum jahe hangat merupakan salah satu cara yang dpaat dilakukan untuk mengobati keputihan.

Konsumsilah jahe hangat secara rutin, karena kandungan dalam jahe dapat mengusir bakteri jahat yang menyebabkan terjadinya keputihan tidak sehat. Bagi anda yang ingin mengolah sendiri jahe hangat anda dapat merebus kemudian menyaring air rebusannya. Akan tetapi, bagi anda yang ingin langsung membeli jadi pun sudah banyak di jual di kedai-kedai penjual jahe hangat dan sejenisnya.

2. Menggunakan Biji Fenugreek

Salah satu cara untuk mengobati keputihan secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi biji fenugreek. Biji fenugreek diketahui memiliki kandungan yang baik untuk menjaga pH vagina dalam batas yang normal.

Ketika pH ada dalam batas yang normal, maka perkembangan bakteri penyebab keputihan tidak sehat pun dapat dicegah. Selain itu, konsumsi dari biji fenugreek pun diketahui dpaat menyeimbangkan hormon estrogen dalam tubuh wanita. Keadaan yang mengganggu seperti keputihan pun dapat dicegah perkembangannya.

3. Mengonsumsi Jus Delima dan Madu

Jus delima juga banyak digunakan manfaatnya sebagai cara untuk mengobati keputihan. Cara yang satu ini cukup mudah dilakukan dan nikmat pula rasanya. Buah delima merupakan salah satu buah yang cita rasanya sangat nikmat.

Buah ini memiliki nutrisi yang penting untuk menjaga tubuh dari perkembangan bakteri yang merugikan, seperti bakteri yang menyebabkan keputihan. Konsumsilah jus delima ini minimal satu gelas sehari. Untuk meningkatkan cita rasanya penggunaan madu pun dapat menjadi pilihan untuk anda.

4. Mengganti Pakaian Dalam secara Rutin

Penyebab keputihan yang paling populer adalah kebiasaan pakaian dalam yang tidak terjaga dengan bersih. Kebiasaan ini harus dihilangkan untuk dapat mengobati keputihan yang tidak sehat yang menimpa anda.

Cara menjaga kebersihan pakaian dalam anda salah satunya adalah dengan rutin mengganti pakaian dalam. Gantilah pakaian dalam anda secara rutin, minimal sebanyak 3 kali dalam satu hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah perkembangan bakteri akibat dari pakaian dalam yang kotor.

5. Tidak Menggunakan Produk Pembersih Vagina

Satu cara lain untuk mengobati keputihan yang anda alami adalah dengan tidak menggunakan produk pembersih vagina. Walau terpublikasikan sebagai produk yang baik untuk membersihkan vagina karena mengandung daun sirih, ternyata bahan kimia dalam produk-produk ini berbahaya untuk membunuh bakteri baik yang dibutuhkan di rongga vagina.

Oleh karena itu, janganlah menggunakan produk pembersih vagina seperti itu. Gunakanlah pembersih vagina yang alami seperti yang akan dijelaskan di cara berikutnya.


Keputihan normal via klinikgraciajakarta.com

6. Mengonsumsi Pisang dalam Jumlah yang Banyak

Selanjutnya cara untuk mengobati keputihan secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi pisang. Pisang diketahui memiliki manfaat untuk menyeimbangkan hormon yang diperlukan oleh organ reproduksi untuk dapat berjalan dengan normal. Hormon-hormon reproduksi ini jika berada dalam keadaan yang tidak stabil dapat menyebabkan keputihan pada organ reproduksi wanita.

Oleh karena itu pengobatan dengan mengonsumsi pisang secara rutin dapat anda lakukan. Konsumsilah pisang di setiap waktu makan anda untuk mengobati keputihan yang tidak sehat.

7. Tidak Mengonsumsi Makanan Berminyak

Makanan berminyak sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan reproduksi. Kesehatan reproduksi yang terganggu akibat konsumsi makanan berminyak yang berlebihan disebabkan oleh kandungan lemak pada makanan berminyak yang menyebabkan keputihan.

Lemak tersebut menyebabkan hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Karena hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang, maka kondisi keputihan pun menjadi semakin buruk. Hal ini dapat anda obati dengan berhenti mengonsumsi makanan yang memiliki kondisi minyak berlebih.

8. Mengonsumsi Jus Anggur dan Madu

Cara untuk mengobati keputihan selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan kandungan dalam buah anggur. Anggur merupakan buah yang mengandung zat yang mampu mengusir bakteri serta virus yang menyebabkan keputihan.

Selain itu, kandungan dalam warna anggur diketahui mampu menjaga pH murni dari rongga vagina agar terhindar dari pertumbuhan bakteri. Anda dapat menyiapkan jus anggur ini sendiri dengan menyampurkan jus anggur serta madu untuk hasil yang lebih nikmat.

9. Tidak Mengonsumsi Kafein

Kafein diketahui merupakan penyebab keputihan yang cukup sering dialami oleh wanita. Kandungan kafein dapat menyebabkan terjadinya perubahan hormon estrogen. Keadaan ini tentunya membuat keputihan yang seharusnya normal menjadi tidak normal.

