Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel dan Pencegahannya

Komentar

cara menghilangkan jerawat batu via SolusiSehatku.com

Jerawat batu atau Cystic acne adalah jerawat yang paling membandel dan biasanya paling sulit dihilangkan serta meninggalkan bekas luka. Jerawat paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Jerawat batu sejatinya seperti jerawat biasa yang dapat mengganggu penampilan, untuk menghilangkannya pun harus dengan cara benar. 

Jangan cemas, cara menghilangkan jerawat batu cukup mudah. Sebelumnya, perlu kamu ketahui, jerawat batu muncul saat minyak, sel kulit atau bakteri menyumbat folikel rambut, dan kemudian sistem kekebalan tubuh segera masuk untuk membersihkan. Menurut ahli dermatologi Valerie Goldburt. Bahkan, bakteri tersebut juga dapat menyebabkan infeksi. Dan satu lagi, jangan pernah pecahkan jerawat dengan cara dipencet, karena akan semakin memperparah.

Berbagai macam informasi tentang cara menghilangkan jerawat batu secara alami yang sudah terbukti aman tanpa efek samping yang berbahaya. Yuk kita simak caranya.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Jerawat batu sebenarnya dapat diatasi dengan obat jerawat yang mengandung isotretinoin, krim retinoid, benzoil peroksida, dan asam salisilat. Namun, ada cara menghilangkan jerawat batu dengan beberapa bahan alami seperti berikut.

1. Es Batu

ilustrasi es batu via alodokter.com

Suhu dingin es batu dipercaya dapat mengurangi peradangan dan inflamasi. Sehingga, mengompres jerawat batu dengan es diyakini bisa mengurangi kondisi tersebut.
  • Siapkan beberapa buah es batu dan kain bersih.
  • Tempelkan pada kulit berjerawat selama sekitar 10 menit.
  • Lakukan paling tidak sehari 2 kali sehari. Yaitu, setiap pagi dan malam.

2. Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya via alodokter.com

Lidah buaya tidak hanya bersifat menenangkan, tapi juga mengandung asam salisilat yang dipercaya dapat mengatasi jerawat.
  • Siapkan satu buah lidah buaya dan belah menjadi dua.
  • Gunakan sendok dan ambil gel dari dalamnya.
  • Oleskan pada wajah seperti menggunakan pelembap wajah.
  • Aplikasikan tiap hari 1-2 kali atau tiap dibutuhkan.

3. Teh Hijau

ilustrasi teh hijau via PojokJogja.com

Teh hijau yang tinggi kaya akan antioksidan dipercaya mengurangi perandangan pada jerawatmu.
  • Teh hijau yang kaya akan antioksidan diyakini bisa mengurangi peradangan akibat jerawat  batu.
  • Siapkan teh hijau dan seduh selama sekitar 4 menit.
  • Setelah dingin, ambil kapas dan aplikasikan pada bagian yang berjerawat.
  • Biarkan hingga mengering, bilas, dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk bersih.

4. Air Perasan Lemon

ilustrasi perasan lemon via livestrong.com

Asam sitrat dalam lemon dapat menjadi disinfektan sekaligus mengeringkan jerawat batu. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat berfungsi sebagai disinfektan bagi jerawat batu. Asam tersebut akan sekaligus membantu mengeringkan jerawatmu.
  • Siapkan air perasan lemon dan kapas.
  • Celupkan kapas ke dalam perasan air lemon, lalu oleskan pada jerawat batu.
  • Biarkan air perasan lemon di jerawat batu selama 15 menit.
  • Bilas wajahmu dengan air hangat.
  • Lakukan langkah ini sehari sekali.
Untuk kulit yang mengalami iritasi saat memakai ramuan ini, kamu bisa menambahkan air putih pada air perasan lemon sebelum pemakaian. Langkah ini akan mengurangi kadar asam di dalamnya.

Jumlah air putih yang ditambahkan sebaiknya sama dengan jumlah air perasan lemon yang kamu gunakan. Misalnya, jika kamu menggunakan 1 sendok teh air perasan lemon, air putih yang sebaiknya ditambahkan juga sebanyak 1 sendok teh.

5. Oatmeal

ilustrasi oatmeal via prevention.com

Campuran oatmeal dan air bisa membantu dalam pengikisan kulit mati dan membersihkan pori-pori. Ramuan ini juga akan membantu dalam menjaga agar kadar asam atau pH pada kulit tetap seimbang.
  • Campurkan oatmeal dengan air putih hingga rata.
  • Gosokkan secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar pada kulitmu.
  • Lakukanlah sekali dalam sehari.

Cara Mencegah Jerawat Batu Datang Kembali 

ilustrasi cuci muka via isigood.com

  1. Rutin membersihkan wajah. Bersihkan wajah 2 kali sehari, sebelum beraktivitas dan pada malam hari. Pilih pembersih wajah yang mampu membersihkan kotoran serta minyak pada wajah.
  2. Saat sedang berjerawat, hindari penggunaan scrub yang justru dapat mengiritasi kulit. 
  3. Hindari memencet jerawat, jangan menekan jerawat. Sering memencet jerawat yang sedang meradang, bukan mengurangi jerawat yang timbul, tapi malah memperparah kondisinya sekaligus meningkatkan risiko kemunculannya.
  4. Jangan salah pilih produk kecantikan. Menggunakan produk kecantikan mungkin dapat memperburuk kulit berjerawat. 
  5. Gunakan tabir surya tiap hari. Menggunakan tabir surya setiap hari pakai tabir surya dipercaya dapat membantu perawatan kulit berjerawat. Penggunaan tabir surya setiap hari dapat mencegah dari paparan sinar matahari juga kanker kulit.
  6. Pada kasus wanita, perubahan hormon bisa menyebabkan perubahan kulit, antara lain siklus menstruasi, menopause, gangguan keseimbangan kadar hormonal yang disebut sindrom ovarium polikistik, dan kehamilan.
Cara penggunaannya sangat sederhana dan mudah kan? Tapi ingat, kamu juga harus menjaga kebersihan kulitmu. Semoga artikel cara menghilangkan jerawat  batu dapat bermanfaat.
Top