Cara Paling Cepat Menghilangkan Bau Mulut

Komentar

cara menghilangkan bau mulut via markijar.com hellosehat.com

Banyak orang merasa minder atau tidak nyaman jika memiliki bau mulut, terutama jika harus berbicara dengan banyak orang. Bau mulut merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi setiap orang.

Kebiasaan kita yang sering mengkonsumsi makanan seperti jengkol, pete, bawang putih, ikan laut, atau jarang menggosok gigi, gigi berlubang dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut.


Inilah Penyebab Bau Mulut Tanpa Anda Sadari

ilustrasi penyebab bau mulut via teknikhidup.com

1. Kebersihan mulut

Faktor kebersihan mulut yang buruk dapat mengakibatkan penimbunan sisa makanan di dalam mulut. Berbagai jenis bakteri yang terdapat di dalam mulut bertindak atas partikel makanan, yang dapat melepaskan uap hidrogen sulfida, sehingga menjadi penyebab bau mulut yang busuk. Kebersihan mulut yang tidak terjaga seperti tidak teratur menyikat gigi, akan membuat partikel makanan lengket pada gigi. Dalam jangka panjang, partikel makanan yang lengket tersebut berubah menjadi zat keras yang disebut plak, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan gigi.

2. Konsumsi makanan

Mengkonsumsi makanan seperti bawang putih dan bawang merah, ditambah dengan minyak atsiri dapat menjadi penyebab bau mulut. Minyak yang tajam ini terserap ke dalam aliran darah selama proses pencernaan. Di paru-paru, bau yang menyengat dilepaskan ke udara, yang dihembuskan melalui hidung. Terkadang, bau mulut yang disebabkan oleh konsumsi bawang putih dan bawang merah dapat bertahan sampai 70 jam. Air liur sendiri juga dapat membuat bau mulut menjadi bertambah tajam untuk jangka waktu yang cukup lama.

3. Tembakau dan alkohol

Baik tembakau atau alkohol dapat menyebabkan mulut jadi kering, sehingga menyebabkan bau busuk pada mulut. Selain itu, asap rokok yang mengandung nikotin, tar dan zat lainnya, yang terakumulasi di dalam mulut, sehingga menyebabkan penyakit periodontal dan bau mulut. Konsumsi alkohol juga bisa mengakibatkan masalah pencernaan, yang juga dapat dihubungkan dengan bau busuk pada mulut.

4. Masalah hidung dan tenggorokan

Penyebab bau mulut dapat dikaitkan juga dengan hidung. Setiap zat asing yang terjebak di dalam hidung akan dapat menjadi penyebab bau mulut. Kondisi ini bisa saja disebabkan oleh infeksi sinus, yang menyebabkan keluarnya cairan dari sinus untuk melewati bagian belakang tenggorokan, yang pada akhirnya menimbulkan bau busuk. Selain itu, infeksi tenggorokan juga dapat menyebabkan bau mulut.

5. Kadar Asam Lambung Tinggi

Orang yang memiliki penyakit maag (kadar asam lambung tinggi), biasanya bersendawa dengan diikuti keluarnya aroma bau yang busuk. Aroma yang dikeluarkan mirip seperti aroma asam cuka. Maoritas masyarakat mengira asam lambung hanya berkaitan pada bagian pencernaan. Tapi pada kondisi yang buruk, asam lambung juga dapat mencapai bagian dalam telinga dan sinus. Kurangi konsumsi minuman atau makanan yang dapat menjadi pemacu peningkatan asam lambung. misalnya kurangi konsumsi kayu manis, coklat dan minuman beralkohol.