Nilai pH dari rongga vagina pun dapat meningkatkan dan menyebabkan pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat. Itulah mengapa konsumsi kafein harus dihindari oleh wanita, konsumsi kafein ini mencakup kandungan dalam teh, kopi, dan berbagai jenis minuman lainnya yang umum dikonsumsi manusia.

10. Mengonsumsi Yogurt

Satu cara lain untuk mengatasi keputihan pada wanita adalah dengan mengonsumsi yogurt. Yogurt merupakan makanan yang memiliki kandungan probiotik alami yang mampu melawan pertumbuhan bakteri di rongga-rongga vagina.

Jika anda sering mengonsumsi yogurt, maka bakteri tidak baik itu pun dapat dimusnahkan dan keputihan tidak akan muncul kembali. Konsumsilah yogurt setiap hari dan dapatkan tubuh sehat anda tanpa adanya keputihan yang mengganggu. Saat ini yogurt sudah dengan mudah dapat anda beli di market market sekitar anda.

11. Menggunakan Cuka Apel

Penggunaan cuka apel juga dapat dilakukan dengan cuka apel. Seperti diketahui cuka apel memiliki kandungan yang dapat menjaga normalitas dari pH vagina. Jika pH vagina tidak dalam kondisi normal, maka hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita.

Manfaat cuka apel untuk keputihan ini dapat dirasakan dengan mengonsumsi cuka apel. Bagaimana anda dapat mengonsumsinya? Campurkanlah cuka apel tersebut dengan air hangat dan tambahkan madu untuk memudahkan  konsumsi anda.

12. Mengonsumsi Jus Basil dan Susu

Langkah selanjutnya dalam mengobati keputihan adalah mengonsumsi jus basil dan susu. Konsumsi dari jus basil dan susu ini dapat mengobati keputihan karena kandungan dalam daun basil yang mampu menjaga tingkat pH rongga vagina tetap dalam kondisi normal.

Anda dapat mengonsumsi jus basil dengan membuatnya sendiri dengan menghaluskan daun basil. Setelah halus campurkan susu pada jus basil untuk menambah cita rasa. Namun pastikan susu yang anda gunakan adalah susu rendah lemak.

13. Mengonsumsi Banyak Air Mineral

Selanjutnya anda juga dapat mengobati keputihan dengan mengonsumsi banyak air mineral. Air mineral ini sangat bermanfaat untuk melarutkan bakteri di rongga vagina ke saluran pembuangan. Sehingga bakteri-bakteri jahat pun tidak lagi dapat menyebabkan keputihan di rongga reproduksi anda.

Oleh karena itu, konsumsilah banyak air mineral jika anda sedang memiliki masalah keputihan. Hal ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi permasalahan keputihan yang banyak dialami oleh perempuan.

14. Membiasakan Penggunaan Panty Liner

Keputihan yang mengganggu pun dapat anda atasi dengan memanfaatkan penggunaan panty liner. Panty lliner sudah populer dan banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Penggunaan dari panty liner ini diketahui sangat baik untuk menjaga kondisi pH normal rongga vagina.

Akan tetapi anda disarankan untuk memilih panty liner yang terbuat dari bahan kapas murni. Hindari penggunaan panty liner dari bahan sintesis karena akan memperparah kondisi pH rongga vagina anda.

15. Menggunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Pemilihan bahan pakaian dalam yang nyaman ternyata dapat memberikan pengaruh pada kondisi keputihan seseorang. Jika bahan dari pakaian dalam yang digunakan tidak nyaman, maka kelembaban di daerah organ reproduksi dapat meningkat.

Peningkatan kelembapan ini kemudian dapat juga meningkatkan produksi bakteri. Jika produksi bakteri terus meningkat, maka keputihan pun dapat menyerang. Keputihan ini dapat anda cegah jika anda menggunakan pakaian dalam dari bahan katun. Bahan katun ini sangat cocok untuk menjaga kelembapan organ reproduksi anda.


Keputihan biasa via tokoacep.info


16. Tidak Mengonsumsi Makanan Bersuhu Tinggi

Suhu badan yang tinggi ternyata dapat menyebabkan kondisi keputihan anda menjadi semakin buruk. Jika anda ingin mengobati kondisi keputihan anda, maka anda hindarilah makanan-makanan yang megadung suhu tinggi pada badan. Makanan tersebut antara lain adalah terong, ikan laut, lemak daging, dan juga nanas.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat juga tidak memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan reproduksi anda. Anda boleh mengonsumsinya sekali-kali tetapi hindari konsumsi di masa anda sedang mengalami menstruasi.

17. Membiasakan Menjaga Kebersihan Vagina

Cara mengobati keputihan selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk menjaga kebersihan vagina. Hal ini dapat dilakukan dengan tidak membiasakan tubuh menjadi pemalas dan jorok. Jagalah kebersihan vagina dengan mandi secara rutin dan mengganti pakaian dalam secara rutin.

