Cara Mengatasi Darah Tinggi yang Sering Mudah Kambuh

Komentar

cara mengatasi darah tinggi via solusisehatku.com

Mengobati tekanan darah tinggi memerlukan kombinasi efektif antara pengobatan dan gaya hidup sehat. Namun, tidak semua kasus hipertensi mesti pakai obat. Ada berbagai cara mengatasi darah tinggi secara alami yang bisa Anda coba mulai dari sekarang.

Jenis penyakit yang dapat menyerang dan membahayakan nyawa manusia ada beraneka ragam. Ragam jenis penyakit yang dapat menyerang manusia ini disebabkan oleh perkembangan zaman yang membuat penyakit-penyakit yang menjadi ancaman bagi manusia semakin berkembang.

Saat manusia hendak menjadi sehat maka akan banyak sekali tantangan dan godaan baginya sehingga manusia akan kesulitan mempertahankan kesehatannya. Dari sini, manusia perlu mencari cara-cara efektif untuk mencapai kesehatan tubuh seperti yang diharapkannya.

Salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang dan membahayakan diri manusia ialah penyakit tekanan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi (darah tinggi / hipertensi) adalah suatu keadaan dimana tekanan yang diberikan darah kepada dinding pembuluh darah terlalu besar sehingga menyebabkan pembuluh darah menerima daya yang berlebihan. Daya berlebihan yang diterima oleh pembuluh darah ini dapat membahayakan manusia.

Baca Juga : Buat Orang yang Hipertensi Ikuti Tips ini Agar Memiliki Tensi Normal

Dampak Buruk Darah Tinggi


Berbagai dampak buruk akibat tekanan yang berlebihan kepada pembuluh darah, antara lain:
  • Mengakibatkan aliran darah atau sistem regulasi darah ke seluruh tubuh terhambat;
  • Mengakibatkan peredaran sari-sari makanan melalui darah tidak begitu lancar sehingga menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi;
  • Pengentalan dan penyumbatan aliran darah yang menyebabkan terdapat pembekuan darah yang sangat membahayakan jiwa manusia;
  • Menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan pendarahan internal yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia;
  • Menyebabkan jantung bekerja terlalu keras dan kuat sehingga dapat mengakibatkan dampak yang lebih buruk lagi, seperti: gagal jantung atau jantung koroner
  • Potensi penyakit-penyakit berbahaya lain, seperti: gagal ginjal, stroke, penggumpalan darah dan lain sebagainya

Berbagai dampak yang dapat diakbatkan oleh penyakit tekanan darah tinggi merupakan dampak turunan dari penyakit itu sendiri.

Dampak turunan ini juga sama berbahayanya dengan penyakit tekanan darah tinggi itu sendiri sehingga bila tidak diatasi dengan benar maka akan mengancam keberadaan nyawa manusia. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi darah tinggi dengan baik dan benar.

Namun demikian, sebelum Anda mengetahui dan mempelajari cara mengatasi darah tinggi, Anda harus mempelajari terlebih dahulu terkait penyakit darah tinggi itu sendiri.

Anda perlu mengetahui segala hal terkait penyakit darah tinggi, mulai dari: terminologi penyakit darah tinggi (hipertensi), penyebab penyakit darah tinggi, makanan-makanan atau minuman yang dapat menimbulkan penyakit darah tinggi, makanan atau minuman yang dapat menurunkan darah tinggi, hingga cara mengatasi darah tinggi yang benar dan efektif.

Dengan mengetahui segala hal terkait darah tinggi maka Anda akan mampu memetakan cara atau langkah Anda untuk menghindari kemunculan penyakit ini di dalam diri Anda. Jika Anda sudah mengetahui cara memetakan untuk menghindari penyakit darah tinggi di dalam diri Anda maka Anda akan menjadi orang yang senantiasa sehat dan bugar.

Kesehatan dan kebugaran badan yang Anda miliki akan membuat Anda memiliki kualitas hidup serta dapat menjalankan kegiatan-kegiatan Anda dengan baik.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi darah tinggi jika Anda terserang penyakit ini.

Mengatasi darah tinggi harus mencakup pengenalan akan gejala-gejalanya, mengetahui tanda-tandanya, memahami penyebab-penyebab darah tinggi, mempelajari langkah pencegahannya hingga mengetahui cara mengatasi darah tinggi.