6. Mulut kering misal karena puasa

Merupakan hal yang umum mengalami bau mulut saat bangun tidur di pagi hari. Kondisi ini disebabkan karena penurunan produksi air liur saat tidur, karena mulut yang terus tertutup untuk jangka waktu lama. Oleh karena itu, air liur memiliki peran yang sangat penting dalam membersihkan dan melembabkan mulut. Akumulasi cairan ini membantu dalam proses menelan, yang membantu mulut dalam menyingkirkan sisa-sisa makanan, bakteri, serta sel-sel mati. Air liur memiliki potensi untuk membunuh bakteri di dalam mulut. Dengan penurunan produksi air liur, hal ini dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, puasa juga bisa menimbulkan bau mulut, karena pemecahan bahan kimia atau ketoasidosis.

7. Penyebab bau mulut lainnya

Beberapa jenis penyakit kanker bisa menjadi penyebab bau mulut. Infeksi paru-paru dan abses dapat menghasilkan nafas berbau tidak sedap. Bahkan diabetes dan gangguan asam lambung kronis bisa menyebabkan bau mulut. Beberapa orang dengan intoleransi laktosa dapat mengalami bau mulut, ketika mereka mengonsumsi produk susu. Dehidrasi dan sembelit juga dapat menyebabkan masalah pencernaan yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. kemudian Gigi palsu juga bisa menjadi penyebab bau mulut, seandainya tidak dibersihkan dengan benar.


Sebenarnya, sangat mudah cara menghilangkan bau mulut, sekaligus menjaga agar gigi dan gusi Anda tetap sehat pada saat yang bersamaan. Simak bagaimana cara menghilangkan bau mulut di bawah ini agar mulut Anda terasa segar dan bersih.

Inilah 12 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Medis

Masalah bau mulut memang menyebalkan, tapi siapa sangka jika masalah ini bisa diatasi dengan mudah dengan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Berikut adalah cara mengatasi bau mulut secara alami dan juga medis.

1. Kayu Manis

ilustrasi kayu manis via hellosehat.com

Kayu manis memang beraroma harum dan siapa sangka jika rempah yang satu ini mengandung zat aktif yang juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Kayu manis mengandung senyawa cinnamic aldehyde atau sejenis minyak essens alami yang mampu membunuh bakteri dalam mulut sekaligus menyegarkan nafas yang tidak sedap.

Cara pemakaian:
  1. Rebus satu sendok makan bubuk kayu manis dalam 500 ml air atau jika tidak tersedia bubuk kayu manis, Anda bisa langsung merebus beberapa batang kayu manis dalam air secukupnya.
  2. Setelah mendidih dan berubah warna menjadi coklat pekat, saring larutan kayu manis tersebut.
  3. Gunakan larutan kayu manis untuk berkumur setelah menggosok gigi, satu hingga dua kali dalam sehari.

2. Teh Hijau

Banyak penelitian yang telah berhasil membuktikan khasiat teh hijau dalam mengatasi masalah mulut. Sebuah penelitian di Mesir menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin memiliki jumlah bakteri dalam mulut yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Tidak hanya itu, penelitian lain yang dilakukan di Jepang oleh Kaneko dan kawan-kawan tahun 1993 menyebutkan bahwa senyawa polifenol khususnya catechin dalam teh hijau mampu mengurangi halitosis atau bau mulut setelah dikonsumsi selama empat minggu.

Cara pemakaian:
  1. Seduh daun atau kantung teh hijau dalam air hangat atau air panas.
  2. Konsumsi teh tersebut seperti mengkonsumsi teh pada umumnya. Minumlah teh tersebut dua hingga tiga kali sehari.
  3. Selain diminum, teh hijau juga bisa dijadikan obat kumur yang efektif untuk mengatasi masalah bau mulut.

3. Parsley atau seledri

ilustrasi parsley via lovethegarden.com

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa tanaman parsley yang masih satu famili dengan tanaman seledri juga dapat digunakan untuk menyingkirkan masalah bau mulut. Senyawa aktif dalam daun parsley seperti klorofil terbukti ampuh menghilangkan bau mulut pada penderita halitosis atau oral malodor.

Cara pemakaian:
  1. Kunyah beberapa batang daun pasrley selama beberapa menit atau campurkan dengan salad kesukaanmu.
  2. Selain mengunyahnya secara langsung, Anda juga bisa membuat jus daun pasrley dengan memblender beberapa batang parley dan mencampurnya dengan perasan jeruk lemon.

