Cara Memperlancar Haid dan Bahayanya Jika Haid Anda Sering Tidak Lancar

Komentar

cara memperlancar haid via vemala.com

Ketidaklancaran dalam haid atau datang bulan membuat kegelisahan para wanita. Perempuan mengalami pendarahan dari vagina selama kira-kira 2-7 hari. Namun ada juga yang lebih dari itu. Hal ini terjadi setidaknya sekali dalam sebulan. Sehingga banyak para wanita yang memikirkan bagaimana cara memperlancar haid mereka.

Biasanya, haid yang tidak lancar terjadi pada hari pertama atau terakhir dalam siklus haid. Namun, jika haid terus menerus tidak lancar, bisa jadi ada kelainan dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi haid yang tidak lancar, Anda perlu mengetahui cara memperlancar haid yang bisa Anda coba agar haid lancar atau kembali lancar.

Ketauhilah 10 Cara Memperlancar haid 

1. Jus Wortel


ilustrasi jus wortel via tipkecantikan.com

Wortel memang terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium, dan iron membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Rutin meminum jus wortel dengan gula yang sedikit atau tanpa gula dapat menjadi cara memperlancar haid yang efektif.

2. Daun Pepaya


ilustrasi daun pepaya via balipost.com

Daun pepaya, meski sebagian orang tidak suka karena rasanya yang pahit, ternyata memiliki banyak manfaat dan kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium.

Cara memperlancar haid dengan daun pepaya adalah meminum air rebusannya. Yang Anda perlukan adalah merebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air mineral. Rebus hingga air tinggal satu gelas saja. Minum ramuan tersebut. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara mengurangi nyeri haid


3. Air Kelapa Hijau


ilustrasi air kelapa hijau via khasiat.co.id

Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Juga mengandung banyak sekali gizi yang diperlukan dalam tubuh sehingga dapat membantu Anda memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka tentu tidak salah jika air kelapa muda dapat dijadikan sebagai cara memperlancar haid.

4. Kunyit


ilustrasi kunyit via nakita.grid.id

Kunyit tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur saja. Sering kita temui bahwa jamu tradisional terbuat dari kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Hal ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Cara memperlancar haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu dengan racikan kunyit. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk memperlancar haid.

5. Jahe


ilustrasi jahe via lifestyle.okezone.com

Jahe memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, c, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Jahe juga bermanfaat sebagai cara memperlancar haid secara alami. Rajinlah meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari untuk memperlancar haid Anda.

6. Gaya Hidup Sehat

Cara memperlancar haid selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat memang identik dengan makanan yang sehat serta olahraga. Namun juga Anda perlu mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang. Hal-hal tersebut telah terbukti dapat mengganggu jadwal hai pada perempuan.

7. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi


ilustrasi makanan sehat via lifestyle.analisadaily.com

Agar asupan gizi tercukupi sehingga produksi hormon tidak terganggu, tentu Anda harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya akan gizi. Dengan begitu sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik dan haid pun bisa lancar.

8. Istirahat Teratur


ilustrasi tidur via lifestyle.okezone.com

Dengan istirahat yang cukup, hormon kortisol dapat terproduksi dengan baik sehingga jika Anda mengalami stres, dapat teredam dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormon yang mengatur periode haid.

9. Rajin Berolahraga


ilustrasi olahraga via uzone.id

Olahraga sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh. Anda tidak harus terlalu keras melakukan olahraga yang susah. Lakukan saja yang mudah seperti jogging, jalan kaki, bersepeda. Hal tersebut akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar.

10. Rajin Minum Air Mineral

ilustrasi minum via lifestyle.okezone.com

Cara memperlancar haid yang mudah tentu saja adalah dengan rajin dan teratur meminum air mineral. Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh, maka haid akan turut lancar pula.

Bahaya Haid Sering Tidak Lancar, Ketauhilah!

  1. Penyakit kista ovarium bisa membuat rahim mengalami gangguan. Konsultasi ke dokter sejak awal perlu dilakukan sebelum kista membesar dan mengganggu kesuburan
  2. Sindrom ovarium polikistik tidak hanya mengganggu kesuburan Anda. Secara fisik, penampilan Anda bisa tak enak dilihat gara-gara tumbuhnya bulu lebat dan jerawat di muka
  3. Ada pula yang namanya polip rahim. Meskipun merupakan tumor yang jinak, Anda tetap perlu mewaspadainya sebelum berubah ganas.
  4. Kanker serviks dapat menimbulkan perdarahan usai berhubungan seksual. Dengan pemeriksaan pap smear setahun sekali saja, kanker ini bisa dicegah sebelum menghalangi kesuburan.
  5. Hindarilah gaya hidup yang tidak sehat. Jika ini dilanggar, menstruasi tidak teratur bisa datang dan menyebabkan potensi kanker rahim yang gawat.

Itulah cara memperlancar haid dan beberapa bahaya dari ketidaklancaran haid. Jangan ragu untuk mengunjungi dokter untuk berkonsultasi. Selain itu, Anda juga dapat meminta pemeriksaan yang terkait permasalahan Anda.
Top