Cepat Naik, Cara Menggemukan Badan Secara Sehat dan Alami

Komentar

tubuh kurus via reps-id.com

Sebagian besar orang pasti akan merasa iri pada mereka yang bertubuh kurus atau langsing, tapi faktanya ada banyak orang yang putus asa karena berat badannya tak kunjung bertambah.

Berat badan kurang sama tidak nyamannya dengan kelebihan berat badan. Tidak hanya orang yang berbadan gemuk yang dapat bully-an. Namun orang yang bertubuh kurus juga selalu mendapat bullyan. Pastinya kalian tidak nyaman dong dengan bully-an tersebut.

Tidak hanya tidak nyaman, berat badan kurang sama berbahayanya dengan kelebihan berat badan. Jika kamu sangat kurus dan berniat menambah berat badan, maka fokuslah pada kandungan gizi makanan yang dikonsumsi.

Ingat pula. seberapa sering kamu makan, kapan waktu yang tepat untuk makan, dan kapan mengonsumsi camilan.

Jika Kamu adalah salah satu diantara mereka yang ingin menggemukan badan, simak cara menggemukan badan secara aman hingga makanan-makanan untuk menambah berat badan.

Berikut ini adalah cara menggemukkan badan secara sehat dan alami.  

1. Cermat dalam memilih makanan


memilih makanan via tipsiana.com

Jika ingin menambah berat badan, kamu harus lebih cermat dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Pilihlah makanan yang kaya nutirisi. Misalnya, roti gandum, pasta, sereal, buah-buahan, sayur-sayuran, produk olahan susu, sumber protein tanpa lemak, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

2. Konsumsi Kalori lebih Dari Biasanya


makanan berkalori via pexels.com

Hal yang paling penting diperhatikan jika Kamu ingin menaikkan berat badan adalah kalori. Tentu saja, untuk menjadi lebih gemuk, Kamu harus mengkomsumsi kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori yang biasa dikonsumsi atau yang dikenal dengan surplus kalori.

Untuk membantu menghitung kalori yang dikonsumsi, Kamu bisa menggunakan kalkulator kalori yang berpedoman pada daftar kalori yang dikandung suatu makanan.

Perlu diingat kenaikan kalori yang dikonsumi bisa disesuaikan dengan kenaikan badan yang diinginkan misalnya jika ingin menaikkan berat badan secara perlahan, menambah 500 kalori sudah cukup setiap harinya, sementara jika ingin lebih cepat, Kamu bisa menambahkan 700 hingga 1000 kalori setiap harinya.

3. Gunakan Piring Yang Lebih Besar


makanan di piring via resepkoki.id

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah makan dengan piring kecil, namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang sedang berusaha menggemukan badan.

Sedangkan untuk cara menggemukkan badan justru disarankan untuk makan dengan piring yang berukuran lebih besar. Diharapkan dengan menggunakan piring yang lebih besar, Kamu akan makan lebih banyak dan kalori yang dikonsumsi juga semakin besar.

Berbeda halnya jika makan dengan piring kecil yang akan membuat seseorang juga makan dalam porsi kecil.

4. Lebih Banyak Protein


makanan berprotein via coach.nine.com.au

Protein adalah nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan sel, massa otot, tulang dan organ tubuh lainnya sehingga jika Kamu ingin menggemukan badan dengan aman dan sehat, perbanyaklah mengkomsumsi protein.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa protein adalah senyawa yang paling penting dalam meningkatkan berat tubuh khususnya massa otot.

Konsumsi makanan tinggi protein seperti telur dan daging telah terbukti mengubah kelebihan kalori dalam tubuh menjadi otot.

Meskipun demikian, mungkin Kamu akan kesulitan mengkonsumsi lebih banyak protein karena sifatnya yang mudah mengenyangkan, oleh sebab itu Kamu disarankan untuk mengkonsumsinya dalam porsi kecil dan sering.

Konsumsi protein yang disarankan untuk menambah berat badan adalah sekitar 2 gram per berat badan perhari, misal jika berat badan Kamu 40 kg maka setidaknya Kamu membutuhkan konsumsi protein 80 gram setiap hari.

5. Jangan Lewatkan Karbohidrat dan Lemak


makanan berkarbohidrat via hellosehat.com

Meskipun protein adalah nutrisi yang paling penting dalam cara menggemukan badan, Kamu juga tidak boleh melewatkan dua zat nutrisi ini yaitu karbohidrat dan lemak.

Jika mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan akan mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak, sebaliknya mereka yang kurus tidak boleh melewatkannya dalam menu harian.

Jadi, agar tubuh bisa lebih cepat gemuk, konsumsi protein harus disertai dengan karbohidrat dan lemak misalnya saja saat makan siang Kamu bisa menyantap sepiring nasi lengkap dengan lauk daging, ikan atau telur.

Variasi jenis makanan bisa disesuaikan juga sesuai dengan selera makanmu dan ingat jumlah kalori yang dikonsumsi juga harus lebih tinggi dibandingkan biasanya.

6. Menyantap makanan berlemak baik 


makanan berlemak baik via hellosehat.com

Lemak tak jenuh mengandung kalori yang tinggi dan baik untuk tubuh. Jenis lemak ini dapat membantu menambah berat badan, tanpa menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan.

Contoh makanan tinggi lemak tak jenuh adalah alpukat dan kacang-kacangan. Kamu bisa menambahkan alpukat ke dalam sepotong roti, atau bisa menjadikannya camilan di sore hari.

7. Tidak merokok 


hindari rokok via akibatrokok.com

Perokok cenderung memiliki berat badan yang kurang, dibanding dengan yang tidak merokok. Maka, jika kamu ingin menggemukkan badan, maka disarankan untuk berhenti merokok.

8. Cukup tidur 


ilustrasi tidur via kabarmakassar.com

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan otot. Ini juga merupakan salah satu cara menggemukkan badan. Namun, jangan terlalu banyak tidur karena juga tidak baik untuk kesehatan.

9. Minum susu 


ilustrasi susu via okezone.com

Minum susu adalah cara untuk mendapatkan banyak protein dan kalori yang berkualitas tinggi.

Perlu diingat, cara menggemukkan badan tidak ada yang instan. Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk mendapatkan peningkatan berat badan yang sehat.

Menentukan berat badan ideal juga perlu sesuai dengan indeks massa tubuh. Jika kamu telah menerapkan cara menggemukkan badan secara alami di atas, namun berat badan belum juga bertambah, sebaiknya berkonsultasi pada dokter. (Glori K. Wadrianto)
Top