Sakit Saat Menelan? Ini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Tanpa Pergi ke Dokter

Komentar

cara mengatasi radang tenggorokan via protegetasante.net

Radang tenggorokan umumnya terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Yakni ketika tenggorokan Anda mulai terasa gatal, serak, atau mulai sakit saat menelan. Radang tenggorokan dapat menyerang orang dewasa, anak-anak, dan ibu hamil. Namun, penyakit ini umumnya lebih banyak menyerang anak kecil dan remaja.

Radang tenggorokan bagian atas dibedakan menjadi dua, yaitu peradangan yang terjadi kurang dari tiga minggu (akut) dan lebih dari tiga minggu (kronis). Khususnya pada jenis peradangan akut, infeksi biasanya menyerang secara mendadak dan reda setelah beberapa waktu.

Selain sakit saat menelan, sakit radang tenggorokan juga dapat disertai gejala-gejala berikut:
  • Sakit kepala
  • Pembesaran kelenjar pada leher
  • Tonsil/amandel yang membengkakakibat radang
  • Nyeri otot
  • Batuk
  • Hidung beringus
  • Iritasi
  • Gatal di tenggorokan
  • Sakit dan sulit menelan

10 Cara Mudah Menyembuhkan Radang Tenggorokan 

1. Kumur air garam 

ilustrasi gambar via food.detik.com

Cara mengatasi radang tenggorokan bisa dengan berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan nyeri dan rasa panas pada tenggorokan. Dilansir dari Health, beberapa studi menemukan bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Campur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Jika rasa asinnya tidak tertahankan bagi Anda, campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa.

2. Penuhi cairan tubuh 

ilustrasi gambar via goligog.wordpress.com

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari pengobatan radang tenggorokan.

Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Anda harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin Anda berwarna jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir Anda tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya.

Air putih adalah solusi terbaik, namun Anda juga bisa menggantinya dengan teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau sup ayam lezat. Kandungan sodium dalam sup ayam memiliki fungsi anti peradangan, selain itu, menyantap makanan saat tenggorokan terasa sakit dapat menyulitkan, sehingga makanan cair seperti sup dapat menjamin kecukupan nutrisi yang Anda butuhkan untuk melawan penyakit.

3. Permen pelega tenggorokan 

ilustrasi gambar via fitnessformen.co.id

Beberapa permen yang bisa menjadi cara mengatasi radang tenggorokan dijual bebas di pasaran mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, bahan yang bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan Anda. Ketiga bahan ini mengandung properti anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong proses penyembuhan.

Permen dan obat batuk berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan Anda tetap basah. Namun sesuai namanya, permen ini dapat melegakan tenggorokan gatal Anda, walaupun hanya sementara dan sangat efektif untuk di saat darurat.

4. Air perasan lemon 

ilustrasi gambar via aura.tabloidbintang.com

Kandungan astringent yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi. Cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

5. Kumur cuka apel dan garam 

ilustrasi gambar via rejekinomplok.net

Jika tenggorokan Anda meradang akibat batuk hebat, atasi dengan 1 sendok makan cuka sari apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari, jika diperlukan.

Cuka apel bersifat asam yang akan melapisi tenggorokan Anda sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk dapat bertahan hidup. Untuk perawatan yang lebih ringan, campurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, kemudian kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam.

6. Kumur air kunyit 

ilustrasi gambar via kompasiana.com

Rempah berwarna kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

7. Mandi air hangat 

ilustrasi gambar via jejamo.com

Menghirup udara lembab dapat membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus juga mengatasi hidung mampet. Ganti air dingin yang biasa Anda gunakan saat mandi dengan air hangat, atau Anda bisa isi sebuah mangkuk besar dengan air hangat dengan menggantung selembar handuk di atas kepala Anda untuk menjaga uap hangat tidak keluar dari mangkuk.

Tarik napas dalam-dalam selama beberapa menit dan terus ulangi selama beberapa saat untuk meringankan radang tenggorokan. Alternatif lainnya, Anda bisa gunakan humidifier udara.

8. Obat pereda nyeri 

Salah satu perawatan paling efektif untuk radang tenggorokan mungkin hanya berjarak beberapa meter dari Anda saat ini: obat pereda nyeri (NSAID), seperti aspirin, parasetamol, atau ibuprofen.

Obat-obatan ini adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-peradangan, sehingga akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan juga mengurangi beberapa pembengkakan yang terkait dengan radang tenggorokan.

9. Kayu manis campur madu

Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis ternyata juga bisa menjadi obat tenggorokan sakit. Pasalnya, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Untuk menjadikan obat alami radang tenggorokan, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat Anda bisa mengonsumsinya. Anda bisa minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

10. Berhenti merokok


ilustrasi gambar via noticiasaominuto.com


Radang tenggorokan bisa disebabkan karena Anda merokok. Jadi, jangan heran kalau tenggorokan Anda akan sering terasa sakit. Zat-zat kimia yang ada di rokok dapat membuat dinding-dinding tenggorokan terluka. Bahkan dalam kasus yang parah, luka pada tenggorokan ini bisa berubah dan berkembang menjadi kanker tenggorokan.

Demikian cara mengatasi radang tenggorokan yang bisa dicoba di rumah. Perlu diingat, bahan-bahan alami yang disarankan di atas hanya efektif untuk sakit tenggorokan level ringan sampai sedang. Jika radang Anda tak kunjung usai beranilah untuk memeriksakan ke dokter.
Top