Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat

Komentar

cara menghilangkan bau jengkol di mulut via infosehat.web.id

Jengkol adalah salah satu menu favorit sebagian besar orang. Tapi setelah makan si biji hijau ini biasanya akan muncul bau tidak sedap di mulut. Si empunya pun malu untuk berbicara dengan orang lain. Meski menyebabkan bau tak sedap, jengkol tetap diburu. Sebenernya, kita nggak usah khawatir dengan bau jengkol lho. Asal kita tau bagaimana cara menghilangkan bau jengkol ini.

Anda salah satu pecinta jengkol? Jengkol memang enak rasanya akan tetapi yang membuat tidak tahan itu bau mulut kalau sudah makan jengkol.

Karena itu, anak-anak muda zaman sekarang yang tahu akan gaya hidup dan paham soal penampilan, pasti akan jauh-jauh dari yang namanya jengkol.

Bahkan ada juga anak muda yang sebenarnya sangat suka dengan jengkol, tetapi memilih menghindar dari sosok yang namanya jengkol dan berusaha menahan diri dari yang namanya jengkol supaya tidak makan jengkol yang ampuh bikin bau mulut jadi gubrak.

Mungkin kamu termasuk salah satunya nih yang lebih memilih tidak makan jengkol karena takut bau mulut jadi berantakan?

Bagaimana kalau sekarang kita buat penawaran? Kamu boleh makan jengkol sepuasnya untuk memuaskan rasa ingin kamu dan kemudian sebagai hadiah dari keberanian kamu makan jengkol, kami berikan nih tips bagaimana cara menghilangkan bau jengkol di mulut ?

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Jangan sampai hubungan Anda dan kerabat menjadi terganggu akibat bau mulut tak sedap pasca menyantap jengkol. Daripada menahan diri terus-terusan kenapa tidak makan saja jengkol yang diinginkan, lalu cari solusinya setelahnya. Bukan begitu?

Gunakan cara cara menghilangkan bau jengkol di mulut berikut setelah mengkonsumsi jengkol :

1. Gosok Gigi dan Berkumur

berkumur via tabloidbintang.com

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut ini sangatlah klasik memang tidak terlalu efektif, tetapi menggosok gigi dan berkumur menggunakan cairan penyegar nafas terbukti dapat mengurangi bau jengkol di mulut.

Jadi, setelah makan jengkol segeralah menggosok gigi dengan pasta gigi beraroma segar (disarankan mint). Setelah itu, Anda juga bisa langsung berkumur dengan obat kumur setelah menggosok gigi.

2. Daun Mint 

daun mint via sportsvape.com

Aroma segar dari daun mint memang ampuh untuk menghilangkan semua jenis bau, termasuk bau mulut. Setelah makan jengkol, kunyah 1 atau 2 lembar daun mint selama 1-5 menit. Kemudian berkumurlah dengan air hangat untuk membilas sisa daun mint di dalam mulut. Selain menghilangkan bau jengkol di mulut, daun mint juga memberikan sensasi dingin dan menyegarkan di dalam mulut Anda.

3. Minuman Bersoda

minuman bersoda via medicalnewstoday.com

Minum soda setelah makan jengkol juga membantu untuk menghilangkan bau nafas tidak sedap. Namun ingat, jangan meminum soda terlalu sering karena tidak baik bagi kesehatan.

4. Air Garam dan Daun Sirih

air garam via dictio.id

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kombinasi garam dan daun sirih dapat memelihara kesehatan gigi dan mulut. Bahkan saat ini kedua bahan ini juga digunakan dalam satu varian produk pasta gigi ternama di Indonesia.
Tidak perlu membeli pasta gigi terseut karena setelah makan jengkol, Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan berkumur menggunakan air garam yang dicampur dengan air rebusan daun sirih. Alhasil, bau jengkol di mulut akan hilang seketika.

5. Kopi Pahit

kopi pahit via kopikeliling.com

Walaupun pahit, ternyata kopi hitam dapat menghilangkan bau jengkol di mulut, lho. Caranya cukup mudah, Anda bisa menyeduh kopi hitam tanpa gula kemudian meminumnya atau menelan 4 sendok kopi hitam secara langsung.

Kopi akan menetralisir aroma jengkol yang tersisa di mulut. Namun, jangan pernah menambahkan gula ke dalam kopi pahit ini, karena gula akan membuat bau nafas Anda menjadi semakin tidak sedap dan juga kurang baik bagi Anda yang menderita diabetes.

6. Buah-buahan Berkadar Air Tinggi

buah berkadar air tinggi via potraitnusantara.com

Buah adalah pencuci mulut yang alami. Setelah makan berat, buah selalu disajikan sebagai hidangan penutup. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan buah sebagai sebagai salah satu cara menghilangkan bau jengkol di mulut.

Konsumsi buah-buahan yang kandungan airnya tinggi, seperti melon, semangka, jeruk, dan apel. Buah-buahan ini dapat mengurangi bau jengkol di nafas dan mulut Anda.

7. Permen Karet atau Penyegar Nafas

permen karet via hellosehat.com

Mengulum permen karet atau permen penyegar nafas juga efektif mengurangi bau mulut pasca mengkonsumsi jengkol. Usahakan memilih permen dengan aroma peppermint atau menthol sehingga dapat memberikan kesegaran di mulut Anda.


8. Vitamin B

vitamin b via alodokter.com

Jenis vitamin ini ternyata sangat ampuh untuk menyerap bau mulut akibat mengkonsumsi jengkol. Anda bisa mendapatkan vitamin B di apotek atau toko obat terdekat.

Selain menghilangkan bau mulut, vitamin B juga dapat membuat tubuh jadi lebih sehat. Bahkan, bau urin dan bau badan juga berkurang jika Anda mengkonsumsi vitamin B ini.

9. Makan Melon

melon via everwilde.com

Buah melon diketahui menjadi salah satu buah mengandung vitamin C tinggi yang juga memiliki kadar air banyak, sehingga sangat pas digunakan untuk cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan cepat dan alami.

Jadikan melon sebagai makanan pencuci mulut dan mulut Anda akan benar-benar ‘tercuci’ dengan baik sehingga tidak perlu lagi khawatir akan bau jengkol mengganggu obrolan Anda dengan teman. Dibuat jus juga adalah ide bagus, namun cobalah untuk tidak menambahkan gula dan nikmati rasa asli buahnya saat meminum jus.

Dengan berbagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut ini, Anda tidak perlu lagi takut untuk mengkonsumsi jengkol. Yuk, nikmati jengkol yang banyak gizi tersebut tanpa khawatir nafas menjadi tidak sedap!
Top