4. Fenugreek

ilustrasi fenugreek via fitnesstipss.com

Anda mungkin belum familiar dengan jenis tanaman yang satu ini. Fenugreek adalah tanaman asal Yunani yang dikenal dengan nama klabet di Indonesia. Fenugreek bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi bau mulut. Fenugreek mengandung senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri dalam mulut dan menyegarkan nafas.

Cara pemakaian:
  1. Rebus beberapa butir fenugreek atau klabet dalam segelas air selama 15 menit kemudian saring airnya.
  2. Minum air rebusan fenugreek tersebut secara rutin dipagi hari atau gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur hingga bau mulut berangsur-angsur menghilang.

5. Cuka Apel

ilustasi via dewiku.com

Asam yang terkandung dalam cuka apel dapat merangsang kelenjar saliva untuk memproduksi air liur yang dapat mengatasi masalah mulut kering. Cuka apel juga terbukti efektif mampu menyeimbangkan pH dalam mulut agar bakteri tidak dapat berkembang biak dan melakukan aktivitas pembentukan senyawa volatile sulfur compounds penyebab bau mulut.

Cara pemakaian:
  1. Larutkan satu sendok makan cuka apel dalam satu gelas air.
  2. Minum larutan tersebut sebelum makan untuk melancarkan pencernaan dan menghilangkan bau mulut.
  3. Selain diminum, Anda juga bisa menggunakan larutan tersebut untuk berkumur setelah menggosok gigi.

6. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tapi, khasiat lemon tidak hanya sampai disitu, buah yang merupakan salah satu jenis tanaman citrus ini juga mengandung asam yang sangat tidak disukai oleh bakteri.

Senyawa asam pada lemon tidak hanya ampuh membunuh bakteri penyebab bau mulut tetapi juga dapat mengatasi mulut kering dengan cara merangsang produksi air liur.

Cara pemakaian:
  1. Peras setengah buah lemon dalam gelas lalu tambahkan air hangat hingga gelas tersebut penuh.
  2. Gunakan jus lemon tersebut untuk berkumur. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam agar hasilnya lebih efektif.
  3. Lakukan perawatan dengan jus lemon ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

7. Baking Soda

ilustrasi baking soda via journal.sociolla.com

Selain bisa menjadi salah satu cara memutihkan gigi, baking soda ternyata bisa juga digunakan dalam menghilangkan bau mulut. Baking soda atau sodium bikarbonat membantu membunuh bakteri penyebab bau yang tinggal dalam mulut.

Kondisi alkali yang diciptakan oleh baking soda juga membantu menetralkan pH dalam mulut yang cenderung bersifat asam. Dan seperti yang kita ketahui, bakteri tidak bisa hidup dalam kondisi pH yang netral.

Cara pemakaian:
  1. Campur setengah sendok teh baking soda dengan segelas air hangat.
  2. Gunakan larutan baking soda tersebut sebagai obat kumur sekali dalam sehari.
  3. Anda juga bisa mencampur baking soda dengan pasta gigi yang biasa Anda gunakan setiap hari untuk menggosok gigimu.

8. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh mengandung senyawa antibakteri seperti terpenoid yang dapat membunuh bakteri atau mikroba penyebab bau mulut. Penggunaan tea tree oil untuk mengatasi masalah bau mulut juga telah terbukti aman menurut penelitian ilmiah.

Inilah alasannya mengapa para dokter gigi menyarankan pasiennya yang menderita halitosis untuk menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung tea tree oil.

Cara pemakaian:
  1. Larutkan beberapa tetes minyak pohon teh dalam segelas air.
  2. Gunakan larutan minyak pohon teh tersebut sebagai obat kumur setelah menyikat gigi dimalam hari atau dipagi hari.
  3. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga bau mulut berkurang.
  4. Selain itu, Anda bisa meneteskan tea tree oil pada pasta gigi sebelum menggosok gigi setiap hari.