Gejala Darah Tinggi

Oleh sebab itu, berikut ini gejala-gejala atau tanda-tanda yang dapat Anda alami jika Anda mengalami darah tinggi:
  • Denyutan atau degupan jantung melalui pembuluh darah cenderung lebih kuat sehingga Anda dapat merasakan getaran jantung ini di sekujur aliran darah Anda;
  • Kerja jantung yang lebih kuat di dalam memompa darah yang menyebabkan Anda menjadi mudah lelah dan letih;
  • Terjadi pengentalan darah atau penyumbatan aliran darah sehingga menyebabkan darah tidak optimal dalam mengalirkan sari-sari makanan. Hal ini dapat membuat Anda lebih cepat lemas dan tidak bertenaga;
  • Ada tanda-tanda rasa pusing atau pening yang disebabkan oleh kurangnya asupan atau suplai oksigen di dalam tubuh;
  • Kemunculan rasa sakit kepala yang berlebihan karena adanya tekanan syaraf kepala oleh denyut jantung atau nadi yang semakin kuat;
  • Timbulnya gejala kejang atau kaku pada badan yang disebabkan oleh tersumbatnya darah yang mengalir di dalam tubuh

Kehadiran gejala-gejala darah tinggi yang ada di dalam diri Anda seharusnya membuat Anda semakin waspada akan kondisi badan Anda.

Kehadiran gejala-gejala darah tinggi ini merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang dalam kondisi yang tidak terlalu baik. Kondisi yang tidak terlalu baik ini tentunya akan menimbulkan berbagai hal berbahaya yang akan lebih membahayakan tubuh Anda.

Cara Mengatasi Darah Tinggi

1. Tingkatkan aktivitas fisik

aktivitas fisik via sehatmagz.com

Saat aktivitas fisik semakin sering dilakukan seperti berolahraga, detak jantung juga bakal meningkat. Ini membuat jantung lebih kuat dan memompa darah dengan lebih sedikit usaha. Hasilnya, tekanan pada arteri berkurang dan menurunkan tekanan darah.

American College of Cardiology dan American Heart Association menyarankan untuk beraktivitas fisik yang intens tiga hingga empat kali seminggu masing-masing 40 menit. Tak perlu berlari maraton, tapi bisa dengan menaiki tangga, berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah, berkebun, dan bersepeda.

2. Mengurangi berat bedan

mengurangi berat badan via kompassehat.com

Jika kelebihan berat, ada baiknya mengurangi 5 kg berat badan agar tekanan darah ikut menurun. Kesimpulan dan beberapa penelitian pada 2016 menunjukkan mengurangi berat badan dapat mengurangi tekanan darah rata-rata 3,2-4,5 mmHg. Mengurangi berat badan juga menurunkan risiko penyakit obesitas lainnya.

3. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

kurangi karbohidrat via konsultasidiet.net

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Diet rendah karbohidrat dapat menurunkan tekanan darah sebesar 4,5-5,9 mmHg.

4. Sedikit sodium, perbanyak potasium

garam bersodium via sehatmagz.com

Mengurangi garam dan meningkatkan konsumsi potasium atau kalium dapat menurunkan tekanan darah. Potasium dapat mengurangi efek garam terhadap tubuh serta mengurangi ketegangan pada pembuluh darah.

Potasium banyak terdapat di makanan olahan susu seperti yoghurt, ikan, buah seperti pisang dan jeruk, dan sayuran berupa kentang, tomat, dan bayam. Perlu diingat bahwa setiap orang punya respons terhadap garam yang berbeda.

5. Kurangi makanan cepat saji

makanan cepat saji via foxnews.com

Makanan olahan dan makanan cepat saji banyak mengandung garam seperti sup kalengan, pizza, keripik, dan makanan ringan lainnya. Selain itu, makanan berlabel low fat biasanya mengandung kadar garam dan gula yang tinggi.

Mengurangi konsumsi makanan cepat saji dapat mengurangi konsumsi gula dan garam serta karbohidrat olahan. Ini membuat tekanan darah ikut menurun.

6. Berhenti merokok


hindari rokok via akibatrokok.com

Merokok dapat memacu tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Dalam jangka panjang, zat kimia pada tembakau dapat meningkatkan tekanan darah dengan merusak dinding pembuluh darah dan mempersempit arteri.

7. Kurangi stres

piknik via salihara.org

Menghilangkan stres penting bagi kesehatan tekanan darah. Ini bisa dilakukan dengan mengetahui pemicu stres dan cara terbaik untuk menghilangkannya. Seperti menonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, dan banyak lagi.

8. Konsumsi cokelat hitam

cokelat hitam via halebiz.com

Konsumsi cokelat dengan kandungan kakao 60 hingga 70 persen. Studi dari Harvard Medical School, seperti dikutip Healthline, menemukan bahwa makan satu potong cokelat hitam membantu menurunkan tekanan darah.

Kandungan flavonoid pada cokelat hitam dapat memperlebar pembuluh darah yang otomatis menurunkan tekanan darah.

Demikianlah beberapa cara mengatasi darah tinggi yang dapat Anda terapkan jika Anda telah terkena darah tinggi atau berniat menghindari darah tinggi. Cara mengatasi darah tinggi tentunya masih sangat banyak.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan eksplorasi yang cukup luas dalam hal mengatasi tekanan darah tinggi. Salam sehat!
Top