Jika anda biasa hidup tidak bersih, maka sangat pasti anda akan sering mengalami masalah keputihan. Anda pun tidak boleh memiliki rasa malas untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Karena hanya kerajinan andalah yang dapat memastikan kesehatan anda dapat terjaga dengan baik.

18. Melakukan Olahraga Yoga dengan Rutin

Langkah selanjutnya untuk dapat mengobati keputihan yang anda alami adalah dengan rajin melakukan olahraga. Olahraga yang dapat menjadi pilihan anda adalah olahraga yoga. Yoga diketahui merupakan salah satu cara untuk mengobati keputihan yang paling ampuh.

Gerakan-gerakan dalam yoga diketahui mampu menyeimbangkan produksi hormon seorang wanita. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa yoga merupakan salah satu cara untuk mengobati keputihan untuk anda yang ingin tetap sehat dan juga tetap cantik.

19. Mandi Menggunakan Air Daun Sirih

Daun sirih memiliki kandungan senyawa yang sangat baik untuk membasmi bakteri penyebab keputihan tidak sehat. Lalu bagaimanakah cara penggunaan daun sirih ini? Pertama, anda dapat merebus daun sirih untuk kemudian digunakan air rebusannya sebagai air mandi.

Air mandi dari rebusan daun sirih ini sangat disarankan untuk digunakan membersihkan bagian organ reproduksi wanita. Kondisi vagina pun akan kembali bersih dengan menggunakan cara ini dibandingkan dengan produk pembersih yang mengandung bahan kimia. (Baca Juga: Cara Melancarkan Haid , Cara Mengatasi Nyeri Haid)

20. Minum Rebusan Air Daun Sirih

Cara untuk mengobati keputihan lain menggunakan daun sirih adalah dengan meminum air rebusan dari daun sirih. Anda tidak perlu khawatir dengan konsumsi dari air rebusan daun sirih ini. Air rebusan daun sirih aman dan tidak berbahaya.

Kandungan dalam air daun sirih yang dikonsumsi pun dapat mengangkat bakteri di rongga vagina ke jalur pembuangan. Hal ini kemudian akan menghasilkan rongga vagina yang bersih dan tidak terganggu lagi oleh keputihan. Daun sirih merupakan cara yang paling ampuh untuk membasmi keputihan.

21. Mengonsumsi Biji Rami

Satu lagi cara untuk mengobati keputihan yang dapat anda coba, yaitu dengan mengonsumsi biji rami. Biji rami diketahui memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kadar lendir di vagina. Biji rami ini merupakan salah satu jenis rempah yang aman untuk dikonsumsi.

Manfaat utama dari biji rami ini khususnya ada pada kemampuannya untuk menjaga stabilitas pH di rongga vagina. Jika anda ingin mengonsumsi biji rami ini anda dapat mengonsumsinya bersama buah alpukat. Konsumsilah keduanya satu buah satu hari. (Baca Juga: Cara Mengatasi Keputihan  ,Gejala Kista pada Wanita)


Keputihan wanita via harvestsupplement.com

22. Minum Rebusan Air Beras

Satu lagi cara untuk mengobati keputihan yang perlu anda ketahui, yaitu dengan mengonsumsi air rebusan dari beras. Tapi beras yang dapat digunakan adalah beras putih. Carangnya adalah anda dapat merebus beras putih hingga mendidih. Jika sudah mendidih, ambil beberapa banyak airnya dan taruhlah dalam wadah gelas.

Ambil secukupnya saja untuk konsumsi satu gelas per hari. Jika anda ingin lebih mudah meminumnya, maka tambahkanlah satu sendok makan madu untuk membasmi keputihan. Kandungan dari air rebusan beras ini diketahui sangat ampuh untuk membasmi bakteri penyebab keputihan.

23. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih merupakan satu lagi bahan alami yang dilakukan untuk menjadi cara untuk mengobati keputihan. Cara untuk mengobati keputihan ini dilakukan dengan memanfaatkan kandungannya sebagai anti bakteri.

Anda dapat mengonsumsi bawang putih secara rutin dengan mencampurkannya dalam makanan atau mengonsumsinya mentah-mentah. Memang rasanya cukup pedas, akan tetapi manfaatnya sangat baik untuk tubuh. Jadi anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya secara rutin. Bawang putih pun termasuk cara pengobatan yang cukup murah.

24. Mengonsumsi Jus Lemon dan Madu

Cara untuk mengobati keputihan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jus lemon dan madu. Lemon memiliki kandungan yang sangat baik sebagai antioksidan. Antioksidan juga diketahui bermanfaat untuk mengusir racun yang membahayakan dalam tubuh, termasuk juga yang menyebabkan keputihan.

Oleh karena itu konsumsi lemon pun dapat dilakukan dengan mudah. Anda cukup membuat jus dari lemon dan mengonsumsinya bersama dengan madu. Campuran ini rasanya nikmat dan tidak mahal biaya pembuatannya.

Nah itulah cara menghilangkan keputihan secara alami, dan ciri-ciri keputihan yang sehat dan tidak sehat. Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Top