9. Cengkeh

ilustrasi cengkeh via hellosehat.com

Cengkeh, rempah berukuran mini yang satu ini juga bisa jadi bahan alami yang ampuh mencegah dan mengatasi bau mulut. Senyawa minyak atsiri dalam cengkeh mampu bertindak sebagai antibakteri dalam mulut sehingga pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut bisa dihambat secara efektif.

Cara pemakaian:
  1. Untuk menghilangkan bau mulut, Anda bisa langsung mengunyah beberapa butir cengkeh hingga nafas kembali segar.
  2. Jika tidak terbiasa mengunyah cengkeh secara langsung, Anda bisa membuat teh cengkeh dengan cara merebus sejumput cengkeh atau satu sendok teh bubuk cengkeh dalam satu gelas air.
  3. Rebus selama 5 hingga 10 menit kemudian saring airnya.
  4. Minum teh cengkeh tersebut setiap hari atau gunakan sebagai obat kumur.

10. Apel

Buah apel ternyata mampu bertindak sebagai pembersih alami mulut dan mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa orang mengkonsumsi buah setelah makan. Serat yang terkandung dalam buah apel dapat membersihkan mulut dari sisa makanan yang tertinggal sekaligus merangsang produksi saliva atau air liur yang dapat menjaga kelembaban dalam mulut. Seperti yang kita ketahui, mulut yang kering adalah salah satu penyebab timbulnya masalah bau mulut.

Cara pemakaian:
  1. Kunyah apel secara perlahan agar serat yang dikandungnya dapat membersihkan sela-sela gigi secara perlahan.
  2. Anda bisa mengkonsumsi apel sesuka hatimu dan jika bisa jangan lupa mengkonsumsi satu buah apel setiap harinya.

11. Garam Epsom

ilustrasi garam epsom via vebma.com

Garam Epsom mengandung senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut yang cukup membandel. Selain itu, garam Epsom juga dapat memicu pengeluaran racun atau toksin yang tersimpan dalam mulut dan air liur.

Cara pemakaian:
  1. Larutkan satu sendok teh garam Epsom dalam satu gelas air hangat.
  2. Gunakan untuk berkumur setelah makan atau menggosok gigi.
  3. Lakukan perawatan ini sekali sehari.

12. Jahe

Menggunakan air rebusan jahe sebagai obat kumur atau mengkonsumsi teh jahe setiap hari juga bisa jadi alternatif mengatasi masalah bau mulut. Jahe mengandung senyawa antibakteri seperti gingerol yang ampuh membunuh bakteri dan mikroba lain yang menimbulkan masalah bau mulut.

Cara pemakaian:
  1. Parut beberapa rimpang jahe hingga halus dan peras sarinya.
  2. Campurkan air perasan jahe tersebut dengan air hangat dan gunakan sebagai obat kumur setiap hari.
  3. Cara lainnya, rebus jahe dengan air secukupnya selama 15 menit dan minum air rebusan tersebut sekali dalam sehari.

13. Prosedur Bedah

ilustrasi prosedur bedah via smileworks.id

Jika bau mulut yang Anda alami disebabkan karena masalah yang serius misalnya penyakit atau peradangan pada gusi atau tonsil, Anda bisa melakukan berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan bedah Laser Co2 cryptolysis.

Teknik bedah laser ini dilakukan untuk menghilangkan lapisan tipis pada tonsil tempat tumbuhnya bakteri dan biasanya dilakukan dengan menggunakan laser karbon dioksida. Cara ini diklaim cukup ampuh, aman dan efektif untuk mengatasi masalah halitosis atau bau mulut.

Dengan menjaga kebersihan mulut secara rutin seperti rajin menyikat gigi merupakan cara menghilangkan bau mulut yang paling tepat. Namun, jika bau mulut masih terus Anda alami segeralah konsultasikan dengan dokter gigi ataupun ahli kesehatan lainnya.

Sekian artikel tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut , semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Top